IMPLEMENTASI CLIL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JERMAN DI SMA SEBAGAI UPAYA PENCAPAIAN SDGs
Authors
Dewi Kartika Ardiyani , Duddy Syafruddin , Edy Hidayat , Edy Hidayat , Primardiana Hermilia Wijayati , Rofi'ahDOI:
10.29303/jppm.v6i4.6081Published:
2023-11-30Issue:
Vol. 6 No. 4 (2023): NovemberKeywords:
Bahasa Jerman, CLIL, SDGsArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan kurangnya penggunaan Bahasa Jerman di kelas Bahasa Jerman serta kurangnya penguasaan materi dan kompetensi metodik didaktik guru Bahasa Jerman SMA dengan mengimplementasikan Content and Language Integrated Learning (CLIL). Metode yang digunakan adalah membuat rancangan pembelajaran berbasis CLIL yang diimplementasikan melalui workshop 1-4 menggunakan prototype yang telah disiapkan, lalu melakukan observasi selama penerapan, mengumpulkan data responden, melakukan evaluasi dan diskusi hasil kerja. Peserta workshop sekaligus responden penelitian ini adalah guru-guru Bahasa Jerman SMA di Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa CLIL dapat diimplementasikan dengan baik dan lancer. Hasil positif ditunjukkan dalam setiap poin angket yang terdiri dari kebermanfaatan, kesesuaian materi, harapan peserta, keterpenuhan harapan peserta, keaktifan peserta, dan hal yang berkaitan dengan teknis pelaksanaan kegiatan. Implementsasi CLIL dapat meningkatkan penguasaan materi dan kompetensi metodik didaktik guru bahasa Jerman, sehingga pembelajaran bahasa Jerman menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Dengan demikian, siswa senang mempelajarinya dan kompetensi yang dituntut oleh kurikulum dapat tercapai dengan hasil memuaskan. Pada akhirnya, kita dapat turut berkontribusi dalam upaya mencapai target SDGs poin ke 4 yakni pendidikan berkualitas.
References
Amiroh, B., Ginting, D., & Fortunasari, C. (2020). Penerapan content and language integrated learning (clil) pada pelajaran matematika di tingkat pendidikan dasar di indonesia. Klausa (Kajian Linguistik, Pembelajaran Bahasa, Dan Sastra), 4(02)
Ardiyani, D. K., & Rofi’ah. (2021). Learners’ German Speaking Difficulties: A Case Study in Indonesia. 51–56.
Ardiyani, D. K., & Rofiáh. (1). The Evaluation of Exam Preparation for Reading Skills by Indonesian Daf-Teachers. Nusantara Science and Technology Proceedings, 37–43.
Ardiyani, D. K., Wijayanti, P. H., Hidayat, E., & Afifah, L. (2022). Pelatihan bahasa jerman tingkat a2 standar kemampuan berbahasa eropa (cefr) secara daring bagi guru-guru bahasa jerman se jawa timur. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(1),
Bappenas. (t.t.-a). Sdgs. Diambil 9 Februari 2023, dari https://sdgs.bappenas.go.id/
Bappenas. (t.t.-b). Tujuan-4. Diambil 10 Februari 2023, dari https://sdgs.bappenas.go.id/tujuan-4/
Cindy Kalista, F., & Rosyidah, R. (2020). Bahasa guru dalam pembelajaran bahasa jerman di sma. Prosodi, 14, 119–130.
Dafouz, E., Llinares, A., & Morton, T. (2010). CLIL across contexts: A scaffolding framework for CLIL teacher education. Viewz (Vienna English Working Papers), 19, 12–20.
Goethe.de. (t.t.-a). KINDERUNI DI SEKOLAH. Diambil 9 Februari 2023, dari https://www.goethe.de/ins/id/id/spr/unt/kum/gku/leh.html
Goethe.de. (t.t.-b). Leitfaden: MINT und CLIL im daf Unterricht. Diambil 8 Februari 2023, dari https://www.goethe.de/de/spr/unt/kum/clg.html
Graham, K. M., Choi, Y., Davoodi, A., Razmeh, S., & Dixon, L. Q. (2018). Language and Content Outcomes of CLIL and EMI: A Systematic Review. Latin American Journal of Content & Language Integrated Learning, 11(1), 19–38.
Kamumu, N. (2020). Implementasi content and language integrated learning (clil) dalam pembelajaran bahasa lintas kurikulum. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2, 750–757.
Lasagabaster, D., & Doiz, A. (2016). CLIL students’ perceptions of their language learning process: Delving into self-perceived improvement and instructional preferences. Language Awareness, 25.
Muti’ah, A. (2020). Pendekatan content and language integrated learning (clil) dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah menengah kejuruan (smk): belajar berbahasa melalui materi peminatan. Fkip e-proceeding, 1–16.
Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (sdgs). Jurnal Basicedu, 6(4),.
Pribadi, R. E. (t.t.). Implementasi sustainable development goals (sdgs) dalam meningkatkan kualitas pendidikan di papua. 5.
Putera S, Z. A., & Setianingsih, R. (2017). Penerapan pendekatan content and language integrated learning (clil) pada materi lingkaran di kelas viii smp. Mathedunesa, 6(3).
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (sdgs). Jurnal Basicedu, 6(4),
Wijayati, P. H., Rofi’ah, R., & Ayub, A. F. M. (2018). “My lecturer’s expressionless face kills me!” An evaluation of learning process of German language class in Indonesia. REID (Research and Evaluation in Education), 4(2),
Yufrizal, H. (2020). Aplikasi content language integrated learning (CLIL) berbasis proyek terhadap peningkatan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa. Aksara: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 21(2),
License
Copyright (c) 2023 Dewi Kartika Ardiyani, Duddy Syafruddin, Edy Hidayat, Edy Hidayat, Primardiana Hermilia Wijayati, Rofi'ah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).