KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK SMPN 3 MATARAM

Authors

Fitran Sari , Abdul Wahab Jufri , Sridana Sridana

DOI:

10.29303/jpm.v12i2.350

Published:

2017-09-01

Issue:

Vol. 12 No. 2 (2017): September

Articles

Downloads

How to Cite

Sari, F., Jufri, A. W., & Sridana, S. (2017). KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK SMPN 3 MATARAM. Jurnal Pijar Mipa, 12(2), 107–111. https://doi.org/10.29303/jpm.v12i2.350

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan àbahan ajar IPA berbasisà pendekatan SAVIà dalamà meningkatkanà kreativitas peserta didikààà àSMP N 3 Mataram pada materi Sistem àOrganisasi Kehidupan. Populasi àpenelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII berjumlah 172 orang . Sampel àmenggunakan àpeserta didik kelas VII-1 berjumlah 26 orang àsebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas àVII-3 berjumlah 26 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling yaitu Simple Random Sampling . Instrumenà kreativitas terbukti validàààà à( > 0,413)à dan reliabel (>0,80). Data kreativitas peserta didik dikumpulkan dengan tes essay. Rata-rata àskor kreativitas peserta didik yang belajar menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan SAVI adalah 61,48 sedangkan rata-rata skor peserta didik àyang tidak menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan SAVI adalah 30,31. Berdasarkan taraf signifikansi (thit = 5,933> ttabel, = 2,069, p=0.000). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar SAVI efektif untuk àmeningkatkan kreativitas peserta didik.

à

Kata Kunci: bahan ajar. SAVI, kreativitas

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).