PELATIHAN BERPIDATO PADA PEMUDA LDII KOTA BENGKULU

Ajat Manjato, Ira Yuniati, Mahdijaya Mahdijaya, Mardan Mardan, Hasmi Suyuthi, Man Hakim

Abstract

Kemampuan berpidato merupakan suatu hal yang sangat penting, baik pada waktu sekaran maupan pada waktu yang akan datang karena pidato merupakan penyampaian dan penanaman pikiran, informasi, atau gagasan dari pembicara pada khalayak ramai. Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek non-bahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato, yaitu pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik. Seseorang yang memiliki kemampuan berpidato dengan baik akan mampu menyampaikan  dan meyakinkan pendengarnya untuk menerima dan mematuhi pikiiran, informasi, gagasan, atau pesan yang disampaikannya. Untuk itu pihak LDII meminta kami memberikan pelatihan tentang : 1) tata krama Pidato, 2) Posisi berpidato, 3) Sistematika berpidato, 4) faktor penunjang kefektifan berpidato, 5) persiapan berpidato, dan 6) Metode berpidato.

Full Text:

PDF

References

Budiyanti. (2016). Peningkatan Keterampilan Berpidato Melalui Teknik ATM (Amati Tiru Modifikasi) Berbasis Kartu Acak Pada Peserta Didik Kelas IXd SMP Negeri 2 Banyubiru Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Profesi Keguruan 2(1).

Juwana, F.K., Suhartono, & Purwadi, A.J. (2017). Kemampuan Berpidato Secara Ekstemporan Siswa Kelas IX SMP Negeri 22 Bengkulu Utara Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Korpus. I(II), 132-136.

Nugraha, A.R. (2009). Pandai Berpidato, Bandung: PT Gading Inti Prima.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.