PELATIHAN PEMBUATAN KONTEN MEDIA SOSIAL PROMOSI DESA WISATA PADA MASA PANDEMI COVID-19 BAGI REMAJA KARANG TARUNA DESA CIKIDANG KEC. LEMBANG KAB. BANDUNG BARAT

Deni Hadiansah, Ruli Mochammad Chaerudin, Indriana Damaianti, Wiara Sanchia Grafita Ryana Devi

Abstract

Kehadiran desa wisata dapat mendorong perekonomian masyarakat. Hanya saja, denyut pariwisata terpuruk dengan adanya kebijakan pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19. Promosi desa wisata secara daring melalui media sosial pun dapat dijadikan sebuah alternatif. Oleh karena itu, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Ekonomi Universitas Insan Cendekia Mandiri (UICM) Bandung melaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan konten media sosial promosi Desa Wisata pada masa pandemi Covid-19 bagi remaja Karang Taruna Desa Cikidang, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, yang dilaksanakan pada tanggal 27 Juli sampai dengan 15 Agustus 2020. Kegiatan PKM dilaksanakan dengan metode pelatihan melalui teknik ceramah virtual, diskusi virtual, latihan/praktek, simulasi dan online learning. Model kegiatan dilaksanakan secara daring dan luring. Tahapan kegiatan pelatihan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta evaluasi dan penilaian. Setelah dilaksanakan pelatihan, produk yang dihasilkan peserta, meliputi: (1) Poster sosialisasi Covid-19 dan Desa Wisata, (2) Film Pendek Promosi Desa Wisata, (3) Kanal Youtube dan Instagram, (4) Laman blogspot Desa Wisata, (5) Pemberitaan Desa Wisata di media massa. Kegiatan pelatihan lain terkait pemberdayaan masyarakat desa perlu dilaksanakan secara berkesinambungan.

Full Text:

PDF

References

Adhikrisna, YB. (2016). Analisis Pengaruh Pariwisata Terhadap Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur 2011-2014. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 14, 60-70.

Adisasmita, R. (2006). Pembangunan Pedesaan dan Perkotaan. Yogyakarta: Graha ilmu.

Cohen, E. dan Uphoff. (1974). “Who is a Tourist? A Conceptual Clarification, dalam Sociological Review, 22(4),527-555.

Copeland, B. L. (1998). Tourism, Welfare and De-Industrialization in a Small Open Economy. Economica, 58(232), 515-529.

Damanik, J. (2013). Pariwisata Indonesia Antara Peluang dan Tantangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Damanik, Juniaanton & Helmut, F. W. (2006). Perencanaan Ekowisata: Dari Teori ke Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Dewi, M. H. U. (2013). Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal di Desa Wisata Jatiluwih Tabanan Bali. Jurnal KAWISTARA, 3(2),117-226.

Febriana YE & Pangestuti E. (2018). Dampak Pengembangan Kepariwisataan dalam Menunjang Keberlanjutan Ekonomi dan Sosial Budaya Lokal Masyarakat. dalam Jurnal Administrasi Bisnis. 49, 41-50.

Hadiwijoyo, S. S. (2012). Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat (Sebuah Pendekatan Konsep). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hamdani, Endah Nuraini. (2018). Materi Metode Pelatihan Training For Trainer PPM Manajemen. Jakarta: Balai Pendidikan dan Pelatihan Aparatur, Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan.

Kementretian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. (2015). Rencana Strategi (Renstra) Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan. Jakarta: KDPDTT.

Nasikun. (1997). Model Pariwisata Pedesaan: Pemodelan Pariwisata Pedesaan untuk Pembangunan Pedesaan yang Berkelanjutan. Prosiding Pelatihan dan Lokakarya Perencanaan Pariwisata Berkelanjutan. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Sektor Pariwisata Dunia Rugi USD 730 Miliar Dampak Pandemi Covid-19, dalam https://www.liputan6.com/bisnis/read/4447932/sektor-pariwisata-dunia-rugi-usd-730-miliar-dampak-pandemi-covid-19

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan.

WTO. (1980). Social and Cultural Impact of Tourism Movements. World Tourism Organization. Madrid: WTO.

WTO. (2003). Community-Based Tourism-The Case from Indonesia. Madrid: WTO.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.