EFEKTIFITAS STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH DITINJUAU DARI KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
DOI:
10.29303/jpm.v13i2.753Published:
2018-09-29Issue:
Vol. 13 No. 2 (2018): SeptemberKeywords:
active learning, index card match, keterampilan berkomunikasiArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar IPA kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) perbedaan hasil belajar IPA siswa kelompok keterampilan berkomunikasi tinggi dan rendah, (3) interaksi strategi pembelajaran dan keterampilan berkomunikasi terhadap hasil belajar IPA, (4) efektifitas strategi pembelajaran active learning tipe Index Card Match. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP N 4 Sewon tahun pelajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperiment. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, teknik angket, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan, (1) ada perbedaan hasil belajar IPA yang sangat signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan FA hitung = 44,318 dan p=0,000, (2) ada perbedaan yang sangat signifikan antara hasil belajar IPA pada keterampilan berkomunikasi tinggi dan rendah dengan FB hitung = 259,557 dan p=0,000, (3) ada interaksi yang sangat signifikan antara strategi pembelajaran dan keterampilan berkomunikasi terhadap hasil belajar IPA pada FAB hitung = 7,064 dan p=0,010, (4) rerata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol sehingga strategi pembelajaran active learning tipe Index Card Match lebih efektif.
References
Asmadi, S. H., & Kamila, Y. (2013). Peningkatan Prestasi Belajar Koloid Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match Pada Siswa SMAN 2 Siak Hulu-Riau. Jurnal Pendidikan, 2(2).
Dono, I. O. (2016). Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP Negeri 2 Menganti Gresik. Jurnal BK UNESA, 6(3).
Gayatri, I. G. A. S., Jekti, D. S. D., & Jufri, A. W. (2013). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Dan Strategi Kooperatif Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Awal Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 8(2).
Rachmawati, Y., & Ernawati, T. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 45-50.
Rahmawati, A. D., Rosyidi, A., & Probosari, R. M. (2011). Hasil Belajar Biologi Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match Ditinjau dari Motivasi. Jurnal Pendidikan Biologi, 3(3), 27-40.
Saifuddin, A. 2013. Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Samatowa, U. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.
Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Starndar Pendidikan. Jakarta: Kencana Predana Media.
Situmorang, P. C., & Hasanah, U. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match dengan Card Sort pada Materi Organisasi Kehidupan. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(2).
Suprijono, A. 2012. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Author Biographies
Tias Ernawati, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
Dita Setyawati, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).