Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Brain Based Learning: Validitas dan Reliabilitas

Authors

Lalu Muhamad Ali Zakaria , Agus Abhi Purwoko , Saprizal Hadisaputra

DOI:

10.29303/jpm.v15i5.2258

Published:

2020-12-17

Issue:

Vol. 15 No. 5 (2020): Edisi Khusus Penelitian Pengembangan Pengkajian Ilmu dan Pengajaran MIPA

Keywords:

Bahan Ajar, Pembelajaran Berbasis Masalah, Brain Based Learning, Validitas dan Reliabilitas

Articles

Downloads

How to Cite

Zakaria, L. M. A., Purwoko, A. A., & Hadisaputra, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Brain Based Learning: Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 554–557. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.2258

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Kualitas pembelajaran kimia dapat ditingkatkan dengan mengembangkan bahan ajar yang valid dan reliabel, yang pada gilirannya dapat memfasilitasi peserta didik dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar kimia berbasis masalah dengan pendekatan brain based learning pada materi materi kelarutan dan hasil kali kelarutan yang valid dan reliabel untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan literasi sains peserta didik. Penelitian pengembangan ini mengadopsi model 4-D, yakni hanya fokus pada tahap define, design, dan develop. Uji validitas dan reliabilitas produk dilakukan oleh 3 orang ahli pendidikan dan hasilnya dianalisis menggunakan indeks Aiken dan teknik persentase kesepakatan (percentage agreement). Bahan ajar kimia berbasis masalah dengan pendekatan brain based learning yang dikembangkan disimpulkan valid dan reliabel. Penjelasan lengkap dan rinci mengenai proses pengembangan bahan ajar dan uji validasi isi disajikan dalam artikel ini.

References

. Sumiati, A., Widyastuti, U., & Sariwulan, T. (2017). Workshop Pengembangan Bahan Ajar Modul Berdasarkan Pendekatan Scientific Pada Kurikulum 2013 Sebagai Sumber Pembelajaran Guru SMK Di Kabupaten Bekasi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 86-95.

. Ahmar, A., & Rahman, A. (2017). Development of teaching material using an Android. Global Journal of Engineering Education, 19(1).

. Muna, I., Rahayu, S., & Marfuââ¬â¢ah, S. (2017). Pemahaman Hakikat Sains dan Inkuiri Ilmiah Calon Guru Kimia. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 2(2), 15-22.

. Koeper, I., Shapter, J., North, V., & Houston, D. (2020). Turning chemistry education on its head: Design, experience and evaluation of a learning-centred ââ¬ËModern Chemistryââ¬â¢subject. Journal of University Teaching & Learning Practice, 17(3), 13.

. Zubaidah, Z., Putra, R. S., & Gade, F. (2020). Lightening The Learning Climate Sebagai Upaya Mewujudkan Pembelajaran yang Menyenangkan Bagi Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry pada Mata Kuliah Bahasa Inggris dengan Menggunakan Aplikasi Zoom. Indonesian Journal of Library and Information Science, 1(1), 52-62.

. Immordino-Yang, M. H., Darling-Hammond, L., & Krone, C. (2018). The Brain Basis for Integrated Social, Emotional, and Academic Development: How Emotions and Social Relationships Drive Learning. Aspen Institute.

. Syahrin, A., Dawud, D., Suwignyo, H., & Priyatni, E. T. (2019). Creative Thinking Patterns in Student's Scientific Works. Eurasian Journal of Educational Research, 81, 21-36.

. Fahmidani, Y., Andayani, Y., Srikandijana, J., & Purwoko, A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Lembar Kerja Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Chemistry Education Practice, 2(1), 1-5.

. Sayoga, R., & Nuurjannah, P. E. I. (2019). The Analysis of The Three Dimensional Material Observed From The Mathematical Critical Thinking Ability of High School Students by Applying Brain Based Learning (BBL). (JIML) Journal of Innovative Mathematics Learning,2(4), 169-177.

. Putra, A., Syarifuddin, H., & Zulfah, Z. (2018). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 5662.

. Thiagarajan & Sivasailam. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System

. Aiken, L. R. 1985. Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and psychological measurement, 45(1), 131-142.

. Borich, G. D. 1994. Observation skills for effective teaching. New York.

. Lestari, D. N., Sulianah, S. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Model Predict-Observe-Explain (POE) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(2).

. Susanto, E., & Retnawati, H. 2016. Perangkat pembelajaran matematika bercirikan PBL untuk mengembangkan HOTS siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 189-197.

. Tsybulsky, D., & Muchnik-Rozanov, Y. (2019). The development of student-teachers' professional identity while team-teaching science classes using a project-based learning approach: A multi-level analysis. Teaching and Teacher Education, 79, 48-59.

. Aryuntini, N., Astuti, I., & Yuliana, Y. 2018. Development of Learning Media Based on VideoScribe to Improve Writing Skill for Descriptive Text of English Language Study. Journal of Education, Teaching and Learning, 3(2), 187-194.

. Utami, S. D., Efendi, I., Dewi, I. N., Ramdani, A., & Rohyani, I. S. (2019). Validitas Perangkat Pembelajaran Etnoekologi Masyarakat Suku Sasak Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2), 240-247.

. Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan bahan ajar menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker materi himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147-156.

. Dhamayanti, M., Rachmawati, A. D., Arisanti, N., Setiawati, E. P., Rusmi, V. K., & Sekarwana, N. (2018). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Skrining Kekerasan terhadap Anak ââ¬ÅICAST-Cââ¬Â versi Bahasa Indonesia. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, 5(3).

. Anggraini, W., Kurniawan, F., Susilawati, S., & Hasna, A. (2020). Validitas dan Realibilitas Instrumen Teori Pilihan Karir Holland di Indonesia. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 2(2), 68-73.

Author Biographies

Lalu Muhamad Ali Zakaria, Program Studi Magister Pendidikan IPA Universitas Mataram

Agus Abhi Purwoko, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Saprizal Hadisaputra, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).