Pengembangan Modul Praktikum Kimia Organik I Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Sains
DOI:
10.29303/jpm.v16i2.2474Published:
2021-03-03Issue:
Vol. 16 No. 2 (2021): Maret 2021Keywords:
Pengembangan, Modul, Kimia Organik 1Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Modul praktikum kimia organik 1 untuk pegangan mahasiswa praktikan pendidikan kimia semester 3 telah berhasil dikembangkan. Pengembangan modul telah melalui serangkaian proses validasi ahli, penjaringan respon dosen dan mahasiswa menggunakan instrumen angket, serta pengujian terbatas pada proses pembuatan video praktikum sebagai bahan praktikum virtual mata kuliah kimia organik 1. Pengembangan dilakukan dalam 4 tahapan yakni: tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan), dan tahap disseminate (penyebaran). Modul yang telah dikembangkan dinyatakan valid oleh validator dari segi kelayakan dengan nilai rata-rata sebesar 0,74 dan praktis dengan persentase sebesar 78,93%. Responden memberikan respon sangat positif terhadap modul praktikum kimia organik 1 sehingga modul dinyatakan layak untuk dijadikan sebagai panduan melaksanakan praktikum karena dapat meningkatkan ketrampilan sains mahasiswa.References
Sari, L. S., dan Sani, R. A., (2018). Analisa Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Praktikum Fisika Di MAN 2 Model Medan, Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 4 (4), 11-15.
Fajriyani. (2017). Pengembangan ModulPraktikum Kimia DasarTerintegrasi Ilmu Fisika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika, Skripsi, UIN Alauddin Makassar.
Lubis, A. F., Lubis J. A., dan Lubis M. (2017). PEPRADASE (Pelatihan Praktikum Biologi Dengan Alat Dan Bahan Sederhana), Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (1), 16-21.
Muslim, M., Syuhendri, dan Saparini. (2017). Pengembangan modul Praktikum Elektronik Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa, Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 150-156.
Furqan, H., Yusrizal, dan Saminan. (2016). Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Bukit Bener Meriah, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4 (2): 124-129.
Annisa, N. H., dan Sudarmin, S. (2016). Pengaruh Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Diagram Vee Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10 (1).
Ningsyih, S., Junaidi, E., & Al Idrus, S. W. (2016). Pengaruh Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 11(1).
Yasmin, N., Ramdani, A., & Azizah, A. (2015). Pengaruh metode inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII di SMPN 3 Gunungsari tahun ajaran 2013/2014. Jurnal pijar MIPA, 10(2).
Sapitri, R. D., Hadisaputra, S., & Junaidi, E. (2020). Pengaruh penerapan praktikum berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan literasi sains dan hasil belajar. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 122-129.
Laksmiwati, D., Hadisaputra, S., & Siahaan, J. (2019). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Berbasis Problem Based Learning Untuk Kelas XI SMA. Chemistry Education Practice, 1(2), 36-41.
Islamiati, E. F., Anwar, Y. A. S., & Hakim, A. (2020). Pengembangan Petunjuk Praktikum Kimia Bahan Alam Tentang Isolasi Sinamaldehid dari Kayu Manis. Chemistry Education Practice, 3(2), 104-111.
Fajarianingtyas, D. A., & Hidayat, J. N. (2020). Pengembangan petunjuk praktikum berorientasi pemecahan masalah sebagai sarana berlatih keterampilan proses dan hasil belajar mahasiswa IPA Universitas Wiraraja. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2), 152-163.
Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review (CER), 90-114.
Author Biographies
Rahmawati Rahmawati, Program studi pendidikan kimia FKIP Universitas Mataram
Dwi Laksmiwati, Program studi pendidikan kimia FKIP Universitas Mataram
Syarifa Wahidah Al Idrus, Program studi pendidikan kimia FKIP Universitas Mataram
Aliefman Hakim, Program studi pendidikan kimia FKIP Universitas Mataram
Supriadi Supriadi, Program studi pendidikan kimia FKIP Universitas Mataram
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).