Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Think Talk Write Terintegrasi Kearifan Lokal Berbasis Outcame Based Education (OBE) Melalui Pengunaan Media Online Terhadap Literasi Sains Peserta Didik
DOI:
10.29303/jpm.v16i3.2515Published:
2021-06-02Issue:
Vol. 16 No. 3 (2021): Juni 2021Keywords:
Think Talk Write, Literasi SainsArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan antara nilai rata-rata pretest dan postest kemampuan literasi sains dengan menerapkan model pembelajaran think talk write terintegrasi kearifan lokal berbasis outcame based education melalui penggunaan media online peserta didik di SMA Negeri 1 Labuapi; (2) apakah penerapan model pembelajaran think talk write terintegrasi kearifan lokal berbasis outcame based education ÃÂ melalui penggunaan media online efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik SMA Negeri 1 Labuapi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pra-eksperimen, dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA (26 orang). Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Data dianalisis menggunakan Uji t (paired sample t test) dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan rata-rata pretest dan postest kemampuan literasi sains dengan perolehan rata-rata pretest 31,85 dan posttest 72,65. Hasil perhitungan uji t menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima; (2) penerapan model pembelajaran think talk write terintegrasi kearifan lokal berbasis outcame based education melalui penggunaan media online cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik SMA Negeri 1 Labuapi. Hal ini dibuktikan dari perolehan rata-rata skor N-gain literasi sains sebesar 60,6% termasuk dalam kategori cukup efektif.References
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Ginawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.
Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.
OECD. (2019). PISA 2018 Result Combined Executive Summaries Volume I, II, III. New York: Columbia Univerity.
Fatmawati, I. N, & Utari, S. (2015). Penerapan Levels Of Inquiry Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP Tema Limbah Dan Upaya Penanggulannya. Edusains. 7(2), 151-159.
Wirawan, I. K. (2016). Model Pembelajaran Koperatif TTW (Think Talk Write). Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Dan Pemahaman Konsep Konsep Fisika Siswa. Universitas Pendidikan Ganesha Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Pendidikan Fisika.
Kartono, H., & Bujang, G. (2010). Penelusuran Budaya dan Teknologi Lokal dalam Rangka Rekonstruksi dan Pengembangan Sains di Sekolahdasar. Pontianak: FKIP Universitas Tanjung pura.
Suastra, I. W., & Yasmini, L. P. B. (2013). Model Pembelajaran Fisika Untuk Mengembangkan Kreativitas Berpikir dan Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal Bali. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 221-235.
Miles, B. M., & Huberman, A. M. (2007). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Eanes, R. 1997. Content Area Literacy: Teaching For Today and Tomorrow. Al-bany: Delmar Publisher.
Rohmawati, E.R.,Wahono, W., & Rudiana, A. (2018). Membangun Kemampuan Literasi Sains Peserta didik Melalui Pembelajaran Berkonteks Socio Scientific Issues Berbantuan Media. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 3(1), 8-14.
Putriani, I., Suwignyo, H., & Hasanah M. (2017). Prosiding TEP & PDs Transformasi pendidikan Abad 21. Pembelajaran literasi pada siswa sekolah dasar melalui strategi Think Talk Write (TTW). 715-720.
Nugraheni, N. C., Paidi., & Triatmanto. (2017). Kemampuan Literasi Sains Kelas X SMA Negeri Mata Pelajaran Biologi Berdasarkan Topografi Wilayah Gunung Kidul. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 6(5), 261-271.
Muhsin, L. B., Sukib, & Laksminawati, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berpikir Bierbicara Menulis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Materi Koloid. Jurnal Chemistry Education Practice . 2(2), 37-43.
Resdiyanti, I. (2013). Penerapan Model Pembeljaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kritis Dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sumbul. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan.
Asyââ¬â¢ari. (2016). Model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis assessment for learning (AFL) melalui penilaian teman sejawat meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas VIII. Jurnal Pendidikan matematika. 2(2), 116-125.
Abidin, Z., Rumansyah., & Arizona K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64-70.
Marheni, N P., & Suardana, I N. (2014). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Budaya Lokal Pada Pembelajaran Sains Kimia SMP. Jurnal Wahana Matematika dan Sains, 8(2), 87-100.
Utari, R., Andayani, Y., Savalas, L. R. T., & Anwar, Y. A. S. (2021). Pemanfaatan Hasil Pengembangan Modul Kimia Berbasis Etnosains Untuk Menanamkan Sikap Konservasi Lingkungan di Sekolah MAN 2 Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1).
Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi nilai kearifan lokal (local wisdom) dalam pembelajaran sains sekolah dasar: Literature review. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 151-156.
Syaââ¬â¢ban, F. M. (2014). Kepedulian Lingkungan Dengan Pembelajaran IPA Terintegrasi Kearifan Lokal. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 5(2), 82-86.
Author Biographies
Juhaeri'ah Juhaeri'ah, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP Universitas Mataram
Dadi Setiadi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP Universitas Mataram
Baiq Sri Handayani, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP Universitas Mataram
I Putu Artayasa, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP Universitas Mataram
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).