Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Think Talk Write Terintegrasi Kearifan Lokal Berbasis Outcame Based Education (OBE) Melalui Pengunaan Media Online Terhadap Literasi Sains Peserta Didik

Juhaeri'ah Juhaeri'ah, Dadi Setiadi, Baiq Sri Handayani, I Putu Artayasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan antara nilai rata-rata pretest dan postest kemampuan literasi sains dengan menerapkan model pembelajaran think talk write terintegrasi kearifan lokal berbasis outcame based education melalui penggunaan media online peserta didik di SMA Negeri 1 Labuapi; (2) apakah penerapan model pembelajaran think talk write terintegrasi kearifan lokal berbasis outcame based education  melalui penggunaan media online efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik SMA Negeri 1 Labuapi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pra-eksperimen, dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA (26 orang). Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Data dianalisis menggunakan Uji t (paired sample t test) dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan rata-rata pretest dan postest kemampuan literasi sains dengan perolehan rata-rata pretest 31,85 dan posttest 72,65. Hasil perhitungan uji t menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima; (2) penerapan model pembelajaran think talk write terintegrasi kearifan lokal berbasis outcame based education melalui penggunaan media online cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik SMA Negeri 1 Labuapi. Hal ini dibuktikan dari perolehan rata-rata skor N-gain literasi sains sebesar 60,6% termasuk dalam kategori cukup efektif.

Keywords

Think Talk Write, Literasi Sains

References

Abidin, Z., Rumansyah., & Arizona K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64-70.

Asy’ari. (2016). Model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis assessment for learning (AFL) melalui penilaian teman sejawat meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas VIII. Jurnal Pendidikan matematika. 2(2), 116-125.

Eanes, R. 1997. Content Area Literacy: Teaching For Today and Tomorrow. Al-bany: Delmar Publisher.

Sya’ban, F. M. (2014). Kepedulian Lingkungan Dengan Pembelajaran IPA Terintegrasi Kearifan Lokal. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 5(2), 82-86.

Fatmawati, I. N, & Utari, S. (2015). Penerapan Levels Of Inquiry Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP Tema Limbah Dan Upaya Penanggulannya. Edusains. 7(2), 151-159.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Ginawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.

Kartono, H., & Bujang, G. (2010). Penelusuran Budaya dan Teknologi Lokal dalam Rangka Rekonstruksi dan Pengembangan Sains di Sekolahdasar. Pontianak: FKIP Universitas Tanjung pura.

Marheni, N P., & Suardana, I N. (2014). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Budaya Lokal Pada Pembelajaran Sains Kimia SMP. Jurnal Wahana Matematika dan Sains, 8(2), 87-100.

Miles, B. M., & Huberman, A. M. (2007). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Muhsin, L. B., Sukib, & Laksminawati, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berpikir Bierbicara Menulis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Materi Koloid. Jurnal Chemistry Education Practice . 2(2), 37-43.

Nugraheni, N. C., Paidi., & Triatmanto. (2017). Kemampuan Literasi Sains Kelas X SMA Negeri Mata Pelajaran Biologi Berdasarkan Topografi Wilayah Gunung Kidul. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 6(5), 261-271.

OECD. (2019). PISA 2018 Result Combined Executive Summaries Volume I, II, III. New York: Columbia Univerity.

Putriani, I., Suwignyo, H., & Hasanah M. (2017). Prosiding TEP & PDs Transformasi pendidikan Abad 21. Pembelajaran literasi pada siswa sekolah dasar melalui strategi Think Talk Write (TTW). 715-720.

Resdiyanti, I. (2013). Penerapan Model Pembeljaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kritis Dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sumbul. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan.

Rohmawati, E.R.,Wahono, W., & Rudiana, A. (2018). Membangun Kemampuan Literasi Sains Peserta didik Melalui Pembelajaran Berkonteks Socio Scientific Issues Berbantuan Media. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 3(1), 8-14.

Suastra, I. W., & Yasmini, L. P. B. (2013). Model Pembelajaran Fisika Untuk Mengembangkan Kreativitas Berpikir dan Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal Bali. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 221-235.

Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Wirawan, I. K. (2016). Model Pembelajaran Koperatif TTW (Think Talk Write). Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Dan Pemahaman Konsep Konsep Fisika Siswa. Universitas Pendidikan Ganesha Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Pendidikan Fisika.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.