PELATIHAN DIGITALIASI MATERI AJAR MENGGUNAKAN FLIPBOOK PDF UNTUK PENINGKATAN KUALITAS BAHAN AJAR PEMBELAJARAN DARING

Andi Ichsan Mahardika, Nuruddin Wiranda, Muhammad Arifuddin, M. Kamal, Mila Erlina, Putri Yani

Abstract

Wabah Covid-19 yang menyebabkan kegiatan belajar mengajar yang sebelumnya berjalan normal secara tatap muka berubah menjadi belajar dari rumah (BDR) atau pembelajaran daring. Hal ini tentu memerlukan persiapan dan perencanaan pembelajaran oleh para guru agar proses belajar tetap efektif dan menyenangkan bagi siswa. Hasil wawancara bersama beberapa pengajar di Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan, terindikasi bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh guru hanya sebatas membagian materi menggunakan whatsapp group atau google classroom yang mana materi tersebut berasal dari foto buku ajar dan sumber internet. Guru tidak mengembangkan materi ajar yang mereka miliki untuk pembelajaran daring. Hal ini berdampak pada pembelajaran selama masa pandemi  tidak maksimal. Pada palatihan digitalisasi materi ajar, guru mengembangkan materi ajar dengan menggunakan flipbook PDF profesional. Metode atau pendekatan yang digunakan dalam kegiatan program PKM meliputi memberikan penjelasan tentang aplikasi flipbook PDF, mengenalkan pengembangan materi ajar menggunakan flipbook PDF, diskusi dan pertukaran informasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa guru sebagai peserta pelatihan telah berupaya aktif memahami materi pelatihan dan implementasi penggunaan aplikasi flipbook PDF dalam pembuatan materi ajar digital. Respon peserta pelatihan pembuatan materi ajar digital untuk seluruh komponen evaluasi memberikan respon sangat positif. Berdasarkan hasil palatihan digitalisasi bahan ajar bagi guru di Kabupaten Balangan diperoleh simpulan bahwa pelatihan dapat meningkatkan pemahaman guru dan kemampuan guru dalam mengembuat materi ajar digital.

Full Text:

PDF

References

Aji, R.H.S. (2020). Dampak Covid 19 Pada Pendidikan Indonesia: Sekolah, Keterampilan Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial Dan Budaya Syar’I. 7(5), 394-402

Hidayati, Nurul. Setyosari, P. Soepriyanto, Y. 2018. Kompetensi Techonological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru SOSHUM Setingkat SMA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1 (4) pp 291-298

Jusniar, Side, S., & Anwar, M. (2014). Pengembangan Perangkat Assesment Berbasis Keterampilan Generik Sains (KGS) pada Mata Kuliah Praktikum Kimia Fisik II. Jurnal Pendidikan Kimia, 35-42.

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(3).

Munadi, Yudhi. (2008). Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : Bumi Aksara.

Pudjianto, U., Saurina, N., Retnawati, L., & Hadi, F. (2021). Peningkatan Keterampilan Guru dalam Mengelola Pembelajaran Online dengan Edmodo. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 143-147.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Yuniati, I., Suyuthi, H., & Hakim, M. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Media Youtube Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA IT Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 39-47.

Zubaidah, S. 2017. Keterampilan Abad 21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21" (pp. 1-17). Kalimantan Barat: Universitas Negeri Malang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.