UPAYA MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI MIND MAPPING DAN MEDIA TEROPONG

Siti Anisatur Rofiqah, Dwi Andriani, Effendi Effendi, Eka Agustina

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini ialah untuk memberikan motivasi belajar kepada siswa SMK Piri OKU Selatan melalui kegiatan workshop strategi belajar mind  map dan simulasi penggunaan teropong agar lebih terpacu semangat belajar mereka . Workshop diselenggarakan melalui tiga tahapan, yaitu (1) penyampaian materi mind map; (2) simulasi penggunaan teropong; (3) pemberian motivasi kepada siswa siswa. Hasilnya pada tahapan penyampaian materi para siswa diajarkan trik sukses belajar melalui mind mapping dan mempraktekkan membuat mapping sendiri, juga mengenai simulasi teropong mereka diajari cara merakit dan menggunakan teropong secara langsung dan terakhir mereka diberikan gambaran dan motivasi bagaimana langkah selanjutnya agar sukses belajar dan rencana setelah lulus sekolah, “apakah menikah, kerja atau kuliah”  karena objek kegiatan kelas 12 SMK.

Full Text:

PDF

References

Arif Rahman Aththibby dan Ishafit. 2011. Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Komputer Untuk Sekolah Menengah Atas Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gerak. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA,Universitas Negeri Yogyakarta, 14 Mei 2011.

Aththibby, A. R. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi komputer Untuk Sekolah Menengah Atas Berbasis Macromedia Flash 8. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2).

Buzan, Tony. 2007. Buku Pintar Mind Map: The Ultimate Book of Mind Maps. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fitriana, S. (2017). Implementasi Alat Peraga Teropong pada Sub Materi Teropong di Kelas XI SMK Bhakti Kencana (Implementation Tools in Sub Materials Binoculars for in-Class XI SMK Bhakti Kencana). PASCAL (Journal of Physics and Science Learning), 1(2), 18-24.

Nurdamayanti, A. (2018). Penerapan Metode Mind Mapping pada Pembelajaran Matematika Siwa SMPN 48 Surabaya. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 17-24.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustka Publisher.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.