PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK SISWA SMA

Authors

Raden Apriadi , Yayuk Andayani , Muntari Muntari

DOI:

10.29303/jpm.v13i2.2459

Published:

2018-09-30

Issue:

Vol. 13 No. 2 (2018): September

Keywords:

Modul pembelajaran kimia, Pendekatan Saintifik.

Articles

Downloads

How to Cite

Apriadi, R., Andayani, Y., & Muntari, M. (2018). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK SISWA SMA. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 171–176. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.2459

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran kimia berbasis pendekatan saintifik yang layak digunakan dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Modul pembelajaran kimia dikembangkan pada materi pokok asam dan basa. Metode penelitian yang digunakan adalah research and develovement (R&D). Model pengembangannya menggunakan model Borg and Gall yang dimodifikasi dengan model Dick and Carrey. Tahapan pengembangan modul pembelajaran kimia terdiri dari: analisis kebutuhan, analisis pembelajaran, karakteristik siswa, dan perumusan tujuan (indikator hasil belajar), kemudian dilanjutkan dengan pengembangan produk awal (desain produk), validasi desain, perbaikan desain (revisi), dan uji coba produk. Uji coba dimaksudkan untuk mengetahui kelayakan modul secara empiris, uji coba dilaksanakan di dua sekolah dengan menggunakan dua kelas pada masing-masing sekolah, yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA Negeri 1 Bayan dan XI IPA 1 dan XI IPA 3 SMA Negeri 1 Gangga. Hasil uji coba modul pembelajaran kimia selanjutnya dianalisis menggunakan rumus rata-rata dan disesuaikan dengan tabel kriteria validasi. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu modul pembelajaran kimia berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan dikategorikan baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran di dalam kelas.

References

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Suci, M. A. (2016). Pengembangan modul biologi berorientasi siklus belajar pada materi sistem reproduksi manusia untuk siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Tumpang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Sawitri, D. W. (2014). Pengembangan Modul Keanekaragaman Hayati Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 3(3).

Zuhra, F., Hasan, M., & Safitri, R. (2017). Model pembelajaran learning cycle 7e berbantuan buku saku terhadap hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 134-139.

Fatimah, S., Sarwanto, S., & Aminah, N. S. (2013). Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Modul Dan Buletin Ditinjau Dari Kemampuan Verbal Dan Motivasi Berprestasi Siswa. Inkuiri, 2(01).

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Indira, C. (2014). Best-Practices Pendekatan saintifik pada pembelajaran kimia di SMA Negeri 4 Sampit. Jurnal Kaunia, 10(2), 141-151.

Nasution, S. (2013). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sardiman A.M., (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Septianu, E., Sudarmin, S., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan Modul IPA Terpadu Tema Perubahan Zat Berbasis Discovery Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik dan Hasil Belajar Siswa. Unnes Science Education Journal, 3(3).

Surachman, M., Muntari, M., & Savalas, L. R. T. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Materi Pokok Sistem Koloid. Jurnal Pijar MIPA, 9(2).

Suryaningsih, S., Muhlis, M., & Jamaluddin, J. (2017). Efektivitas Penggunaan Modul Kerang Mutiara Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Budidaya Di SMKN 1 Lembar. Jurnal Pijar Mipa, 12(2), 60-63.

Yuniyanti, E. D. (2012). Pembelajaran Kimia Menggunakan Inkuiri Terbimbing dengan Media Modul Dan Eââ¬âLearning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Membaca dan Kemampuan Berpikir Abstrak (Pembelajaran Kimia Pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Kelas XI IPA Di SMA Negeri (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Ningsyih, S., Junaidi, E., & Al Idrus, S. W. (2016). Pengaruh Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 11(1).

Author Biographies

Raden Apriadi, Magister Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Universitas Mataram

Kimia dan Pendidikan Kimia

Yayuk Andayani, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Muntari Muntari, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).