Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika dengan Lesson Study melalui Blended Learning

Baidowi Baidowi, Ketut Sarjana, Dwi Novitasari, eka kurniawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa dengan mengkonstruksi kemampuan yang mereka miliki sendiri yang akan berdampak pada peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan lesson study melalui blended learning pada mata kuliah Kapita Selekta Matematika. Penelitian ini akan dilaksanakan di FKIP Universitas Mataram dengan subjeknya adalah mahasiswa pendidikan matematika semester III yang mengambil mata kuliah Kapita Selekta Matematika. Pada penelitian ini perlakuan pada siklus I adalah a). Pembentukan kelompok secara heterogen; b) memberikan motivasi di awal pertemuan c) Melakukan persentasi berbasis online melalui Google Meet d). Sesi diskusi; e) Penguatan oleh dosen model; f) memberikan evaluasi dan pengisian angket untuk mengukur kemandirian belajar. Untuk siklus II tidak jauh beda dengan siklus I, pada siklus II diawal pertemuan memberikan pengutan pada materi prasyarat. Sedangkang untuk siklus III  hampir sama dengan siklus II, yang membedakan hanya pada tahap sesi diskusi dirancang lebih menarik lagi berupa sebuah permainan. Sehingga didapatkan hasil kemandirian belajar mahasiswa meningkat di siklus III  sebesar 4,43 % dibandingkan pada siklus I sedangkan hasil belajar yang diperoleh mahasiswa meningkat 8,44 poin dari 70,63 pada siklus I menjadi 79,07 pada siklus III. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan lesson study melalui blended learning berhasil meningkatkan kemandirian dan hasil belajar mahasiswa.

Keywords

Kemandirian Belajar, Lesson Study, Blended Learning

References

Yaghmour, K. S. (2016). Effectiveness of Blended Teaching Strategy on the Achievement of Third Grade Students in Mathematics. Journal of Education and Practice, 7(5), 65–73.

Özüdoğru, M., & Aksu, M. (2020). Pre-service Teachers ’ Achievement and Perceptions of The Classroom Environment in Flipped Learning and Traditional Instruction Classes. Australasian Journal of Educational Technology, 36(4), 27–43. https://doi.org/https://doi.org/10.14742/ajet.5115

Arikunto, dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara

[7]Sudianto, Dwijanto, & Dewi, N. A. (2019). Students ’ Creative Thinking Abilities and Self Regulated Learning on Project-Based Learning with LMS Moodle. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 8(1), 10–17.

Atmacasoy, A., & Aksu, M. (2018). Blended Learning at Pre-Service Teacher Education in Turkey : A Systematic Review. Educ Inf Technol, 23, 2399–2422. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s10639-018-9723-5

Perrow, M. (2017). Strengthening the conversation in blended and face-to face courses: Connecting online and in-person learning with crossover protocols. College Teaching, 65(3), 97–105. https://doi.org/10.1080/87567555.2017.1300869

Tegegne, K. M. (2014). The Influence of E-Learning on the Academic Performance of Mathematics Students in Fundamental Concepts of Algebra Course : The Case in Jimma University. Ethiopian Journal of Education and Sciences, 9(2), 41–59.

Seloraji, P., & Eu, L. K. (2017). Students ’ Performance in Geometrical Reflection Using GeoGebra. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 5(1), 65–77.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.