UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN ASPEK SENI ANAK MELALUI KEGIATAN MELUKIS DENGAN JARI DI TK GITA MAHARANI
Authors
Hikmawati Hikmawati , Takasun Takasun , Ni Kadek Kartika ArianiDOI:
10.29303/jppm.v5i2.3720Published:
2022-05-30Issue:
Vol. 5 No. 2 (2022): MeiKeywords:
perkembangan seni, finger painting, TKArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan perkembangan aspek seni pada anak melalui kegiatan melukis dengan jari di TK Gita Maharani. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5 November 2021 di TK Gita Maharani, yang beralamat di Ubung Kaja, Denpasar Utara, Bali. Peserta kegiatan merupakan anak usia dini sebanyak enam orang dengan usia 5 sampai 6 tahun. Metode kegiatan meliputi pembukaan, inti, recalling, dan penutup. Pada kegiatan inti terdapat tiga kegiatan yaitu: pertama (aspek kognitif), Mengerjakan Maze/mencari jejak Bunga Matahari; kedua (aspek fisik motorik), Bereksplorasi melalui kegiatan Menggunting dan menempel Pola Bunga; ketiga (aspek seni), Finger painting “Bunga Matahari”. Instrumen penilaian untuk aspek seni menggunakan unjuk kerja hasil karya. Kriteria penilaian terdiri atas 4 kategori yaitu BB (Belum Berkembang), MB (Mulai Berkembang), BSH (Berkembang Sesuai Harapan), dan BSB (Berkembang Sangat Baik). Hasil penilaian menunjukkan bahwa rata-rata perkembangan aspek seni anak berada pada kriteria: BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Artinya, Anak dapat melukis Finger painting setangkai bunga Matahari dengan warna sesuai aslinya tanpa bimbingan. Kegiatan pelatihan perlu dilaksanakan secara terus-menerus agar kriteria perkembangan seni anak di TK Gita Maharani meningkat ke kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik).
References
Abdul, K. N. (2020). Penerapan Kegiatan Finger Painting Untuk Mengembangkan Seni Lukis Pada Anak Usia Dini di TK Bunda Kandung Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).
Anggraini, S., Jaya, T. B., & Sofia, A. (2019). Pengaruh Aktivitas Permainan Finger Painting Terhadap Pengenalan Warna Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK Bela Bangsa Mandiri Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).
Gusliati, P. (2019). Bentuk kegiatan pembelajaran seni rupa di taman kanak-kanak mutiara ananda padang. Jurnal pelita PAUD, 4(1), 81-88.
Handayani, O. D. (2018). Finger Painting Dalam Menstimulasi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia 3-4 Tahun (Studi Kualitatif di KB-TK Batik PPIP Pekalongan). Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 37-50.
Harsismanto, J., Ramon, A., Putrawan, R., Padila, P., & Andri, J. (2021). Perbandingan Efektivitas Bermain Plastisin Dengan Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah. Jurnal Kesmas Asclepius, 3(1), 25-33.
Kurnia, S. D. (2017). Pengaruh Kegiatan Painting Dan Keterampilan Motorik Halus Terhadap Kreativitas Dalam Seni Lukis. Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD, 4(1), 69-78.
Marlina, L., & Mayar, F. (2020). Pelaksanaan Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1018-1025.
Mayar, F., Fitri, R. A., Isratati, Y., Netriwinda, N., & Rupnidah, R. (2022). Analisis Pembelajaran Seni melalui Finger painting pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 357-363.
Mudrikah. (2017). ‘Finger painting untuk meningkatkan kreativitas anak di KB Harapan Bangsa Guwo Tlogowungu Pati’, Indonesian Journal of Islamic Early Chilhood Education, 2(2), pp. 223–234.
Ningtyas, D. P. (2022). Pengaruh Pengaruh Terapi Finger Painting Terhadap Perkembangan Anak Prasekolah: Literature Review. Jurnal Medika Hutama, 3(02 Januari), 2488-2497.
Prawesti, L. N. I., Herlina, H., & Tahani, Y. (2021). Studi Literatur Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Seni Lukis Anak Usia Dini. Journal of Earlychildhood Education (JoEE), 2(2), 72-78.
Purnami, I. A. W. A., & Asril, N. M. (2021). Finger Painting dengan Olahan Kanji untuk Meningkatkan Kemampuan Melukis Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3).
Ramdini, T. P. & Mayar, T. P. (2019). Peranan Kegiatan Finger painting Terhadap Perkembangan Seni Rupa Dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 936–945.
Siregar, A. N., & Ismet, S. (2021). Analisis Manfaat Finger Painting Dalam Mengembangkan Kreativitas Berbasis Konsep Pribadi, Proses, Pendorong, Produk (4p) Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Cikal Cendekia, 2(1).
Ulfadhilah, K. (2021). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Finger Painting. Islamic EduKids, 3(2), 16-25.
Widiyanto, W., & Jatmikowati, T. E. (2020). Peningkatan kreativitas anak kelompok B melalui kegiatan melukis. Yasmin: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-7.
Wulandari, A. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Teknik Finger Painting di KB Al Jannati Gampong Jawa Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).
Author Biography
Hikmawati Hikmawati, (SCOPUS ID: 57131095800) Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mataram
Program Studi Pendidikan Fisika
License
Copyright (c) 2022 Hikmawati Hikmawati, Takasun Takasun, Ni Kadek Kartika Ariani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).