Analisis Kemampuan Multi Representasi dan Kaitannya dengan Pemahaman Konsep Fisika

Authors

Laily Yosie Kurniasari , Wasis Wasis

DOI:

10.29303/jpm.v16i2.2404

Published:

2021-03-03

Issue:

Vol. 16 No. 2 (2021): Maret 2021

Keywords:

pemahaman konsep, kemampuan multi representasi, gerak lurus

Articles

Downloads

Additional Files

How to Cite

Kurniasari, L. Y., & Wasis, W. (2021). Analisis Kemampuan Multi Representasi dan Kaitannya dengan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 142–150. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2404

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil kemampuan multirepresentasi siswa SMA pada materi gerak lurus yang diukur menggunakan instrumen berbasis multi representasi, dan mendeskripsikan hubungan antara kemampuan multi representasi dengan pemahaman konsep siswa pada materi gerak lurus. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA sebanyak 22 siswa di SMA Negeri 1 Sambit pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian dilakukan dengan dua tahap yaitu pengembangan instrumen tes berbentuk esai dan pengukuran kemampuan multi representasi dan pemahaman konsep siswa. Uji validitas dilakukan untuk menguji kelayakan instrumen dan uji korelasi digunakan untuk menentukan hubungan antara kemampuan multi representasi dan pemahaman konsep siswa yang didasarkan pada data jumlah skor multi representasi dan pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) instrumen yang dikembangkan dinyatakan valid dari aspek konten dan bahasa dengan indeks Aiken sebesar 0,76 dan berdasarkan aspek konstruk dinyatakan sangat valid dengan indeks Aiken mencapai 0,86; 2) Kemampuan multi representasi siswa pada representasi verbal sebesar 43%, representasi matematik-simbolik 32% dan 25% untuk representasi gambar-simbolik. Kemampuan representasi matematik-simbolik dan verbal dikategorikan dalam kategori kurang dan kemampuan representasi gambar-simbolik siswa dikategorikan sangat kurang; 3) Rata-rata pemahaman konsep siswa pada materi gerak lurus sebesar 26%; 4)Berdasarkan uji korelasi diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,726 yang menunjukkan bahwa kemampuan multi representasi dengan pemahaman konsep memiliki hubungan positif dan signifikan dimana jika kemampuan multi representasi siswa tinggi makaà pemahaman konsep siswa juga tinggi.

References

Marlis. (2015). Analisis Profil Pemahaman Konsep dan Konsistensi Konsepsi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tilatang Kamang pada Materi Fluida Statis. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015. Bandung: 8-9 Juni 2015.

Sufiyah, S., Wasis, W., & Soetjipto, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Guided Inquiry untuk Menurunkan Miskonsepsi Siswa pada Materi Optik. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 7(1), 1441-1446.

Theasy, Y. (2018). Multi-representation Ability of Students on the Problem Solving Physics. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 983, No. 1, p. 012005). IOP Publishing.

Kusumawati, I., Marwoto, P., & Linuwih, S. (2015). Implementation Multi Representation and Oral Communication Skills in Department of Physics Education on Elementary Physics II. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1677, No. 1, p. 040017). AIP Publishing LLC.

Treagust, D.F., Reinder, D. & Hans E. F. (2017). Multirepresentation in Physics Education. Switzerland: Springer.

Widianingtiyas, L., Siswoyo, S., & Bakri, F. (2015). Pengaruh Pendekatan Multi Representasi dalam Pembelajaran Fisika terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 31-38.

Doyan, A., Taufik, M., & Anjani, R. (2018). Pengaruh Pendekatan Multi Representasi terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(1).

Suhandi, A., & Wibowo, F. C. (2012). Pendekatan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Usaha-Energi dan Dampak terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1).

Ekawati, R., Setiawan, A., Wulan, A. R., & Rusdiana, D. (2019). The use of Classroom Assessment Based on Multi-Representation Ability in Mechanics Concept. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, No. 3, p. 032061). IOP Publishing.

Murtono, M. (2018). The Multyrepresentation Test as Assessment Authentic For Learning Prospective Teacher Physics. Integrated Lab Journal, 4(2), 189-198.

Istiyono, E. (2019, June). The Developing and Calibration of PhysEDiTHOTS Based on IRT and IQF for Studentsââ¬â¢ HOTS Diagnostic. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1233, No. 1, p. 012038). IOP Publishing.

Hasbullah, H., Halim, A., & Yusrizal, Y. (2018). Penerapan Pendekatan Multi Representasi terhadap Pemahaman Konsep Gerak Lurus. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 69-74.

Kurniawati, D., Muhlis, M., & Makhrus, M. (2020). Validitas Multimedia Interaktif pada Materi Kemagnetan Berbasis Indikator Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 527-532.

Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik pendidikan: teori dan praktik dalam pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita.

Dimas, A., Suparmi, A., Sarwanto, & Nugraha, D. A. (2018). Analysis Multiple Representation Skills of High School Students on Simple Harmonic Motion. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2014, No. 1, p. 020131). AIP Publishing LLC.

Setyandaru, T. A., Wahyuni, S., & aristya Putra, P. D. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran Fisika di SMA/MA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3), 223-230.

Pratiwi, Y. M., Suyudi, A., & Zulmasula, Z. (2017). Identifikasi Kesulitan Siswa SMA pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 2(2).

Irwandani, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik Mts Al-Hikmah Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 165-177.

Rahayu, P., & Hariyono, E. (2019). Profil Penguasaan Konsep Siswa pada Sub Materi Gerak Jatuh Bebas dengan Menggunakan Four Tier Diagnostic Test. Inovasi Pendidikan Fisika, 8(2).

Isnaini, M., & Ningrum, W. P. (2018). Hubungan Keterampilan Representasi terhadap Pemahaman Konsep Kimia Organik. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 12-25.

Author Biographies

Laily Yosie Kurniasari, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Surabaya

Mahasiswa jurusan Fisika, program Studi Pendidikan Fisika

Wasis Wasis, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Surabaya

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).