Pengembangan Bahan Ajar Sistem Gerak Makhluk Hidup Berbasis Literasi Sains Dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa SMP
DOI:
10.29303/jpm.v15i5.2253Published:
2020-12-17Issue:
Vol. 15 No. 5 (2020): Edisi Khusus Penelitian Pengembangan Pengkajian Ilmu dan Pengajaran MIPAKeywords:
pengembangan bahan ajar, literasi sains, inkuiri terbimbingArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis literasi dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing yang sesuai untuk siswa SMP. Prosedur pengembangan bahan ajar menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap utama, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk data penilaian ahli dan respon peserta didik, sedangkan pengujian keterbacaan bahan ajar menggunakan website Automatic Readability readability. Hasil penilaian ahli menunjukkan skor 0.85 dan termasuk dalam kategori sangat layak. Persentase respon peserta didik terhadap bahan ajar yang dikembangkan yaitu 56.3% dan tergolong sangat menarik. Sedangkan uji keterbacaan bahan ajar memiliki indeks 8.0 yaitu sesuai untuk kelas dan usia yang akan menggunakan bahan ajar ini.References
. Palmer, J. (2002). Environmental education in the 21st century: Theory, practice, progress and promise. Routledge.
. Luterbach, K. J., & Brown, C. (2011). Education for the 21st century. International journal of applied educational studies, 11(1).
. Abidin, Y. (2014). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Refika Aditama.
. Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2).
. OECD. (2016). PISA 2015 Result (Volume1): Exellence and Equity in Education I. Paris: OECD Publishing.
. OECD. (2019). PISA 2018 Insights and Interpretations. Paris: OECD Publishing.
. Paramita, A. D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Materi Suhu dan Kalor (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
. Deswita, D., & Hufri, H. (2018). Validasi Bahan Ajar Fisika Berbasis Inkuiri pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak dan Gravitasi untuk Meningkatkan Literasi Sains. Pillar of Physics Education, 11(3), 153-160.
. Kurniawan, A. D. (2013). Metode inkuiri terbimbing dalam pembuatan media pembelajaran biologi untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1). 8-11.
. Hijrati, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Dalam Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas VIII Pada Materi Gerak Makhluk Hidup Di MTsN 2 Mataram (Skripsi, Universitas Mataram).
. Fidiantara, F., Kusmiyati, K., & Merta, I. W. (2020). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar IPA Materi Sistem Ekskresi Berbasis Inkuiri Terhadap Peningkatan Literasi Sains. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 88-92.
. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
. Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.
. Restuwati, D.D. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Inkuiri pada Sub Pokok Bahasan Bioteknologi Kelas IX SMP. Pancaran, 3 (2), 63-72.
. Flesch, R. (2007). Flesch-Kincaid readability test. Retrieved October, 26(2007), 3.
. Susanti, M., Rusilowati, A., & Susanto, H. (2015). Pengembangan bahan ajar IPA berbasis literasi sains bertema listrik dalam kehidupan untuk kelas IX. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 4(3).
. Riyanti, R. (2019). Pengembangan Modul IPA Berbasis Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Untuk Memberdayakan Literasi Sains Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Pada Materi Sistem Gerak Manusia Kelas VIII di SMP/Mts Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
. Ikhsan, M., Sutamo, & Prayitno, B. A. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Sistem Gerak Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Wera Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Jurnal Inkuiri. 5(1), 133-142.
. Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif ââ¬â Progresif. Jakarta: Kencana.
. Yasa, K. N., Made, S., & Nengah, M. (2013). Kecermatan Formula Flesch, Fog Index, Grafik Fry, Smog, dan Bi sebagai Penentu Keefektifan Teks Berbahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2.
Author Biographies
Sri Sukma Wati, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan MIPA, FKIP, Universitas Mataram
I Putu Artayasa, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan MIPA, FKIP, Universitas Mataram
Kusmiyati Kusmiyati, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan MIPA, FKIP, Universitas Mataram
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).