Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend (ICARE) pada Pokok Bahasan Sistem Koloid

Destri Wahyuni, Rasmiwetti Rasmiwetti, Herdini Herdini

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan ditujukan guna mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis ICARE pada pokok bahasan sistem koloid untuk kelas XI SMA/MA sederajat. LKPD berbasis ICARE sebagai objek penelitian tersebut dirancang dan dikembangkan sesuai dengan tahapan model pembelajaran ICARE. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan 4-D. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi dan angket respons pengguna. Luaran penelitian berupa LKPD berbasis ICARE dinyatakan valid berdasarkan aspek kelayakan isi, karakteristik ICARE, kebahasaan, penyajian, dan kegrafisan berturut-turut yaitu 89,81%, 91,67%, 95%, 97,92%, 100%. LKPD berbasis ICARE diuji cobakan kepada guru kimia sebanyak 3 orang dan 20 orang peserta didik dengan perolehan persentase masing-masing sebesar 91,02% dan 80,96% berada pada kriteria sangat baik. LKPD berbasis ICARE yang dikembangkan telah valid dan dapat digunakan pada materi sistem koloid.

Keywords

Sistem Koloid, ICARE, LKPD

References

Sanjaya, W. (2019). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Irianti, M., Zulirfan, Z., & Zaini, A. (2007). Pembelajaran Sains Fisika melalui Pendekatan SETS (Science Environment Technology Society) pada Siswa Kelas VIII MTs Nurul Falah Air Molek. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 1-7.

Hamalik, O. (2001). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Triyono (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Ombak.

Nasional, K. P. (2010). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Andi, P. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.

Jusuf, R., Sopandi, W., Wulan, A. R., & Sa'ud, U. S. (2019). Strengthening Teacher Competency through ICARE Approach to Improve Literacy Assessment of Science Creative Thinking. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(7), 70-83.

Mahdian, M., Almubarak, A., & Hikmah, N. (2019). Implementasi model pembelajaran ICARE (Introduction-Connect-Apply-Reflect-Extend) terhadap keterampilan proses sains pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1).

Djainuddin, S., & Asrullah, M. (2019, December). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis ICARE pada Materi Persamaan Trigonometri Kelas XI. In PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros (Vol. 1, pp. 159-164).

Hamid, A., Ngadimin, N., & Azwi, N. (2020). The Development of Student Worksheet to Support ICARE Learning Model on Optical Equipment Material. Asian Journal of Science Education, 2(1), 56-63.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2007). Model Pengembangan Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Pustaka Ilmu.

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Yamasari, Y. (2010). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT yang berkualitas. In Seminar Nasional Pascasarjana X–ITS, Surabaya (Vol. 4).

Sastrawan, E., & Yenti, E. (2020). Desain Dan Uji Coba Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Terintegrasi Islam pada Materi Kimia Unsur. JEDCHEM (JOURNAL EDUCATION AND CHEMISTRY), 2(1), 8

Ningthias, D. P., Siahaan, J., & Purwoko, A. A. (2018). Pengaruh Model Quantum Learning Menggunakan Lks Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 2 Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 100-105.

Handayani, E. T. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) pada Materi Penentuan Perubahan Entalpi Untuk SMA/MA. Journal of Research and Education Chemistry, 3(1), 1-1.

Fauziah, N., Hakim, A., & Andayani, Y. (2019). Meningkatkan literasi sains peserta didik melalui pembelajaran berbasis masalah berorientasi green chemistry pada materi laju reaksi. Jurnal Pijar MIPA, 14(2), 31-35.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.