PENGEMBANGAN KARYA PROFESI GURU MELALUI PENDAMPINGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SAKRA BARAT KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Burhanuddin Burhanuddin, Siti Rohana Hariana Intiana, Suyanu Suyanu, Saharuddin Saharuddin, Rahmat Hidayat

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (abdimas) ini bertujuan (1) memberikan pemahaman tentang konsep dan tatacara penemuan masalah dan penyusunan rencana penelitian tindakan kelas; (2) pendampingan penulisan proposal penelitian tindakan kelas; (3) pendampingan implementasi penelitian tindakan kelas; (4) pendampingan penulisan laporan hasil penelitian tindakan kelas; serta (5) penyusunan artikel ilmiah karya profesi guru berupa hasil penelitian tindakan kelas. Kegiatan ini menyasar pada 20 guru Sekolah Dasar pada Kelompok Kerja Guru (KKG) di Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur. Hasil pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan menunjuk bahwa terdapat topik PTK tentang bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Secara keseluruhan guru telah menuntaskan perbaikan pembelajaran melalui satu siklus tindakan. Dua puluh orang guru yang menjadi sasaran telah mampu memahami tatacara menyusun proposal hal ini ditandai oleh adanya output berupa produk proposal yang mereka hasilkan. Kegiatan menghasilkan proposal penelitian tindakan kelas oleh guru membutuhkan waktu selama 1-2 minggu pendampingan, sedangkan pendampingan implementasi dilakukan selama kurang lebih 2 bulan. Kegiatan menghasilkan laporan penelitian tindakan kelas membutuhkan waktu 1 bulan, sedangkan untuk menghasilkan artikel karya pengembangan profesi guru yang siap publikasi membutuhkan waktu 1-2 minggu. Secara keseluruhan, peserta telah mampu menghasilkan karya ilmiah hasil penelitian tindakan kelas yang siap dipublikasikan. Luaran kegiatan pengabdian pada masyarakat ini berupa artikel yang dipublikasi dalam Jurnal Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (JPPM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mataram.

Full Text:

PDF

References

Badan Statistik Lombok Timur. (2018). Kecamatan Sakra Barat dalam Angka. Lombok Timur: BPS.

Badan Statistik Lombok Timur. (2018). Lombok Timur dalam Angka. Lombok Timur: BPS

Paridi, K. Sudika, I.N., & Burhanuddin. (2018). Penyuluhan Standardisasi Sistem Fonologi Bahasa Sumbawa. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2).

Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Kenaikan Pangkat Guru dan Angka Kreditnya.

Sukri, Rusdiawan, Nawawi, & Burhanuddin. (2018). Pemasyarakatan Standard Pendidikan Guru di Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 1(2).

Suyanto. (1996). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suyanu, Burhanuddin, Saharudin, & Hidayat, R. (2020). Penyuluhan Penggunaan Bahasa Indonesia Di Media Luar Ruang Kepada Guru Se-Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 3 (4).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.