Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika dengan Lesson Study melalui Blended Learning
DOI:
10.29303/jpm.v16i3.2267Published:
2021-06-02Issue:
Vol. 16 No. 3 (2021): Juni 2021Keywords:
Kemandirian Belajar, Lesson Study, Blended LearningArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa dengan mengkonstruksi kemampuan yang mereka miliki sendiri yang akan berdampak pada peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan lesson study melalui blended learning pada mata kuliah Kapita Selekta Matematika. Penelitian ini akan dilaksanakan di FKIP Universitas Mataram dengan subjeknya adalah mahasiswa pendidikan matematika semester III yang mengambil mata kuliah Kapita Selekta Matematika. Pada penelitian ini perlakuan pada siklus I adalah a). Pembentukan kelompok secara heterogen; b) memberikan motivasi di awal pertemuan c) Melakukan persentasi berbasis online melalui Google Meet d). Sesi diskusi; e) Penguatan oleh dosen model; f) memberikan evaluasi dan pengisian angket untuk mengukur kemandirian belajar. Untuk siklus II tidak jauh beda dengan siklus I, pada siklus II diawal pertemuan memberikan pengutan pada materi prasyarat. Sedangkang untuk siklus IIIÃÂ hampir sama dengan siklus II, yang membedakan hanya pada tahap sesi diskusi dirancang lebih menarik lagi berupa sebuah permainan. Sehingga didapatkan hasil kemandirian belajar mahasiswa meningkat di siklus IIIÃÂ sebesar 4,43 % dibandingkan pada siklus I sedangkan hasil belajar yang diperoleh mahasiswa meningkat 8,44 poin dari 70,63 pada siklus I menjadi 79,07 pada siklus III. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan lesson study melalui blended learning berhasil meningkatkan kemandirian dan hasil belajar mahasiswa.References
Yaghmour, K. S. (2016). Effectiveness of Blended Teaching Strategy on the Achievement of Third Grade Students in Mathematics. Journal of Education and Practice, 7(5), 65ââ¬â73.
Ãâzüdoßru, M., & Aksu, M. (2020). Pre-service Teachers ââ¬â¢ Achievement and Perceptions of The Classroom Environment in Flipped Learning and Traditional Instruction Classes. Australasian Journal of Educational Technology, 36(4), 27ââ¬â43. https://doi.org/https://doi.org/10.14742/ajet.5115
Arikunto, dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Sudianto, Dwijanto, & Dewi, N. A. (2019). Students ââ¬â¢ Creative Thinking Abilities and Self Regulated Learning on Project-Based Learning with LMS Moodle. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 8(1), 10ââ¬â17.
Atmacasoy, A., & Aksu, M. (2018). Blended Learning at Pre-Service Teacher Education in Turkey : A Systematic Review. Educ Inf Technol, 23, 2399ââ¬â2422. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s10639-018-9723-5
Perrow, M. (2017). Strengthening the conversation in blended and face-to face courses: Connecting online and in-person learning with crossover protocols. College Teaching, 65(3), 97ââ¬â105. https://doi.org/10.1080/87567555.2017.1300869
Ilhamdi, M. L., & Mertha, I. G. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Dalam Pembelajaran Biologi Umum. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 20-26.
Ilhamdi, M. L., Al Idrus, A., & Santoso, D. (2021). Sikap Belajar Kaitannya dengan Hasil Belajar IPA Siswa Madrasah Tsanawiyah Al Maarif Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 129-135.
Tegegne, K. M. (2014). The Influence of E-Learning on the Academic Performance of Mathematics Students in Fundamental Concepts of Algebra Course : The Case in Jimma University. Ethiopian Journal of Education and Sciences, 9(2), 41ââ¬â59.
Seloraji, P., & Eu, L. K. (2017). Students ââ¬â¢ Performance in Geometrical Reflection Using GeoGebra. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 5(1), 65ââ¬â77.
Makhrus, M., Nur, M., & Widodo, W. (2014). Model Perubahan Konseptual dengan Pendekatan Konflik Kognitif (MPK-PKK). Jurnal Pijar MIPA, 9(1).
Ningthias, D. P., Siahaan, J., & Purwoko, A. A. (2018). Pengaruh Model Quantum Learning Menggunakan Lks Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 2 Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 100-105.
Author Biographies
Baidowi Baidowi, Universitas Mataram
Ketut Sarjana, Universitas Mataram
Dwi Novitasari, Universitas Mataram
eka kurniawan, Universitas Mataram
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).