UPAYA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN MITIGASI BENCANA BANJIR DI DESA CENDI MANIK
Authors
Syifaul Jannah , Baiq Lilik Martianingsih , Lindawati Lindawati , Azwandi Azwandi , Aurina Willy Ghodina , Nur Putri Azizah , Lalu Muhammad Roiyan , Afrida Rizki Mayanda , Muhammad Jaifan , Muhammad AlwiDOI:
10.29303/jppm.v6i1.4784Published:
2023-02-28Issue:
Vol. 6 No. 1 (2023): FebruariKeywords:
pendidikan, pelatihan, mitigasi bencana, banjirArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Banjir menempati posisi pertama dengan 591 kasus berdasarkan informasi dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) per tahun 2022. Desa Cendi Manik merupakan salah satu desa di NTB yang sering mengalami bencana banjir. Salah satu penyebab banjir adalah sangat rendahnya pengetahuan masyarakat tentang SOP bencana banjir di Desa Cendi Manik terutama dikalangan remaja. Tujuan pelaksanaan kegiatan KKN ini adalah untuk menjawab isu yang berkaitan dengan bencana banjir melalui upaya pendidikan dan pelatihan mitigasi bencana banjir di Desa Cendi Manik. Metode Kegiatan yang dilakukan secara garis besar meliputi sosialisasi yang dimulai dari tahap persiapan yaitu observasi lapangan. Program kerja KKN dibagi menjadi 3 kegiatan berdasarkan siklus terjadinya bencana, diantaranya tindakan sebelum terjadinya banjir (mitigasi), saat terjadinya, dan pascabencana banjir. Hasil kegiatan ini adalah meningkatknya kesadaran serta pengetahuan masyarakat akan bencana banjir mulai dari tindakan apa saja yang harus dilakukan sebelum terjadinya banjir, tindakan saat terjadinya banjir, dan tindakan pascabencana banjir. Selain itu, meningkatnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat mengenai cara pemilahan dan pengolahan sampah, serta penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) saat banjir. Disamping itu, hasil dari kegiatan ini berupa tersedianya peta rawan bencana khususnya bencana banjir dan plang (rambu-rambu) kebencanaan sehingga dapat meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat desa Cendi Manik terhadap bencana banjir. Berdasarkan hasil kegiatan di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan KKN ini telah mampu menjawab masalah banjir yang terjadi di desa Cendi Manik.
References
Alhadi, Z. (2014). Kesiapan Jalur da Lokasi Evakuai Publik menghadapi Risiko Bencana Gempa dan Tsunami di Kota Padang. Humanus, 13(1), 35–44.
Angelina, D. A. C., Trigunasih, N. M., Wiguna, P. P. K., & Sedana, I. W. (2022). Analisis Spasial Faktor Prioritas Daerah Rawan Banjir di Kota Denpasar Provinsi Bali. Jurnal Agroekoteknologi Tropika (Journal of Tropical Agroecotechnology), 11(2), 145–152.
Anggriani, N. D., Soumi, R. S., Sari, S. P., Nursyamsa, A. S., Pangestu, I. F., Sabila, Aprilita, D., Fitriani, D. E., Sasmita, N. N. N., & Wijaya, M. A. (2022). Edukasi Sadar Bencana Melalui Sosialisasi SOP Mitigasi Bencana Banjir dan Gempa Bumi di SMKN 1 Sekotong Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 184–189.
Atmodjo, P. S., Sangkawati, S., & Setiaji, A. B. (2015). Analisis Efektivitas Jalur Evakuasi Bencana Banjir. Media Komunikasi Teknik Sipil, 21(1), 23–34.
Awaliyah, N., Ariyaningsih, & Ghozali, A. (2020). Analisis Faktor yang Berpengaruh Terhadap Terjadinya Banjir di DAS Ampal/Klandasan Besar dan Kesesuaian Program dengan Faktor Penanganannya. Jurnal Penataan Ruang, 15(2), 57–70.
Aziza, S. N., Somantri, L., & Setiawan, I. (2021). Analisis pemetaan tingkat rawan banjir di Kecamatan Bontang Barat Kota Bontang berbasis sistem informasi geografis. Jurnal Pendidikan Geografis Undiksha, 9(2), 109–120.
Farihin, A., Hidayah, N., Fathoni, M., Primajati, G., Rusandi, H., & Helmiyatun. (2022). Meningkatkan Kesadaran Masyarakat akan Pentingnya Lingkungan. Prosiding Seminar nasional UNIMUS, 2(1), 75–82.
Ferdiansyah, Sugiarti, C., & Atthahara, H. (2020). Analisis Penanggulangan Bencana Banjir oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bekasi. Administratio: Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pembangunan, 11(2), 67–78.
Ferianto, K., & Hidayati, U. N. (2019). Efektifitas Pelatihan Penanggulangan Bencana Dengan Metode Simulasi Terhadap Perilaku Kesiapsiagaan Bencana Banjir Pada Siswa Sman 2 Tuban. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 5(2).
Hayudityas, B. (2020). Pentingnya Penerapan Pendidikan Mitigasi Bencana di Sekolah Untuk Mengetahui Kesiapsiagaan Peserta Didik. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 94–102.
Kurniawan, L. (2020). Implementasi Rambu Rambu Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Sebagai Sarana Pemenuhan HAM Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan. Law and Justice, 5(1), 55–70.
Nurani, Y., Hapidin, H., Wulandari, C., & Sutihat, E. (2022). Pengenalan Mitigasi Bencana Banjir untuk Anak Usia Dini melalui Media Digital Video Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5747–5756.
Nursyabani, Putera, R. E., & Kusdarini. (2020). Mitigasi Bencana Dalam Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Ancaman Gempa Bumi Di Universitas Andalas. Jurnal Ilmu Administrasi Negara ASIAN (Asosiasi Ilmuwan Administrasi Negara), 8(2), 81–90.
Pangaribuan, S. M., Widiastuti, S. H., Yenny, Y., Siringoringo, L., Yemima, L., & Sahelangi, K. E. (2022). Peningkatan Pengetahuan Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jurnal Salingka Abdimas, 2(1), 121–126.
Paradita, L. I. (2018). Pemilahan Sampah: Satu Tahap Menuju Masyarakat Mandiri Dalam Pengelolaan Sampah. BERDIKARI : Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 6(2), 184–194.
Putra, I. G. N. A. W., & Mandala, I. G. N. P. (2020). Upaya Cepat dalam Mengatasi Banjir Akibar Penumpukan Sampah di Sungai Saba Desa Pengastulan, Seririt. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 29–35.
Safita, N., Ristanti, A. A., Rismayanti, E. P., & Wardhana, H. A. (2019). Teknik Evakuasi Cedera Kepala Pasca Bencana Ketepatan Teknik Evakuasi Pada Korban Cedera Kepala Dalam Mengurangi Kejadian Cedera Sekunder. Al-Iqra Medical Journal : Jurnal Berkala Ilmiah Kedokteran, 2(2), 77–84.
Sumardi, L., & Wahyudiati, D. (2021a). Memanfaatkan Kearifan Lokal untuk Menumbuhkan Ketahanan Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Studi di Komunitas Sasak, Indonesia. 556(1), 122–127.
Sumardi, L., & Wahyudiati, D. (2021b). Using Local Wisdom to Foster Community Resilience during the Covid-19 Pandemic : A Study in the Sasak Community , Indonesia. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020), 556(1), 122–127.
Sumardi, L., & Wahyudiati, D. (2022). Curriculum In Local Wisdom , Beguru : An Ethno. Journal of Xi`an Shiyou University, 18(4), 177–180.
Sutrisno, H., Wahyudiati, D., & Louise, I. S. Y. (2020). Ethnochemistry in the Chemistry Curriculum in Higher Education: Exploring Chemistry Learning Resources in Sasak Local Wisdom. Universal Journal of Educational Research, 8(12A), 7833–7842.
Taryana, A., Mahmudi, R. E. M., & Bekti, H. (2022). Analisis Kesiapsiagaan Bencana Banjir di Jakarta. JANE (Jurnal Administrasi Negara), 13(2), 302–311.
Wahyudiati, D. (2021). Ethnochemistry: Analisis Relevansi Materi Sistem Periodik Unsur Dengan Kearifan Lokal Sasak. Jurnal Kimia, 3(100), 190–199.
Wahyudiati, D. (2022). Implementation of Islamic Education Concept in Ethnochemistry. Jurnal Tarbiyatuna, 13(1), 19–28.
Wahyudiati, D., & Fitriani. (2021). Etnokimia: Eksplorasi Potensi Kearifan Lokal Sasak Sebagai Sumber Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(2), 102.
Yuwana, S. I. P., & Adlan, M. F. A. S. (2021). Edukasi Pengelolaan Dan Pemilahan Sampah Organik Dan Anorganik Di Desa Pecalongan Bondowoso. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Fordicate, 1(1), 61–69.
License
Copyright (c) 2023 Syifaul Jannah, Baiq Lilik Martianingsih, Lindawati Lindawati, Azwandi Azwandi, Aurina Willy Ghodina, Nur Putri Azizah, Lalu Muhammad Roiyan, Afrida Rizki Mayanda, Muhammad Jaifan, Muhammad Alwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).