Studi Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Kimia Terkait Etnosains Bau Nyale
DOI:
10.29303/jpm.v16i3.2362Published:
2021-06-06Issue:
Vol. 16 No. 3 (2021): Juni 2021Keywords:
kemampuan literasi sains, bau nyale, mahasiswaArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian deksriptif ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi sains mahasiswa pendidikan kimia pada etnosains bau nyale di Universitas Mataram. Aspek literasi sains yang diukur adalah konten (pengetahuan) dengan indikator epistemic, konten dan prosedural, aspek konteks dan kompetensi (proses) dengan indikator menjelaskan fenomena secara ilmiah dan menafsirkan data dan bukti secara ilmiah. Penelitian ini melibatkan 71 mahasiswa sebagai sampel yang diperoleh melalui teknik random sampling. Data dikumpulkan menggunakan soal tes literasi sains berbasis etnosains bau nyale, selanjutnya dianalisis menggunakanÃÂ statistik deskriptif.ÃÂ Hasilnya menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan literasi sains mahasiswa pendidikan kimia dalam ketiga aspek termasuk dalam kategoriÃÂ cukup (63,47%), sementara katagori untuk masing-masing aspek yang termasuk katagori cukup adalah ÃÂ aspek konten ( 62%) dan aspek konteks (65%) sedangkan aspek kompetensi termasuk katagori kurang (57%). Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan literasi sain mahasiswa pendidikan kimia masih perlu ditingkatkan melalui pengenalan etnosain dalam kehidupan sehari-hari disekitar mereka.
Kata kunciÃÂ : kemampuan literasi sains, bau nyale, mahasiswa
References
Adawiyah, R., Andayani, Y., & Purwoko, A, A. (2020). Analysis chemistry science literacy ability of high school student in mataram. Proceedings International Conference on Science and Technology (ICST), 1.
World Economic Forum. (2015). New vision for education unlocking the potential technology. Retrived from http://www3.weforum.org/docs/WEFUSA_NewVisionforEducation_Report2015.pdf
Prastiwi, dkk. (2017). Studi kemampuan literasi kimia peserta didik pada materi elektrokimia. Yogyakarta : FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
AAAS (American Association for the Advancement of Science). (1993). Benchmarks for science literacy. New York : Oxford University Press.
Fauziah, N., Andayani Y., & Hakim, A. (2019). Meningkatkan literasi sains peserta didik melalui pembelajaran berbasis masalah berorientasi green chemistry pada materi laju reaksi. Jurnal Pijar MIPA, 14, 31-35.
Wardani, S., Kadarohman, A., & Permanasari, A. (2013). Java culture internalization in elektrometri learning based inquiry laboratory activities. Inter-Intrapersonal Intelligence, 2, 417ââ¬â421.
Rahayu, W., & Sudarmin. (2015). Pengembangan modul IPA terpadu berorientasi etnosains tema energi dalam kehidupan untuk menanamkan jiwa konservasi peserta didik. Unnes Science Educational Journal, 4, 22-29.
Utari, R., Andayani Y., & Savalas, L. R. T. (2020). Pengembangan modul kimia berbasis etnosains dengan mengangkat kebiasaan petani garam. Jurnal Pijar MIPA, 15, 478-481.
Arfianawati, S. (2016). Model pembelajaran kimia berbasis etnosains untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), 46-51.
Sapitri, R. D., Hadisaputra, S., & Junaidi, E. (2020). Pengaruh penerapan praktikum berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan literasi sains dan hasil belajar. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 122-129.
Al-Fialistyani, D., Andayani, Y., Hakim, A., & Anwar, Y. A. S. (2020). Literasi kimia pada aspek kompetensi melalui pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan etnosains. Jurnal Pijar MIPA, 15, 537-540.
Sujana, A. (2014). Pendidikan IPA teori dan praktik. Bandung: Rizqi Press.
Izzatunnisa, Andayani Y., & Hakim, A. (2019). Pengembangan LKPD berbasis pembelajaran penemuan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi kimia SMA. Jurnal Pijar MIPA, 14, 49-54.
Sukardi. (2012). Metode penelitian pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto, N. (2013). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Tursinawati. (2018). Pemahaman konsep literasi IPA pada mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal EDUCHILD, 7.
Marlina, D. (2019). Analisis kemampuan literasi sains pada mahasiswa PGSD semester 1 tahun akademik 2019/2020. Madiun: Universitas PGRI Madiun.
Nurhidayah. (2020). Analisis literasi sains mahasiswa pada mata kuliah mikrobiologi di universitas negeri semarang. Semarang : UNS.
Wulandari, N., & Sholihin, H. (2016). Analisis kemampuan literasi sains pada aspek pengetahuan dan kompetensi sains siswa SMP pada materi kalor. Research Artikel Center For Science Education EDUSAINS, 8, 66-73.
Sunarti, T. (2015). Pemahaman literasi sains mahasiswa calon guru fisika universitas negeri surabaya. Jurnal Pembelajaran Fisika.
Yana, E. T. (2018). Skripsi analisis kemampuan literasi saintifik pada aspek kompetensi dan pengetahuan calon guru fisika pada materi gelombang dan bunyi. Lampung : Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Winata, A. Cacik, S., & Seftria, W. R. I. (2016). Analisis kemampuan awal literasi sains mahasiswa pada konsep IPA. Education and Human Development Journal, 1.
Mahayon, A. (2005). Kefahaman ungkapan algebra pelajar tingkatan empat. Tesis Sarjana, Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia.
Sujarwanta, A. (2012). Mengkondisikan pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik. Jurnal Nuansa Kependidikan, 16, 75-83.
Shofiyah, N. (2015). Deskripsi literasi sains awal mahasiswa pendidikan IPA pada konsep IPA. Jurnal Pedagodia ISSN, 4, 2089 -3833.
Novitasari, N. (2018). Profil kemampuan literasi sains mahasiswa calon guru biologi. Jurnal Tadris Pendidikan Biologi, 9, 36-44.
Lestari, S. Puji. (2018). Analisis literasi sains mahasiswa program studi pendidikan biologi UIN raden intan lampung. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas UIN Raden Intan Lampung.
Islam, Zaky A., Nahadi, & Permanasari, A. (2013). Hubungan literasi sains dan kepercayaan diri siswa pada konsep asam basa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1, 16ââ¬â25.
Rusilowati, A., dkk. (2016). Developing an instrument of scientific literacy assesment on the cycle them. International Journal of Environmental & Science Education, 11, 5718-5727.
Andayani, Y., Purwoko, A. A., Jamaluddin, Mahrus, M., & Harjono, A. (2020). Identifikasi pemahaman guru tentang perangkat pembelajaran IPA SMP dengan pendekatan etnosains. Jurnal PEPADU, 1, 229-234
[31] Laksano, P. J. (2018). Studi kemampuan literasi kimia mahasiswa pendidikan kimia pada materi pengolahan limbah. Jurnal Pendidikan Kimia, 2, 1-12.
Author Biographies
Sri Partuti Rahmayanti, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
Yayuk Andayani, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
Syarifa Wahidah Al Idrus, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).