PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS SEBAGAI PENGEMBANGAN PROFESI GURU SEKOLAH DASAR

Hana Puspita Eka Firdaus, Yeni Mardiyana Devanti

Abstract

Identifikasi permasalahan pada mitra dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat (PKM) ini antara lain (1) bagaimana meningkatkan motivasi guru untuk melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas?; (2) Bagaimana meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas?; (3) Bagaimana cara memberikan pengetahuan dan praktik penyusunan rancangan Penelitian Tindakan Kelas? Berdasarkan identifikasi permasalahan mitra tersebut, maka dari kesepakatan dan hasil diskusi pengusul dengan mitra, solusi yang ditawarkan kegiatan PKM yang diusulkan adalah (1) Peningkatan motivasi guru untuk melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas; (2) Pelatihan untuk  meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas; (3) Pelatihan untuk memberikan pengetahuan dan praktik penyusunan rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Adapun rencana pelaksanaan kegiatan PKM ini terdiri dari empat tahapan, yaitu (1) sosialisasi program, (2) koordinasi pelaksanaan, (3) pelaksanaan, dan (4) evaluasi hasil kegiatan.  Luaran yang akan dihasilkan dari pelaksanaan PKM ini adalah (1) Meningkatnya kesadaran dan motivasi guru dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas; (2) Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman guru dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas; dan (3) Rancangan rencana Penelitian Tindakan Kelas.

Full Text:

PDF

References

Afandi, M. (2014). PENTINGNYA PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah “ PENDIDIKAN DASAR ” Vol. 1 No. 1, 1-19.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran DaringSelama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar . Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10 No. 3, 282-289 .

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 208-218.

Dimyati. (2009). URGENSI PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM KONTEKS PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU PENJAS. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 45-52.

Kharis, A. (2019). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis IT pada Tematik . Mimbar PGSD Undiksha , 173-180.

Khotimah, Y. K., Priyono, R. S., & Mustiningsih. (2020). PENTINGNYA MELAKUKAN EVALUASI DALAM PENERAPAN KURIKULUM DI LINGKUNGAN SEKOLAH.

Seminar Nasional - Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (pp. 352-257). Malang: Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.