Penguatan Literasi Digital Calon Guru SD/MI melalui Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Quizizz
Authors
Maimun Maimun , Bahtiar , Zuhrupatul Jannah , Ibrahim IbrahimDOI:
10.29303/jppm.v8i4.10297Published:
2025-11-22Issue:
Vol. 8 No. 4 (2025): NovemberKeywords:
Literasi digital, media pembelajaran interaktif, quizizz, kompetensi pedagogikArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Perkembangan teknologi digital menuntut calon guru SD/MI memiliki literasi digital yang memadai agar mampu merancang dan mengimplementasikan pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar calon guru masih mengalami keterbatasan dalam menguasai media digital yang sesuai dengan karakteristik peserta didik sekolah dasar. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan literasi digital calon guru SD/MI melalui workshop pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Quizizz, khususnya pemanfaatan fitur lesson. Kegiatan dilaksanakan pada 2 September 2025 di Kampus UIN Mataram dengan melibatkan calon guru PGMI FTK sebagai subjek. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) dengan tahapan persiapan, pelaksanaan workshop, pendampingan, serta evaluasi melalui observasi dan angket respon peserta. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman, keterampilan, dan motivasi calon guru dalam mengintegrasikan media interaktif ke dalam praktik pembelajaran. Respon peserta juga menggambarkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap materi, metode penyampaian, serta relevansi kegiatan dengan kebutuhan mereka. Temuan ini menegaskan urgensi pelaksanaan pelatihan berkelanjutan untuk mempersiapkan calon guru menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21 serta memperkuat kompetensi digital sebagai bekal profesionalitas mereka di masa depan.
References
Akbar, J. S., & Djakaria, D. (2023). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis android menggunakan pendekatan inkuiri untuk menguatkan technological pedagogical and content knowledge (TPACK) calon guru. Oxygenius: Journal Of Chemistry Education, 5(1), 46-53.
Azhar, M., Wahyudi, H., & Yolanda, D. (2024). Integrasi teknologi dalam buku ajar: menyongsong keterampilan abad 21. Uluwwul Himmah Educational Research Journal, 1(1), 43-55.
Bahtiar, B., Maimun, M., Suranti, N. M. Y., Alimuddin, N., Wahyuningsih, B. Y., & Hasnawati, H. (2024). Pelatihan Penggunaan Phet Simulation Untuk Meningkatkan Keterampilan IPA Calon Guru SD Tahun 2024. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 4(1), 33-38.
Faridha, N., Adisiswanto, A. E., & Rahman, M. (2025). Inovasi media pembelajaran digital berbasis book creator untuk meningkatkan literasi digital guru sekolah dasar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 6(3), 842-852.
Harti, Y. P., Agustin, A., & Sari, L. (2025). Model Evaluasi Adaptif Berbasis Computational Thinking untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Calon Guru di Era Digital (Studi Kasus Pada Mahasiswa PPG): An Adaptive Evaluation Model Based on Computational Thinking to Improve the Pedagogical Competence of Prospective Teachers in the Digital Era (Case Study of PPG Students). Economic and Education Journal (Ecoducation), 7(2), 426-442.
Ibrahim, I., & Suranti, N. M. Y. (2024). The trend ethnopedagogy research as contribution in elementary science learning in the era of industrial revolution 4.0. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 642-652.
Ibrahim, I., Nurwahidah, N., Suranti, N. M. Y., & Alimuddin, N. (2024). Exploring the Potential of Educational Android Games for Prospective Elementary School Teachers: A Response. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(2), 366-375.
Ibrahim, I., Syazali, M., & Putra, G. P. (2024). Analyzing Early Feedback: Survey Findings from Elementary Teacher Candidates for AI Comic Development Training Workshop. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(1), 224-230.
Jaunah, J. (2024, November). Strategi Pembelajaran dan Implementasi Dalam Pendidikan Profesi Guru: Menghadapi Tantangan di Era Digital. In Prosiding Seminar Nasional Ppg Universitas Mulawarman (Vol. 5, pp. 93-100).
Jumrawati, J., & Lina, K. (2025). Tinjauan kompetensi profesional guru bersertifikat pendidik terhadap efektivitas pembelajaran. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 11(1), 150-160.
Kartika, L., Novianti, W., & Nizar, M. A. K. (2024). Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran PAI Berbasis Teknologi Pendidikan Di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi Kab. Serdang Bedagai. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 296-301.
Nisak, S. K., & Rahmah, L. U. (2024). Strategi peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan berbasis teknologi informasi. PENA: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(01), 15-21.
Oktiningrum, W. (2025). Peran Literasi Digital dalam Pengembangan Kompetensi Calon Guru Sekolah Dasar. Hikmah: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(2), 331-341.
Pebriana, P. H., Rosidah, A., & Nurhaswinda, N. (2025). Peningkatan Literasi Digital Guru untuk Pembelajaran Berbasis Teknologi di Era Digital. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(1), 137-148.
Putri, A. M., Anita, R. A., Aji, B., Fauziyah, N. N., Azzahra, H., Arifa, N. N., ... & Achmaluddin, N. (2025). Inovasi Pengabdian Masyarakat melalui Pemberdayaan Keterampilan dan Pelestarian Lingkungan yang Berkelanjutan. Nusantara Community Empowerment Review, 3(1), 48-52.
Putri, L., Mujib, A., & Putri, D. A. P. (2022). Pengaruh Pelatihan Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 89-99.
Rahayuningsih, Y. S., & Muhtar, T. (2022). Pedagogik digital sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru abad 21. Jurnal Basicedu, 6(4), 6960-6966.
Rakhman, P. A., Salsyabila, A., Nuramalia, N., & Gustiani, P. E. (2024). Meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Cilampang melalui media pembelajaran digital dan konvensional. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 5(2), 615-622.
Robandi, B., Rusman, R., Setiasih, O., & Setiawardani, W. (2022). Pedagogik Kritis Berbasis Digital Learning Dan Big Data untuk Meningkatkan Literasi Digital Pendidik Di Kabupaten Indramayu. Abdimas Siliwangi, 5(1), 159-169.
Setyaningsih, K., Hardiana, Y., & Kanada, R. (2024). Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator dalam Mendorong Minat dan Semangat Kerja Pegawai. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4 Nopember), 5007-5018.
Syarifuddin, S., Ilham, I., Anhar, A. S., Abdussahid, A., Umar, U., Ramadhan, S., & Kaharudin, K. (2024). Pemanfaatan media dan sumber belajar digital melalui kegiatan workshop pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bima. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 68-75.
Syazali, M., Zain, M. I., Affandi, L. H., Ibrahim, I., Putra, G. P., Suranti, N. M. Y., & Amrullah, L. W. Z. (2025). Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Komik Berbasis Artificial Intelligence (AI) Pada Calon Guru SD. Indonesian Journal of Education and Community Services, 5(1), 15-25.
License
Copyright (c) 2025 Maimun Maimun, Bahtiar, Zuhrupatul Jannah, Ibrahim Ibrahim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).


