Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Macromedia Flash Melalui Penggunaan Media Online Terhadap Penguasaan Konsep Biologi Perserta Didik

Authors

Husnul Azizaturrizkina , Mukhlis Mukhlis , I Wayan Merta

DOI:

10.29303/jpm.v16i3.2547

Published:

2021-06-02

Issue:

Vol. 16 No. 3 (2021): Juni 2021

Keywords:

Penguasaan Konsep, Discovery Learning, Macromedia Flash

Articles

Downloads

How to Cite

Azizaturrizkina, H., Mukhlis, M., & Merta, I. W. (2021). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Macromedia Flash Melalui Penggunaan Media Online Terhadap Penguasaan Konsep Biologi Perserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 16(3), 374–380. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i3.2547

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Kemampuan penguasaan konsep merupakan kemampuan yang sangat penting untuk ditingkatkan. Untuk meningkatkannya kemampuan tersebut pada masa covid-19 salah satu inovasi untuk mencapai kemampuan tersebut adalah dengan model pembelajaranà Discovery Learning berbantuan Macromedia Flash melalui penggunaan media online. Model Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang memiliki 6 tahapan pembelajaran yang mampu mendukung tercapainya kemampuan penguasaan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learning berbantuan Macromedia Flash melalui penggunaan media online terhadap penguasaan konsep biologi perserta didikà kelas XIà MIA di SMAN 1 Lingsar. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi exsperiment (eksperimen semu) dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI MIA yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 143 perserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan uji-t (Polled Varians). Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 3,22 > ttabel = 1,99 pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil tersebut dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Macromedia Flash melalui penggunaan media online berpengaruh signifikan meningkatkan penguasaan konsep perserta didik kelas XI MIA di SMAN 1 Lingsar.

References

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajara. Jakarta: Kencana Prebada Media Group.

Sukmadinata, N. S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sanjaya, W. 2010. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prebada Media Group.

Hadisaputra, S., Hakim, A., Muntari., Hadiprayitno, G., & Muhlis. 2018. Pelatihan Peningkatan Keterampilan Guru Ipa Sebagai Role Model Abad 21 Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. 1(2): 274-277.

Guslinda., & Kurnia, R. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jakad Publishing.

Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., & Suastra, I.W. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Genesha Program Studi IPA. 4(1), 1-13.

Tumurun, S.W., Gusrayani, D., & Jayadianta A.K. 2016. Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1): 101-110.

Roestiyah, N. K. 2008. Strategi Belajar Mengajar: Salah Satu UnsurPelaksanaan Strategi Belajar Mengajar: Teknik Penyajian. Jakarta: Rineka Cipta.

Lestari, P., Gunawan & Kosim. 2019. Model Pembelajaran Discovery dengan Pendekatan Konflik Kognitif Berorientasi pada Kemanpuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 5(1):118-123.

Wahyuningsih., Jamaluddin., Karnan. 2015. Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Macromedia Flash Dan Implikasinya Terhadap Keterampilan Metakognitif Dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas VIII SMPN 6 Mataram. Jurnal Pijar MIPA. X (1): 41-46.

Hadiprayitno, G., & Makhrus, M. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash Berorientasi Pembelajaran Ipa Terpadu Tipe Connected. Jurnal Pijar MIPA. 7(2): 42-49.

Krathwohl, D. R. (2002). A revision of Bloomââ¬â¢s taxonomy: An overview. Theory Into Practice. 41(4), 212-218.

Andriyanto. 2012. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Macromedia Flash 8.0 terhadap Hasil Belajar IPASiswa Kelas V di SD Negeri Kebumen 01 Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wancana.

Yusup, M. 2012. Penagruh Penggunaan Media Pembelajaran Macromedia Flash 8.0m terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di SD Negeri Watuagung 01 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wancana.

Permana, G., & Haryudo, S. I. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas XI TIPTL SMK Negeri 1 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 4(3): 1067-1073.

Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., & Suastra, I.W. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Genesha Program Studi IPA. 4(1), 1-13.

Prilliza, M.D., Lestari, N,. Merta, I. W., & Artayasa. 2019. Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar MIPA. 15 (2): 130-134.

Turrahmah. M., Susilawati & Makhrus, M. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Alat Praktikum Usaha Dan Energi Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pijar MIPA. 14(3),118-122.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T,. Gunawan, H., & Paujiah, E. 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 pada Calon Guru: Hambatan, Solusi, dan Proyeksi. Bandung: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati.

WHO. 2020. Coronavirus 2019 Technical Guidance Points Of Entry And Mass Gathrings. Diakses dari: https://www.who.int/emergencies/ diseases/novelconavirus2019technical-guidance/ points-of-entryand-mass-gatherings Pada Hari Rabu, 26 November 2020.

Author Biographies

Husnul Azizaturrizkina, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan PMIPA, FKIP, Universitas Mataram

Mukhlis Mukhlis, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan PMIPA, FKIP, Universitas Mataram

I Wayan Merta, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan PMIPA, FKIP, Universitas Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).