PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU-GURU SMA/SMK DAN SMP KOTA KUPANG
Authors
Zakarias Seba Ngara , Bartholomeus Pasangka , Frederika Rambu Ngana , Hery Leo Sianturi , Bernandus , Redi Kristian Pingak , Albert Zicko Johannes , Minsyahril Bukit , Jhonson TariganDOI:
10.29303/jppm.v7i2.6442Published:
2024-05-10Issue:
Vol. 7 No. 2 (2024): MeiKeywords:
pelatihan, artikel ilmiah, guru SMA/SMK, kota kupangArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru-guru SMA/SMK dan SMP di kota kupang dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat telah dilaksanakan pada tanggal 9 Nopember 2021 bertempat di SMA Katolik Sin Carolus Penfui Kota Kupang oleh program Studi Fisika, Fakultas Sains dan Teknik Undana. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah melatih para guru untuk menemukan ide atau masalah yang diteliti dan meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah dari hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan serta prosedur publikasi artikel ilmiah pada jurnal-jurnal terakreditasi baik nasional maupun internasional. Pelatihan penulisan artikel ilmiah ini dilaksanakan menggunakan metode metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Berdasarkan pengamatan pada saat kegiatan berlangsung, Peserta pelatihan sangat antusias mengikuti kegiatan ini yang ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta pelatihan dan memperoleh sesuatu yang baru dalam pelatihan ini khususnya bagaimana menemukan sebuah ide atau permasalahan dalam penelitian dan solusi ,menyelesaikannya. Selain itu, peserta pelatihan lebih memahami etika penulisan artikel ilmiah serta prosedur pengiriman artikel ilmiah pada jurnal terakreditasi. Peserta pelatihan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan kendala-kendala yang mereka hadapi baik ketika mereka melakukan penelitian, penulisan artikel ilmiah maupun pengiriman artikel ilmiah pada jurnal terakrediatasi. Pelatihan penulisan artikel ilmiah ini dapat memberikan wawasan pengetahuan yang lebih luas bagi peserta pelatihan khususnya cara menemukan ide penelitian, metode menyelesaikan idenya, penulisan artikel ilmiah dan prosedur pengiriman artikel ilmiah untuk dipublikasikan pada jurnal terakreditasi.
References
Aina, M., Bambang, H., Retni, S. B., Afreni, H., & Sadikin, A. (2015). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru-guru SMA 8 Kota Jambi. Jurnal pengabdian pada masyarakat, 30(3), 29-32.
Widagdo, A., & Susilo, S. (2018). Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi guru-guru SD di Kecamatan Kendal. Abdimas Unwahas, 3(1).
Hadiyati, H., Fatkhurahman, F., & Suroto, B. (2017). Pelatihan Manajemen Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Tenaga Pendidik Di SMP N 3 Kampar Kiri Tengah. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 122-128.
Ilfiandra, S.U., Akhmad, S. U., Budiamin, A., Setiawati, 2016. Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. 1(1).
Johannes, A. Z., Tarigan, J., Bukit, M., Ngara, Z. S., & Sianturi, H. L. (2020). Workshop Ilmu Fisika dan Aplikasinya untuk Guru Sekolah Dasar dan Menegah di Desa Oelnasi Kupang Tengah. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 137-142.
Kasiyan, K., Zuhdi, B. M., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan penulisan karya ilmiah untuk peningkatan profesionalisme guru. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 47-53.
Permana, E. P., Mujiwati, E. S., Sahari, S., Santi, N. N., Damariswara, R., Mukmin, B. A., ... & Saidah, K. (2017). Pelatihan penulisan karya ilmiah untuk guru sekolah dasar pada anggota gugus 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 1(1), 53-68.
Ngara, Z.S., 2014, metode Fisika Eksperimen, Edisi pertama, Penerbit Gita Kasih, Kupang
Rahayu, S., Harjono, A., Makhrus, M., & Verawati, N. N. S. P. (2018). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru MIN Karangbaru Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 54-58.
Republik Indonesia, 2009, Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Republik Indonesia, 2009, Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, No.16 tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya
Sunandar, Supardi dan Suyoto, 2014, Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Hasil PTK dan Indikator Penilaiannya bagi Guru Anggota PGRI di Kabupaten Demak, Disampaikan pada Seminar Hasil pengabdian Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang Tanggal 23 Desember 2014.
Author Biographies
Bartholomeus Pasangka, Universitas Nusa Cendana
Program Studi Fisika
Frederika Rambu Ngana
Program Studi Fisika
Hery Leo Sianturi, Universitas Nusa Cendana
Program studi Fisika
Bernandus, Universitas Nusa Cendana
Program studi Fisika
Redi Kristian Pingak, Universitas Nusa Cendana
Program studi Fisika
Albert Zicko Johannes, Universitas Nusa Cendana
Program studi Fisika
Minsyahril Bukit, Universitas Nusa Cendana
Program studi Fisika
Jhonson Tarigan, Universitas Nusa Cendana
Program studi Fisika
License
Copyright (c) 2024 Zakarias Seba Ngara, Bartholomeus Pasangka, Frederika Rambu Ngana, Hery Leo Sianturi, Bernandus, Redi Kristian Pingak, Albert Zicko Johannes, Minsyahril Bukit, Jhonson Tarigan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).