PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DARING DAN LURING DI MASA PANDEMI COVID-19 BAGI GURU MI ROUDLOTUL HUDA GUNUNGPATI SEMARANG

Bambang Eko Susilo, Mohammad Asikin, Rochmad Rochmad, Walid Walid, Muhammad Kharis

Abstract

Tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pendampingan kepada Guru MI Roudlotul Huda Gunungpati Semarang dalam penyusunan perangkat pembelajaran daring dan luring di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini antara lain ceramah, latihan, tanya jawab, pemberian tugas, diskusi, dan juga pendampingan dalam penyusunan perangkat pembelajaran yang dilaksanakan secara daring dan luring dengan protokol kesehatan ketat. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini perangkat pembelajaran luring yang diperoleh tidak menemui kendala berarti, sedangkan perangkat pembelajaran daring memperoleh banyak masukan untuk memperoleh perencanaan terbaik. Permasalahan yang muncul tersebut antara lain dari kendala guru, orang tua, maupun peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Berdasarkan hasil diskusi diperoleh beberapa solusi antara lain guru berupaya menyediakan pembelajaran daring bagi yang dapat mengikuti dan bagi peserta didik yang sulit memahami materi dan kekurangan kuota atau terkendala gawai dipersilakan datang ke sekolah untuk belajar bersama guru. Dari berbagai media ataupun platform yang pernah dipakai guru dalam pembelajaran daring, diperoleh google form, WhatsApp, dan YouTube paling dominan dapat diakses dan cukup memfasilitasi peserta didik untuk pembelajaran di samping yang lainnya. Evaluasi kegiatan pengabdian secara umum baik dengan respon positif para guru yang berencana menindaklanjuti dengan kegiatan pengabdian berikutnya dalam rangka mencari solusi dari masalah pembelajaran yang ditemukan di sekolah.

Full Text:

PDF

References

Andrini, V. S., & Pratama, H. (2021). Implementasi Quiz Interaktif Dengan Software Mentimeter Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Mimbar Ilmu, 26(2).

Ardiansyah, M. (2020). Pemanfaatan Aplikasi KAHOOT! Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kreatif. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(2), 145-155.

Armayanti, N., Mardhiyah, A., Pramana, D., & Siahaan, S. D. N. (2021, November). Pelatihan Dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring Bagi Guru-Guru SMK Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat: Kontribusi Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Masa Pandemi (pp. 91-95). Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Medan.

Harjono, A., Makhrus, M., Savalas, L. R. T., & Rasmi, D. A. C. (2019). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA untuk Mendukung Kesiapan Guru Sebagai Role Model Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(3).

Hendikawati, P., Rachmani DN, N., & Susilo, BE. (2016). Pendampingan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru MI Roudlotul Huda Gunungpati Semarang. Jurnal Abdimas, 20(1), 37-42.

Hikmah, U. L. (2020). Pemanfaatan ICT pada Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Palembang. el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 3(1), 43-48.

Istiandaru, A., & Prabowo, A. (2020, November). Pelatihan pembelajaran inovatif berbasis Mentimeter. In Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (pp. 251-256).

Kusumaningrum, D. E., Arifin, I., & Gunawan, I. (2017). Pendampingan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Kurikulum 2013. ABDIMAS PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1).

Nuris, D. M. R. (2018). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis TIK Bagi Guru Akuntansi SMK. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 256-260.

Sistiasih, V. S., Afandi, I. P., & Safitri, A. V. (2021). PENDAMPINGAN STRATEGI PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN PENJASORKES DI SEKOLAH DASAR. PROFICIO, 2(01), 87-91.

Sulistiyawati, W. S., Sholikhin, R. S., Afifah, D. S. N., & Listiawan, T. L. (2021). Peranan game edukasi kahoot! dalam menunjang pembelajaran matematika. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 15(1), 56-57.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Susilo, BE., Winarti, ER., Masrukan, Junaedi, I., & Suhito. (2017) Pendampingan Penyusunan Publikasi Ilmiah dan Pembinaan Olimpiade Bagi. Guru MI Roudlotul Huda Gunungpati Semarang. Laporan Pengabdian 2017

Wardani, N. W., & Andika, I. G. (2021). Pelatihan Mengaktifkan Pembelajaran Daring dengan Memanfaatkan Aplikasi Mentimeter, Whatsapp dan Pembuatan Video Pembelajaran untuk Inovasi Mengajar dengan Keterbatasan Bandwidth Internet. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 342-352.

Yayuk, E., & Prastiyowati, S. (2019). Pendampingan pembuatan perangkat pembelajaran Kurikulum 2013. International Journal of Community Service Learning, 3(4), 222-232.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.