Mewujudkan Pembelajaran IPA yang Imersif dan Interaktif melalui Workshop Virtual Reality Millealab bagi Guru Sekolah Dasar
Authors
Ani Anjarwati , Ryzca Siti Qomariyah , Dinar Ayu Prameswari , Serly Nurul Laili , Pepilian Dwi Retno WahyuningrumPublished:
2025-11-30Issue:
Vol. 8 No. 4 (2025): NovemberKeywords:
Virtual Reality, Pembelajaran IPA, Guru Sekolah Dasar, Literasi DigitalArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dan kompetensi pedagogis guru sekolah dasar melalui sosialisasi/workshop penggunaan Virtual Reality (VR) MilleaLab dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Latar belakang program ini adalah rendahnya integrasi teknologi digital dalam pembelajaran IPA di SD MIM Muhammadiyah 1 Probolinggo, yang berdampak pada terbatasnya partisipasi aktif dan pemahaman konseptual siswa. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan participatory and experiential learning dengan tahapan kegiatan meliputi persiapan, sosialisasi, dan pendampingan implementatif. Kegiatan melibatkan 12 peserta guru yang aktif mengikuti sesi praktik, mulai dari pengenalan konsep VR hingga penggunaan konten pembelajaran berbasis MilleaLab. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 80% peserta mampu menguasai keterampilan dasar penggunaan VR dan menunjukkan peningkatan dalam pemahaman konsep pembelajaran digital. Selain peningkatan kemampuan teknis, kegiatan ini juga menumbuhkan perubahan paradigma pedagogis guru dari pembelajaran konvensional menuju pembelajaran yang imersif dan eksploratif. Temuan ini mengindikasikan bahwa pelatihan VR MilleaLab efektif sebagai model pengembangan profesional guru yang relevan dengan tuntutan era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Program ini direkomendasikan untuk direplikasi di sekolah dasar lain dengan dukungan pendampingan lanjutan dan pengembangan konten VR yang kontekstual agar tercipta ekosistem pembelajaran digital yang berkelanjutan.
References
Adika, D., Arsyad, M., Akmal, S., Sahetapy, M., Nurkhamidah, N., Muntafi'ah, L N., ... & Larekeng, S. H. (2024). Teknologi Pembelajaran di Era Society 5.0. Penerbit Mifandi Mandiri Digital, 1(01).
Alkahfi, M. I., Mastur, M., & Utama, A. H. (2024). Utilization Of The Millealab Application As A Virtual Reality Media To Support Self-Directed Learning. Eduvest-Journal of Universal Studies, 4(4), 2090-2103
Anjarwati, A., Alahmani, V. F. A., Agustin, W., Fitria, L. N., & Dewi, N. A. L. (2023). Upaya meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan media PowerPoint berbasis Montessori pada materi sistem pencernaan kelas V di SDN Kalisalam II. Jurnal Kiprah, 11(2), 71–77.
Anjarwati, A., Pramesti, A., Karimah, I., Volvariella, V., & Nanda, D. (2023). Making 3D learning media by utilizing pop up book as a form of collaboration with teachers in SDN Triwung Kidul 1 Probolinggo City. Gandring: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1075–1086.
Azmi, M. N., Mansur, H., & Utama, A. H. (2024). Potensi Pemanfaatan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Di Era Digital, Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 211-226.
Chambers, R. (1994). Participatory rural appraisal (PRA): Analysis of experience. World Development, 22(9), 1253–1268.
Darmayanti, M., & Amalia, A. (2024). Bahan ajar digital dalam pembelajaran di sekolah dasar: Analisis bibliometrik dan systematic literature review. SITTAH: Journal of Primary Education, 5(1), 45–60.
Fitrianti, E., & Annur, S. (2024) Revolusi Industri 4.0: Inovasi dan Tantangan. dalam Pendidikan di Indonesia, Journal of Education and Culture, 4(1), 28-35.
Gambo, Y., & Shakir, M. (2022). Virtual reality as a learning tool in teacher education: An experiential perspective. Education and Information Technologies, 27(9), 12345–12360.
Handayani, F. L., Putri, D. A., Fahrunisa, S. A., & Lestari, E. (2023). Analisis penggunaan teknologi pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 87–95.
Harianto, A., & Sakban. (2024). Pemberdayaan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 dalam Penggunaan Media Digital pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Progressive of Cognitive and Ability, 3(2), 126–136.
Iddian, S. (2025), Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat Menuju Indonesia Emas tahun 2045. Arriyadhah, 22(1), 17-25.
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2023). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2023 tentang Standar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbudristek%20Nomor%207%20Tahun%202023.pdf
Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
Lara-Álvarez, C. A., Parra-González, E. F., Ortiz-Esparza, M. A., & Cardona-Reyes, H. (2023). Effectiveness of virtual reality in elementary school: A meta-analysis of controlled studies. Contemporary Educational Technology, 15(4), ep459.
Lin, X. P., Li, B. B., Yao, Z. N., Yang, Z., & Zhang, M. (2024). The impact of virtual reality on student engagement in the classroom – A critical review of the literature. Frontiers in Psychology, 15, 1360574.
Nugraeni, D., & Suyatno, S. (2023). Literasi digital guru dalam pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal Paedagogy, 10(4), 1034–1044.
Nugraha, D. S., & Fauziah, D. (2023). Pelatihan literasi digital bagi guru sekolah dasar untuk mendukung pembelajaran abad 21. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 5(2), 144–151.
Putra, L. D., Shiddiq, A. J., Khafi, I., & Nugroho, B. (2024). Integrasi teknologi immersive learning dalam pembelajaran sekolah dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 4(2), 218–230.
Rulyansah, A., Sriwijayanti, R. P., Anjarwati, A., & Mariati, P. (2022). Powtoon sebagai media alternatif bimbingan belajar online SDN Curahsawo 3 Kabupaten Probolinggo. Indonesia Berdaya, 3(2), 247–254.
Sari, D., Hasanah, M., & Faisal, A. (2025). Urgensi Penguasaan Literasi Digital Bagi Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Tantangan Pembelajaran di Abad 21. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 8.
Soleh, N., Fajriah, F., & Rahman, F. (2024). Kontribusi mahasiswa dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Journal of Smart Education and Learning, 1(1), 22-28
Suryani, D., & Amalia, R. (2023). Pendekatan partisipatif dalam pemberdayaan guru sekolah dasar melalui pelatihan teknologi pendidikan. Jurnal Abdi Edukasi, 6(2), 211–220.
Wardani, K. R. N., Fitriani, E., Mukti, A. R., Makmuri, M. K., Ulfa, M., Sopiah, N., Amalia, R., & Is, N. P. (2024). Pelatihan penggunaan teknologi digital guna meningkatkan penguasaan materi pembelajaran dan literasi digital pada guru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi Indonesia, 2(6), 693–700.
License
Copyright (c) 2025 Ani Anjarwati, Ryzca Siti Qomariyah, Dinar Ayu Prameswari, Serly Nurul Laili, Pepilian Dwi Retno Wahyuningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).


