PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI DI KBIT & RA PERMATA HATI JEBRES SURAKARTA

Winarno Winarno, Wiranto Wiranto, Heri Prasetyo, Sari Widya Sihwi

Abstract

- Pandemi yang terjadi karena penyebaran Covid-19 merupakan keadaan luar biasa yang terjadi hampir seluruh penjuru dunia. Saat ini penyebaran Covid-19 di Indonesia sudah menyentuh angka 1 juta orang. Masyarakat saat ini tidak dapat lagi melakukan kegiatan berkumpul atau berinteraksi secara massal. Sektor ekonomi, kesehatan, sosial budaya, pendidikan dan bidang lainnya mengalami perubahan. Dalam sektor pendidikan, pola pendidikan yang semula harus tatap muka saat ini tidak dimungkinkan untuk dikerjakan lagi. Proses belajar mengajar dilakukan dengan pola pembelajaran jarak jauh baik sinkronus maupun asinkronus. Pola ini mempunyai banyak permasalahan, terutama terkait ketidakpahaman guru untuk mengelola pembelajaran jarak jauh dengan baik. Terlebih lagi di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD). Permasalahan ini dapat diselesaikan dengan memberikan pelatihan bagaimana mengelola pembelajaran daring dengan baik. Pelatihan diberikan dalam bentuk workshop berupa bagaimana mengelola akun media sosial, mengelola video conference, mengelola kehadiran peserta didik dan mengevaluasi proses pembelajaran. Kegiatan ini memberikan dampak positif dimana sebelumnya jumlah peserta yang paham hanya 19%, setelah pelaksanaan workshop pelatihan, sebanyak 75.5% sudah paham bagaimana menggunakan media daring. Dari sisi peserta didik, setelah pelatihan tersebut mereka lebih antusias mengikuti kegiatan belajar mengajar menggunakan media daring

Full Text:

PDF

References

Rahmawati, I. (2016). Pelatihan Dan Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh Berbasis Digital Class Platform Edmodo. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting) VIII, (pp. 593–607).

Sandiwarno, S. (2016). Perancangan Model E-Learning Berbasis Collaborative Video Conference Learning Guna Mendapatkan Hasil Pembelajaran yang Efektif dan Efisien. Jurnal Ilmiah FIFO, 8(2), 191-200.

Wicaksana, E. J. (2020). Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moddle Terhadap Motivasi dan Minat Bakat Peserta Didik di Tengah Pandemic Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 117-119.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.