Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend (ICARE) pada Pokok Bahasan Sistem Koloid

Authors

Destri Wahyuni , Rasmiwetti Rasmiwetti , Herdini Herdini

DOI:

10.29303/jpm.v16i3.2560

Published:

2021-06-02

Issue:

Vol. 16 No. 3 (2021): Juni 2021

Keywords:

Sistem Koloid, ICARE, LKPD

Articles

Downloads

How to Cite

Wahyuni, D., Rasmiwetti, R., & Herdini, H. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend (ICARE) pada Pokok Bahasan Sistem Koloid. Jurnal Pijar Mipa, 16(3), 296–301. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i3.2560

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan ditujukan guna mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis ICARE pada pokok bahasan sistem koloid untuk kelas XI SMA/MA sederajat. LKPD berbasis ICARE sebagai objek penelitian tersebut dirancang dan dikembangkan sesuai dengan tahapan model pembelajaran ICARE. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan 4-D. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi dan angket respons pengguna. Luaran penelitian berupa LKPD berbasis ICARE dinyatakan valid berdasarkan aspek kelayakan isi, karakteristik ICARE, kebahasaan, penyajian, dan kegrafisan berturut-turut yaitu 89,81%, 91,67%, 95%, 97,92%, 100%. LKPD berbasis ICARE diuji cobakan kepada guru kimia sebanyak 3 orang dan 20 orang peserta didik dengan perolehan persentase masing-masing sebesar 91,02% dan 80,96% berada pada kriteria sangat baik. LKPD berbasis ICARE yang dikembangkan telah valid dan dapat digunakan pada materi sistem koloid.

References

Sanjaya, W. (2019). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Irianti, M., Zulirfan, Z., & Zaini, A. (2007). Pembelajaran Sains Fisika melalui Pendekatan SETS (Science Environment Technology Society) pada Siswa Kelas VIII MTs Nurul Falah Air Molek. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 1-7.

Hamalik, O. (2001). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Triyono (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Ombak.

Nasional, K. P. (2010). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Andi, P. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.

Jusuf, R., Sopandi, W., Wulan, A. R., & Sa'ud, U. S. (2019). Strengthening Teacher Competency through ICARE Approach to Improve Literacy Assessment of Science Creative Thinking. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(7), 70-83.

Mahdian, M., Almubarak, A., & Hikmah, N. (2019). Implementasi model pembelajaran ICARE (Introduction-Connect-Apply-Reflect-Extend) terhadap keterampilan proses sains pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1).

Djainuddin, S., & Asrullah, M. (2019, December). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis ICARE pada Materi Persamaan Trigonometri Kelas XI. In PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros (Vol. 1, pp. 159-164).

Hamid, A., Ngadimin, N., & Azwi, N. (2020). The Development of Student Worksheet to Support ICARE Learning Model on Optical Equipment Material. Asian Journal of Science Education, 2(1), 56-63.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2007). Model Pengembangan Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Pustaka Ilmu.

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Yamasari, Y. (2010). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT yang berkualitas. In Seminar Nasional Pascasarjana Xââ¬âITS, Surabaya (Vol. 4).

Sastrawan, E., & Yenti, E. (2020). Desain Dan Uji Coba Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Terintegrasi Islam pada Materi Kimia Unsur. JEDCHEM (JOURNAL EDUCATION AND CHEMISTRY), 2(1), 8

Ningthias, D. P., Siahaan, J., & Purwoko, A. A. (2018). Pengaruh Model Quantum Learning Menggunakan Lks Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 2 Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 100-105.

Handayani, E. T. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) pada Materi Penentuan Perubahan Entalpi Untuk SMA/MA. Journal of Research and Education Chemistry, 3(1), 1-1.

Fauziah, N., Hakim, A., & Andayani, Y. (2019). Meningkatkan literasi sains peserta didik melalui pembelajaran berbasis masalah berorientasi green chemistry pada materi laju reaksi. Jurnal Pijar MIPA, 14(2), 31-35.

Author Biographies

Destri Wahyuni, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Riau

Rasmiwetti Rasmiwetti, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Riau

Herdini Herdini, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Riau

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).