ANALISIS KEMAMPUAN SISWA SEBAGAI ALTERNATIVE SOLUSI MENGATASI LEARNING LOSS SISWA SMPN NUNUFAFI

Stanislaus Amsikan, Selestina Nahak, Ferdinandus Mone

Abstract

Wabah Covid-19 yang melanda dunia menyebabkan terjadinya perubahan dalam sistem pelaksanaan pendidikan khusuna proses pembelajaran. Proses pembelajaran dilaksanakan secara daring sehingga model, pendekatan, metode dan strategi pembelajaran tidak berjalan optmal. Akibat dari dampak tersebut maka terjadinya penurunan minat belajar matematika (learning loss) siswa SMPN Nunufafi.  Pengabdian ini bertujuan untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan analisis kemampuan siswa selama pembelajaran daring guna mencarikan solusi dari learning loss yang dialami oleh siswa. Metode analisis yang digunakan adalah dengan metode diagnostic test berdasarkan taksonomi SOLO untuk mengetahui pemahaman siswa, saat melaksanakan kegiatan Belajar dari Rumah. Hasil analisis kemampuan siswa menunjukkan bahwa  persentase kemampuan siswa pada level prastruktural sebesar 64,70%, level unistruktural sebesar 17,64%, level multistruktural sebesar 11,8% , relasional sebesar 5,9%, extended abstract sebesar 0%.

Kata kunci : Kemampuan Siswa, Learning Loss, Taksonomi Solo

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Asikin, M., 2003, Pengembangan Item Tes dan Respon Mahasiswa Dalam Pembelajaran Geometri Analitik Berpandu Pada Taksanomi SOLO, Semarang: FMIPA Univeritas Negeri Semarang.

Ekawati, R., 2013, Studi Respon Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksanomi SOLO. Tesis. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Fahrettin, Korkmaz1, Serkan, Unsal, 2017., Analysis of Attainments and Evaluation Questions in Sociology Curriculum according to the SOLO Taxonomy, Eurasian Journal of Educational Research. Vol.17, No.69, Hal. 75-92,: https://dergipark.org.tr/en/pub/ejer/issue/42462/511433

Kuswana, W.S., 2012, Taksonomi Kognitif: Perkembangan Ragam Berpikir, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mega, A. M., 2017, Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pada Materi Geometri Berdasarkan Taksonomi Solo Kelas VII MTs. Muhammadiyah Tanetea Kabupaten Jeneponto, Disertasi, Program Pasca Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Alauddin.

Puspitasari, N., & Setyanigsih, N. (2016). Kesalahan siswa SMP Menyelesaikan Soal Aljabar Ditinjau dari Taksanomi SOLO di SMP Negeri 1 Sambi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. 1-10. 15 Mei 2016.

Putri, L.F. & J.T. Manoy, 2013, Identifikasi Kemampuan Matematika Siswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar di Kelas VIII Berdasarkan Taksonomi SOLO, Jurnal MATHedunesa, Vol. 2, NO.1, Hal 1-8,:http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1211/bacaarti kel [diakses 1-2-2016].

Rosa Mery Christinove, Helti Lygia Mampouw, 2019, A Review of Solo Taxonomy on Students’ Errors in High Mathematical Abilities in Calculating Definite Integral of Trigonometric Functions, Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 10, No. 1, Hal 11 – 20,: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/3858

Wiwin Andriani, M. Subandowo, Hari Karyono, Wawan Gunawan. (2021). “Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Corona”, Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran , Malang: Program Studi Teknologi Pembelajaran Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.