Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pelajaran IPA

Authors

Aulia Rosyana , Mohammad Liwa Ilhamdi , Nurul Kemala Dewi

DOI:

10.29303/jpm.v16i3.2473

Published:

2021-06-02

Issue:

Vol. 16 No. 3 (2021): Juni 2021

Keywords:

Pengembangan, Buku Cerita Bergambar, IPA

Articles

Downloads

How to Cite

Rosyana, A., Ilhamdi, M. L., & Dewi, N. K. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pelajaran IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(3), 302–309. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i3.2473

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan produk dan kelayakan dari buku cerita bergambar berbasis pendekatan saintifik kelas V yang sudah dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D yang dibatasi pada 3 tahapan yaitu Define, Design, dan Develop. Sampel dalam penelitian ini adalah 6 peserta didik kelas V SDN 35 Ampenan yang diambil secara acak dan kemudian dijadikan sebagai responden untuk uji coba terbatas. Objek penelitian ini adalah pembelajaran IPA kurikulum 2013 berbasis pendekatan saintifik. Hasil penelitian yaitu dari validator materi mendapatkan kriteria sangat layak, validator media mendapatkan kriteria sangat layak dan penilaian 6 orang peserta didik terhadap buku cerita bergambar berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan mendapatkan kriteria sangat layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa buku cerita bergambar berbasis pendekatan saintifik untuk kelas V SD yang dikembangkan bersifat sangat layak sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran.

References

Nasional, D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Language, 188, 22cm.

Ilhamdi, M. L., Novita, D., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(02), 49-57.

Akbar, S. D., Aââ¬â¢yun, I. Q., Satriyani, F. Y., Widodo, W., Paranimmita, R., & Ferisa, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahim, F. (2007). Pegajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ermiana, I., Hari, A. H., & Khair, B. N. (2019, November). Pengembangan Media Berdasar Komputer (CBI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III di SDN 12 Ampenan. In Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019 (Vol. 1, No. 1, pp. 297-303).

Wulandari, C. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Pembelajaran Membaca Siswa Kelas 1 SD. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Handriani, L. S., Harjono, A., & Doyan, A. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 210-220.

Saputra, I. M. W. D., Ramdani, A., & Bahri, S. (2020, June). Analisis Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dan Proses Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa SMP Di Lombok Barat. In Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Mataram (Vol. 1, No. 1, pp. 46-51).

Wigianto. (2015). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Untuk Peserta Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nur, F. M. (2012). Pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran sains kelas V SD pada pokok bahasan makhluk hidup dan proses kehidupan. Jurnal penelitian pendidikan, 13(1), 67-78.

Farenda, M. F. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Literasi Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Literasi Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar.

Tarigan, N. T. (2019). Pengembangan buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat baca siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal Curere, 2(2).

Irawan, D. (2020). Mengembangkan Buku Teks Pelajaran Membaca Berbasis Pendekatan Proses Untuk SD. Jawa Tengah: CV Pena Persada.

Nurgiyantoro, B. (2018). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: GMU Press.

Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Faturrahman, L. Y., Ermiana, I., & Khair, B. N. (2021). Pengembangan Media Kokami Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Pemenang. Progres Pendidikan, 2(1), 55-63.

Dharma, I. M. A. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca Dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53-63.

Sugyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Pendidikan. Yogyakarta: PT RIENEKE CIPTA

Maunah, S. (2019). Pengembangan Cerita Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Materi Bencana Alam (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).

Author Biographies

Aulia Rosyana, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Mataram

Mohammad Liwa Ilhamdi, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram

Nurul Kemala Dewi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).