Validitas Multimedia Interaktif Berbasis Indikator Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Kemagnetan
DOI:
10.29303/jpm.v15i5.2112Published:
2020-11-30Issue:
Vol. 15 No. 5 (2020): Edisi Khusus Penelitian Pengembangan Pengkajian Ilmu dan Pengajaran MIPAKeywords:
Multimedia Interaktif, Macromedia Flash 8, Kemagnetan, Penguasaan Konsep, Kemampuan Berpikir Kreatif.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan validasi secara konstruk dan isi pada multimedia interaktif materi kemagnetan berbasis indikator penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pengembangan ini menggunakan metode pengembangan 4D yaitu define, design, develop, dan dissemination. Multimedia interaktif pada materi kemagnetan berbasis indikator penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif yang dikembangkan terdiri dari aplikasi multimedia interaktif dengan Macromedia Flash 8, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), RPP, dan instrumen evaluasi. Jurnal ini hanya fokus pada validitas produk yang dikembangkan. Uji validasi dilakukan oleh 4 orang validator ahli dibidang fisika dan pendidikan. Berdasarkan hasil analisis validasi menggunakan indeks Aiken dan analisis reliabilitas menggunakan percentage agreement diperoleh bahwa validitas multimedia interaktif pada materi kemagnetan berbasis indikator penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif yang dikembangkan memiliki kriteria valid dan reliabel.References
Yusuf, I., Widyaningsih, S.W. & Purwati, D. (2015). Pengembanganperangkat pembelajaran Fisika Modern berbasis media laboratorium virtual berdasarkan paradigma pembelajaran abad 21 dan Kurikulum 2013. Pancaran Pendidikan, 4(2), 189-200.
Rante, P., & Ihsan, N. (2013). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika Berbasis Audio-video Eksperimen Listrik Dinamis di SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2).
Napsawati, N. (2020). Analisis Situasi Pembelajaran Ipa Fisika Dengan Metode Daring di Tengah Wabah Covid-19. Karst: jurnal pendidikan fisika dan terapannya, 3(1), 6-12.
Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 221-225.
Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari, M. (2019). Identifikasi Kesiapan LKPD Guru Terhadap Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Ilmiah Profesi pendidikan, 3(2).
Batlolona, J. R., No, J. M. H., & Malang, K. (2016). Hasil belajar kognitif dan respon siswa dalam pembelajaran fisika pada konsep listrik dinamis dengan menerapkan media interaktif.Jurnal PendidikanIPA Pascasarjana UM, 1(1), 1-8.
Hadiprayitno, G., & Makhrus, M. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash Berorientasi Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connected. Jurnal Pijar Mipa, 7(2).
Susilawati, S., Jamaluddin, J., & Bachtiar, I. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan multimedia terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas vii smp negeri 2 mataram ditinjau dari kemampuan akademik. Jurnal Pijar Mipa, 12(2), 64-70.
Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Muhlis, M., & Bachtiar, I. (2020). Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 13-19.
Gunawan, G., Harjono, A., & Sutrio,S.(2017). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 9-14.
Kemdikbud. 2019. ââ¬ÅLaporan Hasil Ujian Nasionalââ¬Â,https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!daya_serap!99&99&999!T&T&T&T&1&!1!&, diakses pada februari, 2020.
Permendiknas, R. I. (2006). No. 22 Tahun 2006, Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Sahidu, H., Gunawan,G., Rokhmat, J., & Rahayu, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Pada Kreativitas Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 1-6.
Anderson, O.W., D.R. Krathwohl. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing, A Revision of Bloomââ¬â¢s Taxonomy of Educational Objectives. Newyork: Addison Wesley Longman.
Nisrina, N., Gunawan, G., & Harjono, A. (2017). Pembelajaran kooperatif dengan media virtual untuk peningkatan penguasaan konsep fluida statis siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 66-72.
Gunawan. 2017. Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran Sains. Mataram: Arga Puji Press.
Thiagarajan. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Washington, D. C: National Center for Improvement of Educational Systems.
Adawiyah, R., Sukaryawan, M., & Mujamil, J. (2019). Pengembangan Modul Laju Reaksi Berbasis Kontruktivisme Lima Fase Needham. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia Universitas Sriwijaya, 6(1), 18-24.
Nasrah, N., Jasruddin, J., & Tawil, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan Contexstual Teaching and Learning (CTL) Untuk Memotivasi Dan Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Balocci Pangkep. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 235-248.
Makhrus, M., Wahyudi, W., Taufik, M., & Zuhdi, M. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis CCM-CCA Pada Materi Dinamika Partikel. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 54-58.
M, Munir. 2015. Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Mayer, R. E., & Moreno, R. (2002). Aids to computer-based multimedia learning. Learning and instruction, 12(1), 107-119.
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Andi Prastowo. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press, 2015.
Author Biographies
Dian Kurniawati, Universitas Mataram
Muhlis Muhlis, Universitas Mataram
Muh. Makhrus, Universitas Mataram
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).