Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Implementasi SPADA Unram

Authors

Muhammad Syazali , Aisa Nikmah Rahmatih , Nursaptini Nursaptini

DOI:

10.29303/jpm.v16i1.2290

Published:

2021-01-13

Issue:

Vol. 16 No. 1 (2021): Januari 2021

Keywords:

Derajat penguasaan, Ilmu Alamiah Dasar, keterampilan proses sains

Articles

Downloads

How to Cite

Syazali, M., Rahmatih, A. N., & Nursaptini, N. (2021). Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Implementasi SPADA Unram. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 103–112. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2290

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan pembelajaran dilakukan secara jarak jauh atau daring. Di Universitas Mataram, pembelajaran secara daring terfasilitasi melalui SPADA Unram. Oleh karena implementasinya yang tergolong baru, maka perlu diketahui efeknya terhadap capaian tujuan pembelajaran yang menjadi kompetensi minimal dapat dikuasai oleh mahasiswa. Pada studi ini, kami mengkaji keterampilan proses sains mahasiswa. Penelitian dilakukan pada mahasiswa semester 5 yang memprogramkan matakuliah Ilmu Alamiah Dasar (IAD). Sampel berjumlah 35 mahasiswa yang ditentukan secara purposive. Data keterampilan proses sains mahasiswa dikumpulkan menggunakan instrumen tes yang sudah divalidasi ahli. Item berjumlah 6 soal subjektif yang disesuaikan dengan jumlah indikator keterampilan proses sains (KPS) dasar yaitu observing, classification, measuring, communicating, predicting, dan infering. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu melalui quiz 1 topik Pengantar IAD, dan quiz 2 topik Materi dan Energi. Analisis data keterampilan proses sains mahasiswa menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan mengukur rata-rata (mean), persentase, dan uji komparasi. Kami menemukan bahwa rata-rata derajat penguasaan (DP) mahasiswa terhadap KPS dasar berada pada kategori sangat kurang. Proporsi mahasiswa dengan kategori baik dan cukup hanya 11.43% pada quiz pertama, dan pada quiz kedua hanya 2.86% kategori baik dan 8.57% kategori cukup. Hasil uji komparasi menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan DP KPS dasar yang signifikan antara quiz 1 dan quiz 2. Kondisi ini mengindikasikan bahwa perlu adanya inovasi yang dapat memberikan pengalaman belajar lebih baik dan dapat meningkatkan KPS dasar mahasiswa.

References

Can, B., Yildiz-Demirtas, V., & Altun, E. (2017). The effect of project- based science education programme on scientific process skills and conceptions of Kindergarten students. Journal of Baltic Science Education, 16(3), 395ââ¬â413.

Prayitno, B. A., Corebima, D., Susilo, H., Zubaidah, S., & Ramli, M. (2015). Closing the science process skills GAP between students with high and low level academic achievement. Journal of Baltic Science Education, 16(2), 266ââ¬â277.

Darmaji Darmaji, Kurniawan, D. A., Parasdila, H., & Irdianti. (2018). Deskripsi keterampilan proses sains mahasiswa pada materi termodinamika. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 345ââ¬â353.

Yolanda, Y. (2019). Profil keterampilan proses sains (KPS) mahasiswa fisika pada materi listrik magnet. JIPFRI: Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah, 3(2), 70ââ¬â78. https://doi.org/10.30599/jipfri.v3i2.533

Hasyim, F. (2018). Mengukur kemampuan berpikir analitis dan keterampilan proses sains mahasiswa calon guru fisika STKIP Al Hikmah Surabaya. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(1), 80ââ¬â89.

Hamdani. (2017). Deskripsi keterampilan proses sains mahasiswa calon guru fisika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 8(1), 43ââ¬â51.

Khairunnisa, Ita, & Istiqomah. (2019). Keterampilan proses sains (KPS) mahasiswa Tadris Biologi pada Mata Kuliah Biologi Umum. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 58ââ¬â65.

Malik, A. (2015). Model pembelajaran problem based instruction untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains mahasiswa. JPPPF - Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 9ââ¬â16. https://doi.org/10.21009/1.01102

Malik, A., Handayani, W., & Nuraini, R. (2015). Model praktikum problem solving laboratory untuk meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa. In A. H. A. Dwi Irwanto, Fiki Taufik Akbar (Ed.), Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains (pp. 193ââ¬â196). Program Studi Magister Pengajaran Fisika FMIPA ITB.

Limatahu, I., Wasis, Sutoyo, S., & Prahani, B. K. (2018). Development of CCDSR teaching model to improve science process skills of pre-service physics teachers. Journal of Baltic Science Education, 17(5), 812ââ¬â827.

Malau, S. M., Motlan, Sirait, M., & Lubis, R. H. (2019). The effect of guided inquiry learning model and creativity on students science process skills. Journal of Transformative Education and Educational Leadership, 1(2), 29ââ¬â37.

Duda, H. J., Herawati Susilo, & Newcombe, P. (2019). Enhancing different ethnicity science process skills: problem-based learning through practicum and authentic assessment. International Journal of Instruction, 12(1), 1207ââ¬â1222.

Prajoko, S., Amin, M., Rohman, F., & Gipayana, M. (2016). The effect of local materials usage for science practicum on studentsââ¬â¢ science process skills. Educational Research International, 5(4), 1ââ¬â10.

Rohman, F., & Lusiyana, A. (2018). Pengembangan modul praktikum mandiri sebagai asesmen keterampilan proses sains dan keterampilan sosial mahasiswa. JIPFRI: Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah, 1(2), 47ââ¬â56.

Patresia, I., Silitonga, M., & Ginting, A. (2020). Developing biology student s ââ¬â¢ worksheet based on STEAM to empower science process skills. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(1), 147ââ¬â156. https://doi.org/10.2229/jpbi.v6i1. 10225

Ubaidillah, M. (2016). Pengembangan LKPD fisika berbasis problem solving untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Jurnal EduFisika, 01(02), 9ââ¬â20.

Darmaji Darmaji, Kurniawan, D. A., Suryani, A., & Lestari, A. (2018). An identification of physics pre-service teachersââ¬â¢ science process skills through science process skills -based practicum guidebook. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 07(2), 239ââ¬â245.

Supriyatman, S., & Sukarno, S. (2014). Improving science process skills (SPS) science concepts mastery (SCM) prospective student teachers through inquiry learning instruction model by using interactive computer simulation. International Journal of Science and Research (IJSR), 3(2), 6ââ¬â9.

Sari, P. M., & Zulfadewina. (2018). Profile of science process skill mastery from pre-service elementary school teacher. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(2), 65ââ¬â72.

Julianto, Wasis, & Agustini, R. (2018). Profil sikap terhadap sains, keterampilan proses sains, dan kreativitas mahasiswa Jurusan PGSD FIP UNESA di Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Seminar Nasional Pendidikan, 197ââ¬â202.

Artayasa, I. P., Susilo, H., Lestari, U., & Indriwati, S. E. (2017). Profil keterampilan proses sains dan hubungannya dengan hasil belajar sains mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. In T. P. T. P. dan P. D. U. N. Malang (Ed.), Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar (pp. 706ââ¬â714). Pascasarjana Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar Universitas Negeri Malang. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/933.

Zamista, A. A., Rahmi, H., Sellyana, A., & Desriyati, W. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran dalam jaringan untuk mata kuliah kalkulus. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(1), 41ââ¬â48.

Deta, U. A., Prakoso, I., Agustina, P. Z. R., Fadillah, R. N., Lestari, N. A., Yantidewi, M., Admoko, S., Zainuddin, A., Nurlailiyah, A., & Prahani, B. K. (2020). Science process skills profile of non-science undergraduate student in Universitas Negeri Surabaya. Journal of Physics: Conf. Series.

Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa pendidikan matematika: Kajian kualiatatif deskriptif. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45ââ¬â51.

Ita. (2020). Hasil belajar dan respon mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring pada mata kuliah biologi umum. Konferensi Nasional Pendidikan, 143ââ¬â147.

Legowo, Y. A. S. (2020). Kesiapan dan kendala pembelajaran berbasis projek melalui media daring pada mahasiswa Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman Guppi. Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan, 02(02), 62ââ¬â68.

Nainggolan, J., Pardede, S., & Butar-butar, I. (2020). Survei kendala Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen dalam pelaksanaan perkuliahan online. Jurnal Suluh Pendidikan, 8(2), 1ââ¬â8.

Syofyan, H., & Yuliati. (2017). Pengaruh gaya belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPA mahasiswa PGSD Universitas Esa Unggul. Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu, 779ââ¬â788.

Permana, A. D. I. (2016). Pengaruh gaya belajar dan motivasi belajar mahasiswa terhadap kemampuan belajar ilmu alamiah dasar. Jurnal Formatif, 6(3), 276ââ¬â283.

Kelana, J. B., Muftianti, A., & Samsudin, A. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan motivasi belajar mahasiswa PGSD. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 7(1), 48ââ¬â54.

Amnah, S., & Idris, T. (2016). Hubungan indeks prestasi kumulatif dengan keterampilan proses sains mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UIR t.a 2013/2014. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(1), 137ââ¬â144.

Rahmatih, A. N., & Fauzi, A. (2020). Persepsi mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam menanggapi perkuliahan secara daring selama masa Covid-19. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 143ââ¬â153.

Indrawati, B. (2020). Tantangan dan peluang Pendidikan Tinggi dalam masa pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 39ââ¬â48.

Argaheni, N. B. (2020). A systematic review: The impact of online lectures during the covid-19 pandemic against Indonesian students. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99ââ¬â109.

Author Biographies

Muhammad Syazali, Program Studi PGSD FKIP Universitas Mataram

Aisa Nikmah Rahmatih, Program Studi PGSD FKIP Universitas Mataram

Nursaptini Nursaptini, Program Studi PGSD FKIP Universitas Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.