Perbedaan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Pada Penerapan Model Pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) dan Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) di Madrasah Aliyah

Authors

Widyastuti Widyastuti , Mahrus Mahrus , Nur Lestari

DOI:

10.29303/jpm.v14i2.972

Published:

2019-06-25

Issue:

Vol. 14 No. 2 (2019): Juni

Keywords:

Model Pembelajaran TTW, Model Pembelajaran SQ4R, Hasil Belajar

Articles

Downloads

How to Cite

Widyastuti, W., Mahrus, M., & Lestari, N. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Pada Penerapan Model Pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) dan Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) di Madrasah Aliyah. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 88–95. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.972

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa Kelas X pada penerapan model pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) den model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) di MA Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Postest Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X MA Al-Aziziyah Putri Gunungsari. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposiveà sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif sebanyak 25 butir soal pilihaan ganda dan 5 butir soal essay, sedangkan untuk mengukur hasil belajar afektif dan psikomotorik digunakan lembar penilaian afektif dan psikomotorik.à Data hasil tes belajar biologi dianalisis menggunakan uji-t separated varians pada taraf kepercayaan 95% dengan bantuan SPSS 17.0 for Windows sehingga diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < ñ = 0,05. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan model pembelajaran SQ4R di MA Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari Tahun Ajaran 2017/2018.

à

References

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Hamdani. 2011. Dasar-Dasar Pendidikan . Bandung : Pustaka Setia.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003,Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Widoyoko, Eko Putra. 2010. Evaluasi Program Pembelajaran.. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Purwanta, I Made Agus. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii B Smp N 3 Susut Pada Pokok Bahasan Ekosistem Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Denpasar : Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Basri, Hasan. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri Simpang Kosgoro Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Lubuk Linggau : STKIP-PGRI Lubuk Linggau.

Kusumaningrum, Diah. 2016. Pengaruh Model Pembelajran Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pokok Fungsi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Wonodadi. Skripsi. Kediri : Ubiversitas Nusantara

Prasetyani, Ulfi Dwi. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran SQ4R (Survey,Question, Read, Reflect, Recite,Review) Melalui Pendekatan Talking Stick Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas Viii Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Di Smp Negeri 31 Semarang. Skripsi. Semarang : Universitas negri Semarang.

Rahayu, Putu Indah. 2014. Model Pembelajaran SQ4R Berbasis Keterampilan Proses Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Letkol Wisnu. Skripsi. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Nanda, Rizky. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite,Review) Pada Pelajaran Ips Sejarah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Smp Empu Tantular Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Semarang : Universitas negri Semarang.

Herliani. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA 8 Samarinda. Skripsi. Samarinda : Universitas Mulawarman.

Rojiah, Neng Siti. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Think, Talk, Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Metakognisis Siswa SMP. e-Journal Universitas Pasuruan FKIP, Vol. 4, No. 2, hal 213-222, Mei 2016.

Rahayu, Putu Indah. 2014. Model Pembelajaran SQ4R Berbasis Keterampilan Proses Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Letkol Wisnu. Skripsi. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Ginting, Ifan Rose. 2017. Pengaruh Penerapan Model SQ4R Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di SDN 060938Medan Johar Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Medan : UNIMED.

Mertinah, Iin. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Labuklinggau Tahun Ajaran 2017/2018. e-Journal Program Pascasarjana Sekolah Tinggi keguruan Labukliung (Volume 4 Tahun 2018).

Author Biographies

Widyastuti Widyastuti, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Mahrus Mahrus, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Nur Lestari, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.