Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPA
DOI:
10.29303/jpm.v16i2.2446Published:
2021-03-03Issue:
Vol. 16 No. 2 (2021): Maret 2021Keywords:
Media pembelajaran, Permainan monopoli, IPAArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan monopoli dan mengetahui kelayakan media permainan monopoli sebagai media pembelajaran peserta didik kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu penelitian dan R&D (Reseacrh and Development) dengan dengan desain model pengembangan ADDIE. Langkah ââ¬â langkah pengembangan dengan model tersebut meliputi tahapan Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Setelah melalui langkah ââ¬â langkah penelitian, peneliti melakukan analisis terhadap data ââ¬â data yang didapatkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis permainan monopoli layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran, terlihat dari hasil validasi media memperoleh persentase 93%, validasi materi memperoleh persentase 94% dan respon peserta didik dalam kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 92%.References
Triwiyanto, Teguh. 2015. Pengantar Pendidikan. Bumi Aksara.
Ilhamdi, M. L., Novita, D., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(02), 49-57.
Handriani, L. S., Harjono, A., & Doyan, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 210-220.
Saputra, I. M. W. D., Ramdani, A., & Bahri, S. (2020, June). Analisis Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dan Proses Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa SMP Di Lombok Barat. In Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Mataram (Vol. 1, No. 1, pp. 46-51).
Raharjo, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Menumbuhkan Nilai Karakter pada Siswa Sekolah Dasar. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Sutirman. 2013. Media dan Model ââ¬â model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: GRAHA ILMU.
Solekhah, S. (2015). Pengembangan Media Monopoli Tematik Pada Tema ââ¬ÅTempat Tinggalkuââ¬Â Untuk Siswa Kelas IV di SDN Babarsari. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 4(1).
Kemala, Farida Nur. 2016. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang : Ediide Infografika.
Ansori, L. I., Jaelani, A. K., & Affandi, L. H. (2020). PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 9 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. PROGRES PENDIDIKAN, 1(1), 33-41.
Suhendrianto, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Tematik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MIN Tegalasri Kec. Wlingi Kab. Blitar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Sulviana, A., Jufri, A. W., & Japa, L. (2018, June). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN 5E TERHADAP KESADARAN METAKOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MTsN 1 MATARAM. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (Vol. 1, No. 1, pp. 20-25).
Ulfaeni, S. (2017). Pengembangan Media Monergi (Monopoli Energi) Untuk Menumbuhkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 136-144.
Arsyad, Azhar. 2017. Media pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Perseda.
Rosdiana, M., Hidayat, J. N., & Prijambodo, R. F. N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Sains pada Siswa Kelas IV SDN Pragaan Laok I. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2).
Risma, R., Bua, A. T., & Annisa, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli pada Tema Ekosistem untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 92-100.
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tegeh, Made dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Pendidikan. Yogyakarta: PT RIENEKE CIPTA.
Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Angraheni, N. S. (2018). Pengembangan Media Permainan Monopoli Merah-Putih Pada Pembelajaran Tematik Integratif Peserta Didik Kelas V SD/MI Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Islam Negeri
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2), 79-85.
Walid, M. I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis GEOGEBRA dengan Model Pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) pada MateriGeometri Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Takalar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Prayogo, B. A. (2017). Pengembangan Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas II SDN Langensari 02 Kecamatan Ungaran Barat. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Nisa, R. (2015). Pengembangan Media Monopoli 3 Dimensi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Makananku Sehat Dan Bergizi Siswa Kelas 4 SDI Surya Buana Malang. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Enha, H. F. M. A. (2019). Pengembangan media monopoli tematik tema cita-citaku untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV MI Al-Mufidah Sidodadi Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Author Biographies
Azizah Dwi Ardhani, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Mataram
Mohammad Liwa Ilhamdi, Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram
Siti Istiningsih, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Mataram
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).