PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DARING DAN LURING DI MASA PANDEMI COVID-19 BAGI GURU MI ROUDLOTUL HUDA GUNUNGPATI SEMARANG
Authors
Bambang Eko Susilo , Mohammad Asikin , Rochmad Rochmad , Walid Walid , Muhammad KharisDOI:
10.29303/jppm.v4i4.3070Published:
2021-11-09Issue:
Vol. 4 No. 4 (2021): NovemberArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pendampingan kepada Guru MI Roudlotul Huda Gunungpati Semarang dalam penyusunan perangkat pembelajaran daring dan luring di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini antara lain ceramah, latihan, tanya jawab, pemberian tugas, diskusi, dan juga pendampingan dalam penyusunan perangkat pembelajaran yang dilaksanakan secara daring dan luring dengan protokol kesehatan ketat. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini perangkat pembelajaran luring yang diperoleh tidak menemui kendala berarti, sedangkan perangkat pembelajaran daring memperoleh banyak masukan untuk memperoleh perencanaan terbaik. Permasalahan yang muncul tersebut antara lain dari kendala guru, orang tua, maupun peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Berdasarkan hasil diskusi diperoleh beberapa solusi antara lain guru berupaya menyediakan pembelajaran daring bagi yang dapat mengikuti dan bagi peserta didik yang sulit memahami materi dan kekurangan kuota atau terkendala gawai dipersilakan datang ke sekolah untuk belajar bersama guru. Dari berbagai media ataupun platform yang pernah dipakai guru dalam pembelajaran daring, diperoleh google form, WhatsApp, dan YouTube paling dominan dapat diakses dan cukup memfasilitasi peserta didik untuk pembelajaran di samping yang lainnya. Evaluasi kegiatan pengabdian secara umum baik dengan respon positif para guru yang berencana menindaklanjuti dengan kegiatan pengabdian berikutnya dalam rangka mencari solusi dari masalah pembelajaran yang ditemukan di sekolah.References
Andrini, V. S., & Pratama, H. (2021). Implementasi Quiz Interaktif Dengan Software Mentimeter Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Mimbar Ilmu, 26(2).
Ardiansyah, M. (2020). Pemanfaatan Aplikasi KAHOOT! Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kreatif. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(2), 145-155.
Armayanti, N., Mardhiyah, A., Pramana, D., & Siahaan, S. D. N. (2021, November). Pelatihan Dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring Bagi Guru-Guru SMK Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat: Kontribusi Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Masa Pandemi (pp. 91-95). Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Medan.
Harjono, A., Makhrus, M., Savalas, L. R. T., & Rasmi, D. A. C. (2019). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA untuk Mendukung Kesiapan Guru Sebagai Role Model Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(3).
Hendikawati, P., Rachmani DN, N., & Susilo, BE. (2016). Pendampingan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru MI Roudlotul Huda Gunungpati Semarang. Jurnal Abdimas, 20(1), 37-42.
Hikmah, U. L. (2020). Pemanfaatan ICT pada Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Palembang. el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 3(1), 43-48.
Istiandaru, A., & Prabowo, A. (2020, November). Pelatihan pembelajaran inovatif berbasis Mentimeter. In Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (pp. 251-256).
Kusumaningrum, D. E., Arifin, I., & Gunawan, I. (2017). Pendampingan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Kurikulum 2013. ABDIMAS PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1).
Nuris, D. M. R. (2018). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis TIK Bagi Guru Akuntansi SMK. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 256-260.
Sistiasih, V. S., Afandi, I. P., & Safitri, A. V. (2021). PENDAMPINGAN STRATEGI PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN PENJASORKES DI SEKOLAH DASAR. PROFICIO, 2(01), 87-91.
Sulistiyawati, W. S., Sholikhin, R. S., Afifah, D. S. N., & Listiawan, T. L. (2021). Peranan game edukasi kahoot! dalam menunjang pembelajaran matematika. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 15(1), 56-57.
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Susilo, BE., Winarti, ER., Masrukan, Junaedi, I., & Suhito. (2017) Pendampingan Penyusunan Publikasi Ilmiah dan Pembinaan Olimpiade Bagi. Guru MI Roudlotul Huda Gunungpati Semarang. Laporan Pengabdian 2017
Wardani, N. W., & Andika, I. G. (2021). Pelatihan Mengaktifkan Pembelajaran Daring dengan Memanfaatkan Aplikasi Mentimeter, Whatsapp dan Pembuatan Video Pembelajaran untuk Inovasi Mengajar dengan Keterbatasan Bandwidth Internet. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 342-352.
Yayuk, E., & Prastiyowati, S. (2019). Pendampingan pembuatan perangkat pembelajaran Kurikulum 2013. International Journal of Community Service Learning, 3(4), 222-232.
License
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).