Literasi Kimia Pada Aspek Kompotensi Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Pendekatan Etnosains

Authors

Dwi Al-Fialistyani , Yayuk Andayani , Aliefman Hakim , Yunita Arian Sani Anwar

DOI:

10.29303/jpm.v15i5.2231

Published:

2020-12-16

Issue:

Vol. 15 No. 5 (2020): Edisi Khusus Penelitian Pengembangan Pengkajian Ilmu dan Pengajaran MIPA

Keywords:

Pembelajaran Inkuiri, Etnosains, Literasi Kimia

Articles

Downloads

How to Cite

Al-Fialistyani, D., Andayani, Y., Hakim, A., & Anwar, Y. A. S. (2020). Literasi Kimia Pada Aspek Kompotensi Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Pendekatan Etnosains. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 537–540. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.2231

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi kimia siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan etnosains. Penelitian semu eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design, dilakukan pada 64 siswa kelas XI MIA SMAN 3 Mataram yang terbagi dalam kelas eksperimen yang menggunakan model inkuiri terbimbing dengan pendekatan etnosains, dan kelas kontrol yang menggunakan model inkuiri saja. Data literasi kimia dikumpulkan melalui tes pilihan ganda dan dianalisis menggunakan uji N-gain. Hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan literasi kimia peserta didik termasuk kriteria sedang, literasi kimia di kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Kemampuan dan penyelidikan ilmiah kedua kelas termasuk katagori tinggi, sementara kemampuan menjelaskan fenomena secara ilmiah, menafsirkan data dan bukti ilmiah untuk kelas eksperimen termasuk katagori sedang tetapi di kelas kontrol katagori rendah. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan etnosain dapat meningkatan literasi kimia peserta didik.

References

. OECD. (2019). PISA 2018 assessment and analytical framework. OECD publishing.

. Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. OECD Publishing.

. Cidgemoglu, C., Arslan, H.O., & Cam, A. (2017). Argumentation to foster preservice science teachersââ¬â¢ knowledge, competency, and attitude on the domains of chemical literacy of acids and bases. Chemistry Education Research and Practice, 18, 288-303.

. Tsaparlis, G. (2000). The states-of-matter approach (SOMA) to introductory chemistry. Chemistry Education Research and Practice, 1(1), 161-168.

. Witte D. and Beers K., (2003), Testing of chemical literacy (chemistry in context in the Dutch national examination), Chem. Educ. Int., 4(1), 1ââ¬â3.

. Rahmawati, Y., A. Ridwan, S. Faustine, S.Syarah, I.Ibrahim, P.C. Mawarni (2020). Pengembangan Literasi Sains Dan Identitas Budaya Siswa Melalui Pendekatan Etno-Pedagogi dalam Pembelajaran Sains. Edusains,12(1), 54-63.

. Fakhriyah, F., Masfuah, S., Roysa, M., Rusilowati, A., & Rahayu, E.S. (2017). Studentââ¬â¢s science literacy in the aspect of content science?. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 81-87.

. Rubini, B., Ardianto, D., Puspitasari, D., & Permana, I. (2016). Identify scientific literacy from the science teachers perspective.Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 299-303.

. Sudarmin (2015). Model Pembelajaran Inovatif Kreatif (Model PAIKEM dalam Konteks Pembelajaran dan Penelitian Sains Bermuatan Karakter). Semarang: CV. Swadaya Manunggal.

. Ariningtyas, A., Sri, W. dan Widhi, M. (2017). Efektivitas Lembar Kerja Siswa Bermuatan Etnosains Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education, 2(2), 186-196.

. Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.

. Mahdi, M., Savalas, L. R. T., & Hakim, A. (2019). Pembelajaran Kimia Berorientasi Discovery untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 13-17.

. Arfianawati, S., Sudarmin, dan Sumarni, W. (2016). Model Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), 46-51.

. Anggraeni, A.S., S, Wardani., A.N. Hidayah (2020). Profil peningkatan kemampuan literasi kimia siswa melalui pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kontekstual. Jurnal inovasi Pendidikan Kimia. 14(1): 2512-2523

. Aiken, L. (1997). Psychological testting and assessment 9th edition. USA: Allyn and Bacon.

. Ogunniyi, M.B., Jegede, O.J., Ogawa, M., Yandila, C.D., & Oladele, F.K. (1995). Nature of worldview presuppositions among science teachers in Botswana, Indonesia, Japan, Nigeria, and the Philippines. Journal of Research in Science Teaching, 32(8), 53-57.

. Imansari, M., Sudarmin, dan Sumarni. (2018). Analisis Literasi Kimia Peserta Didik Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Bermuatan Etnosains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2201-2211.

. Wulandari, N., dan Sholihin, H,(2016). Analisis kemampuan literasi sains pada aspek pengetahuan dan kompetensi sains siswa SMP pada materi kalor, EDUSAINS, 8 (1), 66ââ¬â73.

. Merta, I.W., Artayasa, I.P., Kusmiyati., Lestari, N., & Setiadi, D. (2020). Profil Literasi Sains Dan Model Pembelajaran Dapat Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Pijar MIPA, 15(3), 223-228

. Izzatunnisa, I., Andayani, Y., & Hakim, A. (2019). Pengembangan LKPD berbasis pembelajaran penemuan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi kimia SMA. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 49-54.

. Puspitasari, A.D., 2015, Efektifitaspembelajaran berbasis guidedinquiry untuk meningkatkan literasisains siswa, Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika. 1(2), 1ââ¬â5.

. Bahriah, E. S. (2015). Peningkatan Literasi Sains Calom Guru Kimia pada Aspek Konteks Aplikasi dan Proses Sains. EDUSAINS, 7(1), 11-17.

Author Biographies

Dwi Al-Fialistyani, Magister Pendidikan IPA, Pascasarjana, Universitas Mataram

Yayuk Andayani, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram

Aliefman Hakim, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram

Yunita Arian Sani Anwar, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).