PELATIHAN PENULISAN PROPOSAL SKRIPSI BERBASIS ACADEMIC WRITING UNTUK MAHASISWA

Surya Asra, Rahmiati Rahmiati, Fadlia Fadlia

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis proposal skripsi sehingga dapat mempermudah pembimbingan oleh dosen pembimbing dan dapat mempercepat mahasiswa untuk menyelesaikan seminar proposal skripsi. Kegiatan ini dilakukan dengan pelatihan melalui zoom cloud meeting, membagikan handout, dan melakukan latihan-latihan. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris sebanyak 65 orang dengan narasumber sebanyak tiga orang yang merupakan Tim PKM serta dibantu oleh 2 mahasiswa sebagai panitia. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dalam waktu 5 hari dengan memberikan materi yang berhubungan dengan penulisan proposal skripsi dari sudut pandang academic writing. Hasil dari pelatihan yang bersumber dari data pendaftaran seminar proposal di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memperlihatkan bahwa ada tren peningkatan jumlah mahasiswa yang mendaftar seminar proposal. Selain itu, berdasarkan hasil wawancara dengan 5 dosen pembimbing bahwa mereka merasa lebih mudah membimbing dan meng-ACC proposal skripsi mahasiswa salahsatunya karena gaya penulisannya sudah bagus sesuai academic writing. Dari hasil itu, direkomendasikan untuk mengumpulkan handouts pelatihan ini menjadi sebuah buku panduan penulisan proposal dan skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Full Text:

PDF

References

FKIP Universitas Samudra. (2020). Buku pedoman penulisan skripsi untuk program sarjana (S1). Langsa: FKIP Universitas Samudra.

Hamdani, E. N. (2018). Materi metode Pelatihan Training for Trainer PPM Manajemen. Jakarta: Balai Pendidikan dan Pelatihan Aparatur, Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan.

Hyland, K. (2006). English for academic purposes: An advance resource book. New York: Routlegde.

Jordan, R. R. (2001). Academic writing course: Study skills in English. London: Pearson Education Limited.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.