Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
10.29303/jpm.v16i1.2202Published:
2021-01-09Issue:
Vol. 16 No. 1 (2021): Januari 2021Keywords:
Gaya belajar, hasil belajar siswa, IPAArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 9 Mataram. Jenis penelitian ini adalahÃÂ ex post facto dengan desain penelitian kausal komparatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angketÃÂ tertutup untuk variabel gaya belajar dan dokumentasi untuk mengumpulkan data hasil belajar. Subjek penelitian sebanyak 70 responden yaitu siswa kelas IV SDN 9 Mataram yang diperoleh dengan teknik sampling jenuh. DataÃÂ dianalisis menggunakan statistikÃÂ deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan gaya belajar siswa kelas IV SDN 9 Mataram lebih cenderung memiliki gaya belajar visual dengan jumlah 33 siswa, persentase sebesar 47.14% yang termasuk dalam kategori cukup. Hasil belajar IPA siswa yang dilihat dari nilai Ulangan Akhir Semester (UAS) menunjukkan bahwa sebagian besar hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA berada pada kategori sedang yaitu dicapai oleh 32 siswa dengan persentase 45.72%. Berdasarkan analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 4.288 > 1.995. Apabila dilihat dari nilai signifikansinya yaitu sig. 0.000 < 0.05. Dengan demikian maka dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN 9 Mataram. Gaya belajar memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 21.2%.
ÃÂ
References
Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.
Samatowa, U. (2016). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Suyono, A. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA N 3 Tapung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 6 (1). 1-10.
Subini, N. (2017). Rahasia Gaya Belajar Orang Besar. Yogyakarta: Javalitera.
Nurhasanah. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Yapis Manokwari.Prosiding Seminar Nasional, 02 (1), 173-182.
Anas, A., Munir, N.P. Pengaruh Gaya Belajar VAK Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional, 02 (1). 233-240.
Sugiarto, E., Hartono, H., & Subandowo, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Pratikum Melalui Pendekatan Discovery Berbasis Inkuiri dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 182-187.
Rahman, A. A., Yanti, S. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Negeri 1 Peudada. Jurnal Pendidikan Almuslim, IV (2), 1-6.
Sudjana, N. (2010). Proses dan Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Pujiarti, A. (2013). Hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Percobaan 4 Wates Kulon Progo Tahun Ajaran 2012/2013. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: ALFABETA.
Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. JURNAL KEPENDIDIKAN, 44 (2), 168-174.
Husamah, dkk. (2018). Belajar & Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Hasanah, I., Kantun, S., & Djaja, S. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi Pada Kompetensi Dasar Jurnal Khusus Di SMK Negeri 1 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12 (2), 277-282.
Susilo, M. J. (2009). Sukses Dengan Gaya Belajar. Yogyakarta: Pinus.
Chania, Y., Haviz, M., & Sasmita, D., (2016). Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Journal of Sainstek, 8 (1), 77-84.
Author Biographies
Ilfa Irawati, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Mataram
Mohammad Liwa Ilhamdi, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram
Nasruddin Nasruddin, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Mataram
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).