PENINGKATAN SIKAP, PENGETAHUAN, DAN KETERAMPILAN SISWA KELAS III SD NEGERI 1 BOLALI MELALUI PROBLEM BASED-LEARNING
Authors
Hikmawati Hikmawati , Zulfan , Dyah Ayu PuspitariniDOI:
10.29303/jppm.v6i2.4975Published:
2023-05-12Issue:
Vol. 6 No. 2 (2023): MeiKeywords:
sikap, pengetahuan, keterampilan, problem based-learingArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Guru diharapkan dapat memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran untuk mengembangkan semua aspek tujuan pembelajaran. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada semua aspek yakni sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa kelas III SD Negeri 1 Bolali melalui model Problem Based-Learning (PBL). Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan yakni tanggal 27 Agustus 2022 dan 10 September 2022 di kelas III SD Negeri 1 Bolali. Peserta kegiatan berjumlah 15 orang. Metode pelaksanaan yakni: 1) melakukan orientasi peserta didik pada sebuah permasalahan; 2) organisasi peserta didik untuk belajar; 3) melakukan pembimbingan kepada peserta didik; 4) melaksanakan pengembangan dan penyajian produk atau hasil karya peserta didik; 5) membuat analisis terhadap hasil pekerjaan peserta didik. Data tentang sikap dan keterampilan diperoleh melalui lembar pengamatan, sedangkan data tentang pengetahuan diperoleh melalui pemberian tes. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pada pertemuan 1 terdapat 80% siswa memperoleh nilai pengetahuan di atas KKM, sedangkan pada pertemuan 2 meningkat menjadi 93%. Nilai rata-rata sikap pada pertemuan 1 sebesar 85, meningkat menjadi 90 pada pertemuan 2. Adapun nilai keterampilan siswa pada pertemuan 1 rata-rata sebesar 88, naik menjadi 93 pada pertemuan 2. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa kelas III SD Negeri 1 Bolali melalui penerapan model PBL.
References
Alfianiawati, T., Desyandri, & Nasrul. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran ISD di Kelas V SD. Ejournal Pembelajaran Inovasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(3), 1–10.
Aras, L., Raihan, S., & Anggreni, D. (2022). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Soal HOTS pada Materi Penyajian Data di Kelas V SD Inpres Bulogading I Kecamatan Bontonompo. Global Journal Teaching Professional, 1(2), 24–29.
Astika, I., Suma, M., & Suastra, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Sikap Ilmiah Dan Ketrampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1), 1–10.
Ati, S., Rusijono, & Suryanti. (2021). Pengembangan dan validasi perangkat pembelajaran berbasis problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2685–2690.
Efendi, F., Fitria, Y., Farida, & Hadiyanto. (2021). Perbedaan Model Problem Based Learning dengan Discovery Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills dan Self Directed Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187.
Fitri, R. F. E., Gultom, N. I., & Noviyanti, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Menumbuhkembangkan Higher Order Thinking Skills Kelas VI di SDN 29/I Terusan Muaro Sebo Ilir. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 298–302.
Handayani, H. R., & Muhammadi. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Melatih Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendiidkan Tambusai, 4, 1494–1499.
Idris, I., Cn Sida, S., & Idawati. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 58–63.
Inayati, U. (2019). Strategi Guru dalam Menerapkan Pembelajaran HOTS Menggunakan Model Problem Based Learning. Auladuna, 1(1), 27–34.
Israfiddin, Gani, A., & Saminan. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Matematika Bagi Peserta Didik. Jurnal Tunas Pendidikan, 3(2), 98–108.
Kurniasih, P. D., Nugroho, A., & Harmianto, S. (2020). Peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Kerjasama Antar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran PBL dengan Media KoKaMi di Kelas IV SD Negeri 2 Dukuhwaluh. Attadib Journal Of Elementary Education, 4(1), 23–35.
Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016–2024.
Nurbaya, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penyelesaian Masalah Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Kelas VI SDN 19. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 106–113.
Nurhayati, Mardiana, N., & Rianti. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pelajaran Bahasa Indonesia Guna Meningkatkan Terampil Membaca dan Menulis Lanjut di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 88–95.
Pia, N. A. O., Masnur, M., & Elihami, E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS). Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 72–89.
Pratiwi, V. D., & Wuryandani, W. (2020). Effect of Problem Based Learning (PBL) Models on Motivation and Learning Outcomes in Learning Civic Education. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(3), 401.
Setyawati, S., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 184–195.
Suratno, Kamid, & Sinabang, Y. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515.
Wijaya, S. A., Medriati, R., & Swistoro, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa di SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 28–35.
Author Biography
Hikmawati Hikmawati, (SCOPUS ID: 57131095800) Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mataram
Program Studi Pendidikan Fisika
License
Copyright (c) 2023 Hikmawati Hikmawati, Zulfan, Dyah Ayu Puspitarini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).