PKM PEMANFAATAN LAHAN MELALUI TANAMAN BERBASIS TEKNOLOGI HIDROPONIK

Rinny Meidiyustiani, Retno Fuji Oktaviani, Hakam Ali Niazi

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Kelurahan Cipadu Jaya, Tangerang bekerja sama dengan warga RT 005 RW 006 di daerah tersebut yang memiliki permasalahan mengenai pemanfaatan pekarangan rumah, Selain itu, kombinasi dan kerjasama antara mahasiswa peserta KKN-UBL tahun ajaran 2020-2021. Kegiatan PKM ini bertujuan: 1) peningkatan pengetahuan mitra tentang intensifikasi pemanfaatan pekarangan rumah yang lebih asri dan indah dipandang mata; 2) menghasilkan sayuran yang layak untuk dikonsumsi; 3) meningkatkan pengetahuan mitra tentang cara bercocok tanam yang baik dan efektif. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan dan partisipasi dari mitra, dimana tim bersama mitra langsung terlibat secara proaktif, dan menggunakan pendekatan solusi berupa pelatihan dan pendampingan sebagai pemecahan masalah utama pada mitra. Target utama dalam pelatihan ini adalah budidaya sayuran dengan sistem hidroponik Hasil dari kegiatan ini yaitu meningkatnya pengetahuan mitra mengenai pemanfaatan pekarangan rumah yang lebih asri dan indah. Hal ini terlihat dari beberapa warga setempat yang telah memanfaatkan pekarangan rumah mereka dengan membudidayakan sayuran yang berkualitas dengan teknologi hidroponik.

Full Text:

PDF

References

Ismail, & Syam, A. (2019). Edukasi teknologi hidroponik untuk pemberdayaan lahan pekarangan. Jurnal Dedikasi, 21(2), 105-109.

Masduki, A. (2018). Hidroponik Sebagai Sarana Pemanfaatan Lahan Sempit Di Dusun Randubelang, Bangunharjo, Sewon, Bantul. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(2), 185-192.

Rochintaniawati D. (2016). Hidroponik Sederhana. http://file.upi.edu/Direktori/fpmipa /jur._pend._biologi/diana rochintaniawati/biology_terapan/hi droponik_sederhana.pdf

Silvina, F. & Syafrinal. (2008). Penggunaan Berbagai Medium Tanam dan Konsentrasi Pupuk Organik Cair pada Pertumbuhan dan Produksi Mentimun Jepang (Cucumis sativus) secara Hidroponik. J. SAGU. 7(1), 7-12.

Yulanda, N., Rudeva, J., & Juriah, S. (2019). Penyuluhan Pengelolaan Bank Sampah Dan Cara Bercocok Tanam Menggunakan Sistem Hidroponik Sederhana. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat. 02(03), 254-258.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.