PENGEMBANGAN MODEL JURNAL BELAJAR
DOI:
10.29303/jpm.v13i2.584Published:
2018-09-29Issue:
Vol. 13 No. 2 (2018): SeptemberArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model jurnal belajar dan mengetahui respon siswa terhadap jurnal belajar yang telah dikembangkan. Penelitian ini tergolong jenis Research and Development (R&D) yang dilaksanakan dengan mengikuti langkah-langkah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Proses pengembangan terdiri atas tiga tahap yaitu uji ahli, uji kelompok kecil dan uji lapangan terbatas. Model jurnal belajar yang dikembangkan diberi nama model jurnal belajar kotak berhias yang terdiri atas: 1) tampilan jurnal belajar; 2) identitas siswa; 3) petunjuk penulisan jurnal belajar; dan 4) kotak pertanyaan yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan membantu memperkuat memori siswa terhadap materi pelajaran. Subjek uji coba adalah siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Labuapi tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 26 orang. Instrumen dalam penelitian ini terdiri atasÃÂ lembar validasi jurnal belajar dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keempat validator memberi kategori sangat layak untuk digunakan terhadap model jurnal belajar kotak berhias yang telah dikembangkan (skor rata-rata 3,42); 2) sebesar 65,4% siswa memberi respon sangat menarik terhadap kemenarikan tampilan model jurnal belajar kotak berhias dan sisanya sebesar 34,6% memberi respon menarik; dan 3) sebesar 50% siswa memberi respon sangat bermanfaat terhadap kebermanfaatan model jurnal belajar kotak berhias dan 50% lainnya memberi respon bermanfaat. Dapat disimpulkan bahwa model jurnal belajar kotak berhias yang dikembangkan telah layak untuk digunakan dan mendapatkan respon sangat menarik serta bermanfaat.
References
Moon, J. 2010. Learning journals and logs, Reflective Diaries. Center for Teaching and Learning 1 (1):02-29.
Estrada, F. F. dan Rahman, M. A. 2014. Reflective Journal Writing as an Approach to Enhancing studenrsââ¬â¢ Learning Experience. Brunei Darussalam Journal of Technology and Commerce 8 (1): 22-35.
King, T. (2002, July). Development of student skills in reflective writing. In 4th World Conference of the International Consortium for Educational Development in Higher Education, Perth, Australia.
Masui, C., dan De Corte, E. 2005. Learning to Reflect and to Attribute Constructively as Basic Components of Self-Regulated Learning. British Journal of Educational Psychology 75 (3): 351-372.
Davis, E. A. 2000. Scaffolding Studentsââ¬â¢ Knowledge Integration: Prompts for Reflection in KIE. International Journal of Science Education 22 (8): 819-837.
Campbell, L., Campbell, B., dan Dickinson, D. 2002. Teaching and Learning Through Multiple Intelligences. Needham Heights, MA: Allyn and Bacon.
Septiyana, K., Prasetyo, A. P. B., dan Cristijanti W. 2013. Jurnal Belajar sebagai Strategi Berpikir Metakognitif pada Pembelajaran Imunitas. Unnes Journal of Biology Education 2 (1):02-09.
Septiyana, K. 2012. Penerapan Jurnal Belajar Sebagai Strategi Berpikir Metakognitif Pada Materi Sistem Imunitas Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Kajen. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Wahdah, N. F., Jufri, A. W., dan Zulkifli, L. 2016. Jurnal Belajar Sebagai Sarana Pengembangan Kemampuan Metakognisi Siswa. Jurnal Pijar MIPA 11 (1): 70-74.
Graham, B. 1994. Student journals: a window to metacognitive development (Doctoral dissertation, Lethbridge, Alta.: University of Lethbridge, Faculty of Education, 1994).
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).