Sikap Belajar Kaitannya dengan Hasil Belajar IPA Siswa Madrasah Tsanawiyah Al Maarif Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah

Mohammad Liwa Ilhamdi, Agil Al Idrus, Didik Santoso

Abstract

Hasil belajar merupakan  salah satu  indikator keberhasilan dalam proses pembelajaran. Mata pelajaran IPA dipelajari sejak tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Mata pelajarn IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang diujian nasionalkan. Oleh karena itu siswa diharapkan memiliki hasil belajar IPA yang baik agar dapat lulus dalam ujian nasional. Sikap belajar menjadi bagian dari faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap belajar IPA siswa kaitannya dengan hasil belajar IPA. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs Al Ma’arif Praya Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs Al Ma’arif Praya Timur Data dikumpulkan dengan metode angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kaitan yang signifikan antara sikap belajar dengan hasil belajar IPA siswa M.Ts. Al Ma’arif Praya Timur. Signifikansi positif ini menunjukkan bahwa semakin tinggi sikap belajar terhadap IPA semakin tinggi pula hasil belajar IPA yang diraihnya.

Keywords

Sikap Belajar, Hasil belajar IPA

Full Text:

PDF

References

Dongoran, F. R. (2014). Paradigma Membangun Generasi Emas 2045 dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 11(1). 61-76.

OECD. (2014). Student Learning : Attitudes Engagement and Strategies.

Qi, D. & Wu, Y. (2020). Family’s social economic status and child educational outcomes in China: The mediating effects of parenting practices and children’s learning attitudes. Childrens and Youth Service Review. 118(1) 1-9.

Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2019). Pengembangan instrumen sikap siswa sekolah menengah pertama terhadap mata pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 7(1), 1-7.

Şen, H. Ş. (2013). The attitudes of university students towards learning. 2nd World Conference on Educational Technology Researches – WCETR2012, 83, 947–953.

Isnaini, M., Ananda, J., & Kapitan, A. (2017). Pengaruh Bentuk Tes Formatif dan Sikap Belajar terhadap Hasil Belajar Membaca Bahasa Arab. Arabi: Journal of Arabic Studies. 2(1), 47–53.

Shah, Z. A., Mahmood, N., & Harrison, C. (2019). Attitude towards science learning: An exploration of Pakistani students Attitude towards Science Learning: An Exploration of Pakistani Students. Journal of Turkish Science Education, 10 (02), 35–47.

Darmaji, D., Kurniawan, D.A., Suryani, A. & Lestari, A. (2018). An identification of physics pre-service teachers’ science process skills through science process skills-based practicum guidebook. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(2), 239-245.

Ahmadi, H.A. (1991) Belajar dengan Efektif, Bhineka Ofset, Jakarta.

Hasan, A. M. (2016). Effects of Challenge-Based Learning and Activity Based Learning Approaches on Techinal College Students Achievement, Interest and Retention in Woodwork Technology. Nigeria: Tesis tidak diterbitkan.

Abubakar, M.T. (2014). Assessment of Students Performance in Automobile Technology Practical in Technical Colleges of Sokoto State. Minna: Skripsi tidak diterbitkan.

Anderson, L. W. & Krathwohl, D. R. (2015). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran & Asesmen. Revisi taksonomi Bloom. (Prihantoro, Trans). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Raved, L., Ben, O., Assaraf, Z., Raved, L., Ben, O., & Assaraf, Z. (2011). Attitudes towards Science Learning among 10th ‐ Grade Students: A qualitative look. International Journal of Science Education. 33 (9).

Maulana, I. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran PBL dan TPS terhadap Keterampilan Metakognitif, Keterampilan Berpikir Kritis, Sikap Sosial, Hasil Belajar Biologi dan Retensi pada Siswa dari Etnis yang Berbeda di Kota Metro. Disertasi tidak diterbitkan.

Saifuddin Azwar, (1988), Sikap Manusia teori dan Pengukurannya, Liberty, Yogyakarta.

Osborne, J., Simon, S., & Collins, S. (2003). Attitudes towards science: A review of the literature and its implications. International. Journal of Science Education, 25, 1049–1079.

Oemar, Hamalik. (2001). Pendekatan Baru Strategi Belajar mengajar berdasarkan CBSA. Sinar Baru Algensindo. Bandung.

Dadang Sulaiman. (1984). Sumbangan Kecerdasan, Motif Berhasil, Sikap Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil belajar Siswa SMA se Jawa barat, Warta Penelitian, Lembaga penelitian IKIP Bandung, Bandung

Dimyati. (1999). Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta

Rizqiani, F. M. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Sikap Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Tema 2 , Sub Tema 1 . Sumber Energi. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 420–425.

Sidik, P., & Madawistama, S. T. (2019). Analisis Sikap Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran Kontruktivisme. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 475–481.

Sinson, M., & Wedyawati, N. (2017). Analisis Sikap Belajar Siswa Kelas Tinggi pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). VOX EDUKASI, 8, 22–29.

Arikunto S. (2003) Prosedur Penelitian, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Arif, L., & Samidjo. (2018). Hubungan antara Sikap Belajar dan Motivasi Belajar Kejuruan dengan Hasil Belajar Gambar Teknik. Jurnal Taman Vokasi, 6, 92–97.

Yusri, M. A. K. (2015). Hubungan Sikap Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan KTP FIP UNP dalam Mata Kuliah Komputer Grafis. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XV (1), 54–57.

Papanastasiou, E.C., and Zembylas, M. (2004). The Effect of Attitudes on Science Achievement: A Study Conducted among High School Pupils in Cyprus. International Review of Education, 48(6), 469-484.

Narmadha, U. & Chamundeswari, S. (2013). Attitude towards Learning of Science and Academic Achievement in Science among Students at the Secondary Level. Journal of Sociological Research, 4(2), 114-124.

Suyobroto. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Rineka Cipta, Jakarta.

Wina Senjaya. (2008). Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Sartina, & Indarto, S. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Sosial , dan Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA / MA. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 16(1), 87–100.

Rennie, L.J., and Punch, k.E. (1991). The Relationship between affect and Achievement in Science. Journal of Research in Science Teaching, 28, 93-209.

Thaeb, M. R. (2016). Menumbuhkan Sikap Siswa dalam Hasil Belajar. Lantanida Jurnal, 4(1), 50-59.

Nurhasanah, S. & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar sebagai Determinant Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128-135.

Tjahjana, D. & Arief, Z. A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Sikap Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar PPKn Kelas X di SMK Negeri 1 Bojonggede Kabupaten Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 98-127.

Achdiyat, M., & Warhamni, S. (2018). Sikap Cara Belajar dan Prestasi Belajar. Faktor Jurnal Ilmialh Kependidikan, 5(1), 49–58.

Ali, M. (2000) Guru dalam Proses Belajar Mengajar, PT. Sinar Baru Algensindo, Bandung.

Jach, J. Y. (2004). Attitude toward Learning Science of Students in Introductory Geology Courses. Teaching Earth Education, 29(2), 28–31.

Jemudin, F. D. E., Makur, A. P., & Ali, F. A. (2019). Hubungan Sikap Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMPN Langke Rembong. Journal of Honai Math, 2(1), 1–11.

Saefullah, A., Siahaan, P., & Sari, I. M. (2013). Hubungan antara Sikap Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X pad Pembelajaran Fisika Berbasis Portofolio. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 1, 26–36.

Trisnowali, A. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, dan Sikap Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMAN 2 Watampone. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 259–278.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.