Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pelajaran IPA

Aulia Rosyana, Mohammad Liwa Ilhamdi, Nurul Kemala Dewi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan produk dan kelayakan dari buku cerita bergambar berbasis pendekatan saintifik kelas V yang sudah dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D yang dibatasi pada 3 tahapan yaitu Define, Design, dan Develop. Sampel dalam penelitian ini adalah 6 peserta didik kelas V SDN 35 Ampenan yang diambil secara acak dan kemudian dijadikan sebagai responden untuk uji coba terbatas. Objek penelitian ini adalah pembelajaran IPA kurikulum 2013 berbasis pendekatan saintifik. Hasil penelitian yaitu dari validator materi mendapatkan kriteria sangat layak, validator media mendapatkan kriteria sangat layak dan penilaian 6 orang peserta didik terhadap buku cerita bergambar berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan mendapatkan kriteria sangat layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa buku cerita bergambar berbasis pendekatan saintifik untuk kelas V SD yang dikembangkan bersifat sangat layak sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran.

Keywords

Pengembangan, Buku Cerita Bergambar, IPA

References

Nasional, D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Language, 188, 22cm.

Ilhamdi, M. L., Novita, D., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(02), 49-57.

Akbar, S. D., A’yun, I. Q., Satriyani, F. Y., Widodo, W., Paranimmita, R., & Ferisa, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahim, F. (2007). Pegajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ermiana, I., Hari, A. H., & Khair, B. N. (2019, November). Pengembangan Media Berdasar Komputer (CBI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III di SDN 12 Ampenan. In Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019 (Vol. 1, No. 1, pp. 297-303).

Wulandari, C. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Pembelajaran Membaca Siswa Kelas 1 SD. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Handriani, L. S., Harjono, A., & Doyan, A. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 210-220.

Saputra, I. M. W. D., Ramdani, A., & Bahri, S. (2020, June). Analisis Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dan Proses Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa SMP Di Lombok Barat. In Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Mataram (Vol. 1, No. 1, pp. 46-51).

Wigianto. (2015). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Untuk Peserta Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nur, F. M. (2012). Pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran sains kelas V SD pada pokok bahasan makhluk hidup dan proses kehidupan. Jurnal penelitian pendidikan, 13(1), 67-78.

Farenda, M. F. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Literasi Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Literasi Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar.

Tarigan, N. T. (2019). Pengembangan buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat baca siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal Curere, 2(2).

Irawan, D. (2020). Mengembangkan Buku Teks Pelajaran Membaca Berbasis Pendekatan Proses Untuk SD. Jawa Tengah: CV Pena Persada.

Nurgiyantoro, B. (2018). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: GMU Press.

Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Faturrahman, L. Y., Ermiana, I., & Khair, B. N. (2021). Pengembangan Media Kokami Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Pemenang. Progres Pendidikan, 2(1), 55-63.

Dharma, I. M. A. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca Dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53-63.

Sugyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Pendidikan. Yogyakarta: PT RIENEKE CIPTA

Maunah, S. (2019). Pengembangan Cerita Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Materi Bencana Alam (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.