Optimalisasi Gerak Anak melalui Permainan Tradisional Lombok di SD Negeri 1 Kekait Lombok Barat
Authors
Prayogi Dwina Angga , Muhammad Makki , Nurwahidah , I Putu Herry Widhi Andika , RadiusmanDOI:
10.29303/jppm.v8i4.10206Published:
2025-11-23Issue:
Vol. 8 No. 4 (2025): NovemberKeywords:
gerak, permainan, tradisional, sekolah dasarArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Masalah rendahnya aktivitas fisik pada anak usia sekolah dasar sebagai akibat perkembangan teknologi dan penggunaan gadget yang berlebihan menjadi tantangan serius untuk perkembangan fisik, mental, dan sosial mereka. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan solusi yang strategis dan praktis dengan mengenalkan kembali permainan tradisional khas Lombok berbantuan media pop up book sebagai sarana edukasi yang menarik dan mudah dipahami anak. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan melalui empat tahapan utama, diantaranya: (1) penyusunan dan penyediaan media pop up book permainan tradisional khas Lombok di bulan Mei-Juni 2025; (2) pengenalan permainan tradisional khas Lombok menggunakan media pop up book kepada peserta didik pada bulan Juli 2025; (3) praktik permainan tradisional secara langsung pada bulan Agustus 2025 selama empat minggu berturut-turut; dan (4) refleksi dan evaluasi sederhana dengan melibatkan guru dan peserta didik untuk menilai pengalaman dan dampak kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pop up book secara efektif dapat menarik minat dan meningkatkan pemahaman anak, di samping itu praktik langsung juga berhasil mendorong partisipasi aktif, menguatkan keterampilan gerak dasar, serta menanamkan rasa bangga terhadap budaya lokal. Guru dan peserta didik memberikan respon dan dampak yang positif terhadap seluruh rangkaian kegiatan ini. Pengabdian kepada masyarakat ini menjadi solusi yang strategis dan berhasil dalam mendorong peserta didik untuk memiliki sikap dan perilaku hidup aktif, mengokohkan keterampilan motorik dan sosial, serta menghidupkan kembali permainan tradisional khas Lombok sebagai wahana edukasi yang bernilai di sekolah dasar.
References
Agung, M. S. S., Rukmana, A., Universitas Pendidikan Indonesia, Dinangsit, D., & Universitas Pendidikan Indonesia. (2024). Perbandingan Permainanm Tradisional dan Permainan Modern Terhadap Keterampilan Fisik Anak. Jurnal Porkes, 7(2), 884–896.
Ahmed, Md. D., & Leung, W. C. W. (2021). Using Wearable Devices to Enhance Quality of Physical Education for Students. Strategies, 34(2), 54–56.
Al-Amri, A., Abdulaziz, S., Bashir, S., Ahsan, M., & Abualait, T. (2023). Effects of smartphone addiction on cognitive function and physical activity in middle-school children: A cross-sectional study. Frontiers in Psychology, 14.
Apriati, Y., Azkia, L., & Alfisyah, A. (2021). Pendidikan Sosial Budaya Berbasis Permainan Rakyat di Masyarakat Lahan Basah. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 4952–4960.
Arip, M., & Aswat, H. (2021). Media Pop up book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 261–268.
Ariyanto, A., Triansyah, A., & Gustian, U. (2020a). Penggunaan permainan tradisional untuk meningkatkan keterampilan gerak fundamental siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 78–91.
Ariyanto, A., Triansyah, A., & Gustian, U. (2020b). Penggunaan permainan tradisional untuk meningkatkan keterampilan gerak fundamental siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 78–91.
Białkowski, A., Soszyński, P., Stencel, D., & Religioni, U. (2024). Consequences of Insufficient Physical Activity: A Comparative Analysis of Poland and Europe. Medical Science Monitor : International Medical Journal of Experimental and Clinical Research, 30, e942552-1-e942552-9.
Bremer, E., & Cairney, J. (2016). Fundamental Movement Skills and Health-Related Outcomes: A Narrative Review of Longitudinal and Intervention Studies Targeting Typically Developing Children. American Journal of Lifestyle Medicine, 12(2), 148–159. https://doi.org/10.1177/1559827616640196
Butarbutar, N. C., Hasibuan, A. M., Utami, N. D., Annisa, S., & Siddik, F. (2024). Efektivitas Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan dan Biologi, 1(3).
Cheong, J. P. G., & Hussain, B. (2024). Practicing traditional cultural games skills according to random and game-based practice schedules can improve gross motor skills performance. Frontiers in Psychology, 15.
D’Anna, C., Forte, P., & Pugliese, E. (2024). Trends in Physical Activity and Motor Development in Young People—Decline or Improvement? A Review. Children, 11(3), 298. https://doi.org/10.3390/children11030298
Dike, I. M., Putra, M. F. P., & Wandik, Y. (2023). Gerak dasar dan permainan tradisional. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 22(4), 209.
Dobell, A. P., Faghy, M. A., Pringle, A., & Roscoe, C. M. P. (2023). Improving Fundamental Movement Skills during Early Childhood: An Intervention Mapping Approach. Children, 10(6), 1004.
Dzakiyyah, D. M. N., Widiyanto, Susanto, N., Nurhuda, P., Pavlovic, R., & Fauziah, D. N. (2024). Efektifitas Permainan Tradisional pada Perkembangan Motorik Anak Pra-Sekolah: Literatur Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(3).
Fajriani, A., Evitasari, A. D., & Pd, M. (2024). Media Pembelajaran Pop up book dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. DIKDASTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(2), 29–38.
Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. JURNAL RAUDHAH, 4(2), Article 2.
Fitriani, C., Amaluddin, Z., & Nurhakim, L. (2024). The Influence of Gadgets on Child Development. COSMOS: Journal of Education, Economics, and Technology, 1(2), 8–14.
Gumelar, A. I., & Sujarwo. (2025). The Correlation Between Gadget Usage Intensity, Physical Activity, and Body Mass Index on Motor Competence Among Junior High School Students. INTERNATIONAL JOURNAL OF MULTIDISCIPLINARY RESEARCH AND ANALYSIS, 08(08), 4663–4671.
Handoyo, E., Hermanto, F., Tanggur, F. S., & Wisnuwardana, I. G. W. (2025). Permainan Tradisional Sebagai Ruang Belajar Sosial: Refleksi Siswa Terhadap Pembentukan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah Dasar. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 4(3), 379–393.
Hao, Z., & Cui, J. (2025). Assessing the relationship between digital technology use and physical health, fitness, and exercise levels among Chinese youth: The moderating effect of parental monitoring. PLOS One, 20(6), e0324705. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0324705
Harliawan, M., Temmassonge, A., & Ilahi, R. (2024). Implementasi Fundamental Movement Skills (FMS) Pada Anak Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(1), 138–146. https://doi.org/10.30605/cjpe.7.1.2024.3663
Harold W. Kohl, I. I. I., Cook, H. D., Environment, C. on P. A. and P. E. in the S., Board, F. and N., & Medicine, I. of. (2013). Physical Activity and Physical Education: Relationship to Growth, Development, and Health. Dalam Educating the Student Body: Taking Physical Activity and Physical Education to School. National Academies Press (US). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK201497/
Hidasari, F. P., & Bafadal, M. F. (2021). Anthropometry profile and pattern of gadget playing activity for preschoolers. Journal Sport Area, 6(2), 209–217. https://doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(2).6326
Hu, Y., Zhao, L., Sui, W., & Gao, Y. (2025). Research on the mechanism of the impact of physical activity on negative emotions of middle school students, and the chain mediating role of social competence and interpersonal relationships. Frontiers in Psychology, 16. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2025.1577987
Hussain, B., & Cheong, J. P. G. (2022). Improving gross motor skills of children through traditional games skills practiced along the contextual interference continuum. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.986403
Jaksic, D., Mandic, S., Maksimovic, N., Milosevic, Z., Roklicer, R., Vukovic, J., Pocek, S., Lakicevic, N., Bianco, A., Cassar, S., & Drid, P. (2020). Effects of a Nine-Month Physical Activity Intervention on Morphological Characteristics and Motor and Cognitive Skills of Preschool Children. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(18), 6609.
Jalilah, S. R. (2021). Analisis Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Fisik dan Perubahan Perilaku pada Anak Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 28–37.
Jing, J.-Q., Jia, S.-J., & Yang, C.-J. (2024). Physical activity promotes brain development through serotonin during early childhood. Neuroscience, 554, 34–42.
Joni Alpen, Leni Apriani, Rezki, & Ahmad Rahmadani. (2023). Belajar Gerak Dasar Melalui Permainan Tradisional (Pertama). PENERBIT INSAN CENDEKIA MANDIRI (PT. INSAN CENDEKIA MANDIRI GROUP).
Jonkenedi. (2017). Penggunaan Media Tiga Dimensi Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(6), 590–598.
Koolwijk, P., Hoeboer, J., Mombarg, R., Savelsbergh, G. J. P., & de Vries, S. (2024). Fundamental movement skill interventions in young children: A systematic review. International Journal of Sport and Exercise Psychology, 22(7), 1661–1683.
Latino, F., & Tafuri, F. (2023). Physical Activity and Academic Performance in School-Age Children: A Systematic Review. Sustainability, 15(8), 6616.
Lestari, D. A., & Farhurohman, O. (2020). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas IV MIN 1 Serang. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 12(02), 155–166.
Ługowska, K., Krzęcio-Nieczyporuk, E., Trafiałek, J., & Kolanowski, W. (2024). The Impact of Increased Physical Activity at School on the Nutritional Behavior and BMI of 13-Year-Olds. Nutrients, 16(24), 4329.
Lumbantobing, D. W. J., Syahara, N., Sigalingging, N. W., Purba, R. N., & Siregar, F. S. (2024). Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Perkembangan Motorik Pada Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan dan Biologi, 1(4), 1–11.
Manjani, N., & Manurung, C. S. L. (2025). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Aktivitas Fisik Siswa Kelas 4 Negeri Medan. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 13(8), 41–50.
Marzuki, F., & Budiyono. (2019). Pengaruh Permainan Tradsional dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Terhadap Keterampilan Motorik Siswa SD (Studi pada siswa kelas V SD Negeri 01 Urek-urek Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang). JPGSD, 07(07), 3753–3763.
Mauidah, S., Nusantara, T., Arifin, S., Anggraini, A. E., & Faizah, S. (2025). Pop-Up Book as a Science Learning Media to Improve Visualization Abilities and Understanding of Science Concepts in SDN Pandanrejo II. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(4), 24–34.
Maulia, R. (2024, Juni 9). Anak Kecanduan Gadget, Mengapa dan Bagaimana Mengatasinya? https://kanal.psikologi.ugm.ac.id/anak-kecanduan-gadget-mengapa-dan-bagaimana-mengatasinya/
Maulida, N., & Syamsuyurnita, S. (2025). Implementasi Media Pop up book untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pengenalan Budaya Indonesia di Sanggar Bimbingan Kampung Bharu Malaysia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(2), 880–888.
Mujahid, A., Handayani, W., & Imansyah, F. (2023). The Negative Effect of Gadget on Students’ Physical Fitness. Journal of Social Work and Science Education, 4(3), 155–161.
Muller, K., Dionisio, A. G., & Park, S. (2023). Pengetahuan dan Kebiasaan Daring Orang Tua dan Anak-Anak di Indonesia: Sebuah Studi Dasar 2023. UNICEF Indonesia. https://www.unicef.org/indonesia/id/media/23591/file/pengetahuan-kebiasaan-daring-orang-tua-anak-Indonesia-studi-dasar-2023.pdf
Mustakim, M. (2021). Pewarisan Permainan Tradisional Pada Anak Usia Dini Sebagai Sarana Rekreatif, Kompetitif dan Edukatif. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), 3(1), 51.
Muzaki, Moch., Khasanah, L. A. I. U., & Mudayan, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Pop- Up Book untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 4 di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10608–10614.
Nisa, A. C., & Darmawan, A. (2025). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Motorik Kasar Siswa Kelas I dan II Sekolah Dasar Negeri Tawangsari 01 Kabupaten Blitar. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 9(1), 64–79.
Nurbaiti, Nasmi, & Marniati. (2025). Literature Review: Dampak Gadget terhadap Kesehatan Fisik dan Mental Anak. Antigen: Jurnal Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Gizi, 3(3), 107–125.
Nurwiyanto, A. D., Kumaat, N. A., & Wijaya, F. J. M. (2021). Traditional Games in Enhancing Development Children’s Gross Motoric: Literature review.
Park, J. H., Moon, J. H., Kim, H. J., Kong, M. H., & Oh, Y. H. (2020). Sedentary Lifestyle: Overview of Updated Evidence of Potential Health Risks. Korean Journal of Family Medicine, 41(6), 365–373.
Pratama, N. Z. (2020). Nilai-nilai Permainan Tradisional di Sekolah Dasar Negeri 09 Sungai Pangkur. Nilai-nilai Permainan Tradisional di Sekolah Dasar Negeri 09 Sungai Pangkur, 7(2), 128–155.
Presta, V., Guarnieri, A., Laurenti, F., Mazzei, S., Arcari, M. L., Mirandola, P., Vitale, M., Chia, M. Y. H., Condello, G., & Gobbi, G. (2024). The Impact of Digital Devices on Children’s Health: A Systematic Literature Review. Journal of Functional Morphology and Kinesiology, 9(4), 236.
Prima, E., & Lestari, P. I. (2025). Pengaruh Penerapan Permainan Tradisional Rangku Alu Terhadap Motorik Kasar Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 75–82.
Puspitasari, R. N. (2025). The Use of Gadgets in Early Childhood: A Literature Review of Benefits and Risks. JECER: Journal of Early Childhood Education Research, 1(1), 39–45.
Rahmawati, D. I., & Rukiyati, R. (2018). Developing Pop-Up Book Learning Media to Improve Cognitive Ability of Children Aged 4-5 Years. Proceedings of the 4th International Conference on Early Childhood Education. Semarang Early Childhood Research and Education Talks (SECRET 2018). Proceedings of the 4th International Conference on Early Childhood Education. Semarang Early Childhood Research and Education Talks (SECRET 2018), Semarang, Indonesia.
Rezeky, D. S., & Zendrato, R. J. (2023). The Impact of Gadget Use on Motor and Intellectual Development in Elementary School Children. International Journal of Students Education, 1(2), 178–183.
Sari, E., & Putri, A. D. S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 150–157.
Sari, M., & Ladiku, F. (2025). Permainan Tradisonal Kalari untuk Melatih Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini dan Kewarganegaraan, 2(3), 112–120.
Setiawati, Y., & Fithriyah, I. (2020). Deteksi Dini dan Penanganan Kecanduan Gawai pada Anak. Penerbit Airlangga University Press. https://repository.unair.ac.id/116386/2/C18-Artikel.pdf
Steckenleiter, C. (2025). Effects of physical activity on cognition in children and adolescents: From core concepts to findings and implementation in practise. Sports Economics Review, 9, 100048.
Sukniasih, Wardani, S., & Saptono, S. (2023). Development of Pop-Up Books in Improving Reading Skills through an Inquiry Learning Model in Grade I Elementary School Students. International Journal of Research and Review, 10(7), 307–314.
Sumayana, Y., Akbar, A., & Marlina, D. (2021). Penggunaan Media Pop up book Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Materi Karakteristik Geografis Indonesia: Bahasa Indonesia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 2076–2081.
Tius, I. S. (2024). Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif, 8(1), 18.
Tjahjono, C. T., & Arthamin, M. (2024). Sedentary Lifestyle as a Leading cause of Some Diseases and Disability. Clinical and Research Journal in Internal Medicine, 5(1), 60–85.
Utsman, A. F., Ni’mah, R., & Rohana, R. (2018). Peran Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Di RA Al Fattah Pacing Parengan Tuban. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 132–141.
Wang, G., Zi, Y., Li, B., Su, S., Sun, L., Wang, F., Ren, C., & Liu, Y. (2022). The Effect of Physical Exercise on Fundamental Movement Skills and Physical Fitness among Preschool Children: Study Protocol for a Cluster-Randomized Controlled Trial. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(10), 6331.
WHO, W. (2020). WHO Guidelines on Physical Activity and Sedentary Behaviour (1st ed). World Health Organization.
World Health Organization, W. H. Organization. (2020). WHO guidelines on physical activity and sedentary behavior: Evidence profiles. World Health Organization. https://iris.who.int/bitstream/handle/10665/336656/9789240032170-rus.pdf
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936.
Yin, X., Zhang, D., Shen, Y., Wang, Y., Wang, Z., & Liu, Y. (2025). Effectiveness of school-based interventions on fundamental movement skills in children: A systematic review and meta-analysis. BMC Public Health, 25(1), 1522.
Yusroni, Moh., & Alimah, S. (2023). Stimulasi Keterampilan Motorik Anak Melalui Permainan Tradisional. Citius : Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, 3(2), 155–162.
Zaragas, H., Fragkomichelaki, O., Geitona, M., Sofologi, M., Papantoniou, G., Sarris, D., Pliogou, V., Charmpatsis, C., & Papadimitropoulou, P. (2023). The Effects of Physical Activity in Children and Adolescents with Developmental Coordination Disorder. Neurology International, 15(3), 804–820.
Zhang, X., Tang, C., Geng, M., Li, K., Liu, C., & Cai, Y. (2025). The effects of active play interventions on children’s fundamental movement skills: A systematic review. BMC Pediatrics, 25(1), 40.
Zou, L., Wang, T., Herold, F., Ludyga, S., Liu, W., Zhang, Y., Healy, S., Zhang, Z., Kuang, J., Taylor, A., Kramer, A. F., Chen, S., Tremblay, M. S., & Hossain, M. M. (2023). Associations between sedentary behavior and negative emotions in adolescents during home confinement: Mediating role of social support and sleep quality. International Journal of Clinical and Health Psychology, 23(1), 100337.
Zulwati, P. R., Fatmawati, F. A., & Agustina, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop up book Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5- 6 Tahun di TK ABA 42 GBA. Jurnal Golden Age, 6(2).
Author Biographies
Prayogi Dwina Angga, Universitas Mataram
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Muhammad Makki, Universitas Mataram
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Nurwahidah, Universitas Mataram
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
I Putu Herry Widhi Andika, Universitas Mataram
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Radiusman, Universitas Mataram
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
License
Copyright (c) 2025 Prayogi Dwina Angga, Muhammad Makki, Nurwahidah, I Putu Herry Widhi Andika, Radiusman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).


