PENDAMPINGAN PEMBUATAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SD NEGERI PANGKALAN KABUPATEN PATI

Agustina Tyas Asri Hardini

Abstract

Tujuan umum kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pendampingan pembuatan penelitian tindakan kelas ini adalah tersedianya guru SD yang kompeten dalam menulis karya ilmiah pengembangan profesi guru. Secara operasional tujuan kegiatan pengabdian ini yaitu 1) tersedianya guru yang terampil dan siap melaksanakan ragam jenis pengembangan profesi guru, 2) terbantunya guru untuk mengembangkan profesi khususnya dalam penulisan karya tulis ilmiah hasil penelitian tindakan kelas, 3) terbinanya guru dalam menyusun proposal penelitian tindakan kelas. Peserta yang terlibat dalam kegiatan pengabdian ini merupakan guru-guru di SDN Pangkalan Kabupaten Pati dan sekitarnya. Untuk mencapai tujuan kegiatan, 3 tahapan akan dilakukan mulai dari pemaparan materi dalam web seminar (webinar) terkait urgensi pelaksanaan penelitian tindakan kelas, cara mengidentifikasi permasalahan di sekolah, dilanjutkan dengan rambu-rambu penulisan proposal penelitian tindakan kelas, petunjuk praktis menulis kajian pustaka, dan penyusunan instrumen, dimana masing-masing materi dilanjutkan dengan workshop penyusunan proposal penelitian tindakan kelas. Tahapan selanjutnya dilanjutkan dengan pendampingan pembuatan proposal penelitian tindakan kelas beserta instrumennya. Berdasarkan kegiatan yang dilakukan diperoleh hasil: 1) guru-guru SDN Pangkalan mengalami peningkatan pemahaman terkait metode penelitian tindakan kelas, 2) dari keseluruhan peserta hanya 25% yang berhasil menyelesaikan pembuatan penelitian tindakan kelasnya sampai pada tahap pembuatan proposal, 3) desain pembelajaran dalam jaringan (daring) yang dianggap baru oleh para guru membuat guru kesulitan dalam membuat desain penelitian kelasnya.

Full Text:

PDF

References

Hunaepi, H., Prayogi, S., Samsuri, T., Firdaus, L., Fitriani, H., & Asy’ari, M. (2016). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Di Mts. Nw Mertaknao. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 38-40.

Indonesia, P. R. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Indonesia, P. R. (2006). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Kunandar, S. P., & Si, M. (2008). langkah mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai pengembangan profesi guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Salmon, G. (2013). E-tivities: The key to active online learning. Routledge.

Tantra, D. K. (2005). Penelitian Tindakan Kelas. Makalah disampaikan dalam Workshop Menumbuhkan Komitmen Guru dan Pegawai SMA Negeri.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.