PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN EDMODO

Udik Pudjianto, Nia Saurina, Lestari Retnawati, Firman Hadi

Abstract

Artikel ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang juga merupakan hasil dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan tujuan untuk meningkatkan ketrampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran secara online dengan Edmodo menggunakan model pembelajaran Direct Instruction bagi guru di Sekolah Dasar Negeri Kemayoran 1 Kota Bangkalan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Direct Instruction dilihat pada hasil pretest, nilai minimal didapatkan nilai 42,50, nilai maksimal 78,60 dan nilai rata-rata pada 59,43. Nilai ini mengalami kenaikan yang ditunjukkan pada hasil post test dengan nilai minimal didapatkan nilai 80,00, nilai maksimal 95,00 dan nilai rata-rata pada 85,20. Selain itu dari hasil observasi keterlaksanaan model pembelajaran dengan persentase rata-rata sebesar 81,28%. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan materi para peserta pelatihan adalah pada sangat baik dan berada pada Kategori “Tinggi”.

Full Text:

PDF

References

Aji, R.H.S. (2020). Dampak Covid 19 Pada Pendidikan Indonesia: Sekolah, Keterampilan Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial Dan Budaya Syar’I. 7(5), 394-402.

Alia, N. & Supriyono. (2013). Penerapan Model Direct Instruction dengan Menggunakan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bangkalan Pada Materi Pokok Azas Black. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 02(03), 50-54 .

Churri, M.A., & Agung, Y.A.A. (2013). Pengembangan Materi Dan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan Teknik Audio Video Untuk SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 2(2)

Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-12

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature. 3(1), 99-110.

Sakti. I, Puspasari. Y.M. dan Risdianto. E, (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisiska Siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta. X(1), 1-10.

Schug. M. C, Sara. G. T. & Richard. D. W. (2001). Direct Instruction and The Teaching Method. Wisconsin Policy Research Institute. INC. Diakses tanggal 10 April 2021.

Setiawan W., Fitrajaya, E., & Mardiyanti, T. (2010). Penerapan Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa dalam Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PITK). 3(1), 7-10.

Sidik, M.I., & Winata, H. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 1(1), 49-60.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.