IMPLEMENTASI TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR IPA
DOI:
10.29303/jpm.v13i2.752Published:
2018-09-29Issue:
Vol. 13 No. 2 (2018): SeptemberKeywords:
Team games tournament, Hasil belajar IPA, Kerjasama siswaArticles
Downloads
Additional Files
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan kerjasama dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 12 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Instrumen tes hasil belajar IPA dan kerjasama siswa di uji validitas dan relialibilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase kerjasama siswa meningkat sebesar 7,09% dari siklus pertama sebesar 75,08 % meningkat menjadi 82,17 % pada siklus kedua. Rata-rata hasil belajar IPA siswa meningkat sebesar 9,28 % dari siklus I 65,30 % meningkat menjadi 75,1%ÃÂ pada siklus kedua.
References
Alamsyah, Bunyamin. (2013). Manajemen Mutu Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta. Jurnal MP, XXVIII, 2 2013/1434, 203-220.
Handayani, F., (2010), Pembelajaran Kooperatif tipe Team Game Tournamnet (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Purwodadi Kabupaten Pasuruan pada Materi Keragaman Bentuk Muka Bumi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2, Oktober 2010
Osviani, R. (2012). Pembelajaran Pytagoras Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Tranfering (REACT) Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edumatica, 2(2),55-56.
Widyastuti, F. (2014). Peningkatan Minat Belajar IPA Melalui Penerapan Strategi Word Square Pada Siswa Kelas V SD Negeri Jetis 02 Sukoharjo Tahun 2013/2014. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 45-46
Wijayanti, A. (2016). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe tgt sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep fisika dasar mahasiswa pendidikan IPA. Jurnal Pijar Mipa, 11(1). 15ââ¬â21.
Yuwono, S. (2016). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Kerja Kelompok Di SD kalilembu Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Penelitian Bahasa Indonesia,2(11),34-35.
Safarina, E. I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tgt Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Kemampuan Kerjasama. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 32-37.
Romdhini, M. U., & Hayati, L. (2009). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Pokok Bahasan Integral Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 4(2).
Ismah, Z., & Ernawati, T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VIII SMP Ditinjau Dari Kerjasama Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 82-85.
Yulianti, R., Muntari, M., & Haris, M. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) dengan pendekatan brain-based learning terhadap hasil belajar kimia materi pokok struktur atom dan sistem periodik unsur pada siswa kelas x sman 1 kediri. Jurnal pijar MIPA, 10(1).
Aryana, I. G. M. R., Al Idrus, A., & Harjono, A. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif NHT dan stad terhadap hasil belajar sikap siswa SMA Negeri 2 Gerung. Jurnal pijar MIPA, 10(2).
Hardini dan Puspitasari. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia.
Sudjana, Nana. (2008). Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production
Majid, Abdul. (2013). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Slavin, Robert. (2005). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Respati, A. D. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi. Jurnal Penelitian UNS. 1 (2), 1-10.
Huda, Miftahul. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Najemi, C. (2014) Upaya Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Tahun Pelajaran 2012/2013.Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Jurnal Natural,11(1), 1-8.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Aksara.
Pratiwi, Y.I. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Interaktif Dalam Bentuk Moodle Untuk Siswa SMP Pada Tema Matahari Sebagai Sumber energi Alternatif. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 26-27.
Wisnu, D. Y. (2014). Model Pembelajaran TGT untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 1, 2.
Van Wyk, M.M..(2011), The Effects of Teams Games Turnament on Achievement, Retention, and Attitudes of Economics Education Students. Jurnal social Science, 26(3):183-193(2011).
Author Biographies
Noni Triowathi, Pendidikan IPA Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Astuti Wijayanti, Pendidikan IPA FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).