Penguatan Kompetensi Geofisika Mahasiswa Pendidikan Fisika Melalui Kunjungan Ilmiah Ke Rinjani Volcano Observatory
Authors
Muhammad Zuhdi , Syahrial Ayub , Kosim Kosim , I Wayan Gunada , Nilawati NilawatiDOI:
10.29303/jppm.v8i4.10625Published:
2025-11-30Issue:
Vol. 8 No. 4 (2025): NovemberKeywords:
Praktikum, Penguatan Kompetensi, GeofisikaArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Pembelajaran geosains, khususnya Matakuliah Pengantar Geologi dan Geofisika, menuntut pengalaman lapangan untuk memahami dinamika bumi secara nyata. Praktikum lapangan ini dirancang untuk memberikan pengalaman empiris kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Mataram dalam mengamati fenomena geologi, struktur batuan, serta teknik pengukuran geofisika dan interpretasinya. Kegiatan tahunan ini merupakan bagian dari pembelajaran berbasis pengalaman lapangan (field based learning) yang menjadi ciri khas kurikulum Pendidikan Fisika FKIP Unram. Praktikum ini meliputi 3 metode geofisika yaitu metode Geolistrik, Geomagnet, Seismik Bias serta kunjungan ke Rinjani Volcano Observatory. Hasil interpretasi dari berbagai metode geofisika pada praktikum ini dapat di akses dan dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk berbagai kepentingan. Salah satu contoh nyata hasil interpretasi geofisika yang telah dimanfaatkan oleh masyarakat adalah peta resistivitas yang telah dimanfaatkan untuk mengetahui posisi akuifer air. Hasil ini telah dikonfirmasi dengan pemboran yang telah menghasilkan sumber air yang telah dimanfaatkan oleh masyarakat hingga saat ini.
References
Alfarizy, Y., & Jauhariyah, M. N. R. (2025). Analisis Profil Literasi Sains Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang dalam Pengembangan Soal PISA Terintegrasi Mitigasi Bencana Gempa dan Tsunami. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 14(2), 84-90.
Ayub, S., Zuhdi, M., & Rokhmat, J. (2020). Aplikasi Metode Seismik Refraksi dalam Menentukan Lapisan dan Tingkat Kekerasan Batuan di Bawah Permukaan Desa Medana Lombok Utara. Kappa Journal, 4(2), 188-196.
Darwaman, R., & Sudarmaji. (2015). Penerapan Metode Seismik Refleksi 2D untuk Mendeteksi Lapisan Batubara di Lapangan “X” Cekungan Barito Kalimantan Selatan. Jurnal Fisika Indonesia, 19(57), 48-50.
Duhri, N. I., Tiwow, V. A., & Ihsan, N. (2019). Identifikasi Material Bawah Permukaan Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone Menggunakan Metode Geomagnet. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 15(2), 319128.
Fadilah, M., Permanasari, A., Riandi, R., & Maryani, E. (2020). Analisis karakteristik kemampuan literasi sains konteks bencana gempa bumi mahasiswa pendidikan ipa pada domain pengetahuan prosedural dan epistemik. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 4(1), 103-119.
Gunarsih, D., Rahmatillah, L. F., Marvita, Y., Muhni, A., & Tarmizi, T. (2023). Identifikasi bawah permukaan Komplek Indrapuri menggunakan Metode Magnetik. Phi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan, 9(2), 17-25.
Julius, A. M., Taruna, R. M., Putra, S. Y. S., Negara, P. K. G. A., Rumy, B. F. A., Yullatifah, A., Nopianti, E., Akuba, N. S., Taufik, T., Subakti, H., & Widana, I. D. K. K. (2020). Pengukuran kecepatan gelombang seismik menggunakan metode refraksi pada lapisan tanah dangkal. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 4(1), 22–31.
Manek, A. H. (2023). Literasi bencana dalam pembelajaran geografi pada kurikulum merdeka belajar. Jurnal Samudra Geografi, 6(2), 139-144.
Muhardi, M., Faurizal, F., & Widodo, W. (2020). Analisis pengaruh intrusi air laut terhadap keberadaan air tanah di Desa Nusapati, Kabupaten Mempawah menggunakan metode geolistrik resistivitas. Indonesian Journal of Applied Physics, 10(2), 89-96.
Muhlisah, N., Magfirah, R. A., Mutiah, I. N., & Pratama, A. (2020). Analisis Litologi Bawah Permukaan Teluk Liukang Menggunakan Metode Seismik Refraksi. Dewantara Journal of Technology, 1(1), 34-37.
Mulyasari, R., Darmawan, I. B., Effendi, D. S., Saputro, S. P., Hesti, H., Hidayatika, A., & Haerudin, N. (2020). Aplikasi Metode Geolistrik Resistivitas Untuk Analisis Bidang Gelincir Dan Studi Karakteristik Longsoran Di Jalan Raya Suban Bandar Lampung. Jurnal Geofisika Eksplorasi, 6(1), 66-76.
Rahman, H. A., Ahyuni, A., Burhamidar, A. H., Fadhly, A., Swantry, N., & Adeko, W. R. (2024). Pengembangan Jalur Geowisata Berbasis Komponen Geologi di Kawasan Geopark Nasional Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Geosains dan Teknologi, 7(2), 94-110.
Rusli, R., Azizah, E., & Basid, A. (2020). Aplikasi Metode Geolistrik untuk Mengetahui Sebaran Batubara di Kabupaten Tulungagung Jawa Timur. Physics Education Research Journal, 2(1), 51-58.
Santosa, B., Mashuri, M., Sutrisno, W., Wafi, A., Salim, R., & Armi, R. (2012). Interpretasi metode magnetik untuk penentuan struktur bawah permukaan di sekitar Gunung Kelud Kabupaten Kediri. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 2(1), 7–14.
Sejati, A. E., Ikhsan, F. A., & Sugiarto, A. (2023). Pengalaman Fieldtrip Pengenalan Bentang Lahan Bagi Mahasiswa Dan Dosen Pada Kuliah Kerja Lapangan. PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 8(2), 131-146.
Sirait, R. (2021). Analisis anomali magnetik dalam penentuan struktur geologi dan litologi bawah permukaan sebagai manifestasi panas bumi di Panyabungan Selatan Sumatera Utara. Jurnal Fisika Flux: Jurnal Ilmiah Fisika FMIPA Universitas Lambung Mangkurat, 18(2), 83-92.
Wahyudi, A., Azwar, A., & Muhardi, M. (2021). Penggunaan Metode Geolistrik Resistivitas untuk Identifikasi Lapisan Bawah Permukaan Gunung Tujuh Kabupaten Kayong Utara. Jurnal Fisika Unand, 10(1), 62-69.
Author Biography
Muhammad Zuhdi, FKIP Universitas Mataram
I was born in Yogyakarta at December 29th, 1970. Graduated from Geophysics Dept. FMIPA UGM Yogyakarta in 1998. Master degree at Geophysics Dept, FIKTM ITB Bandung. I now teach physics in Universitas Mataram.
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Zuhdi, Syahrial Ayub, Kosim Kosim, I Wayan Gunada, Nilawati Nilawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).


