MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BOLA UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS 2 SD NEGERI 12 AMPENAN
Authors
Hikmawati Hikmawati , Wiwindiarti , Irwan TaufiqurrahmanDOI:
10.29303/jppm.v7i2.6847Published:
2024-04-15Issue:
Vol. 7 No. 2 (2024): MeiKeywords:
pembelajaran berbasis masalah, bola, berpikirArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas 2 SD Negeri 12 Ampenan melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan pemanfaatan media pembelajaran bola. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 13 November 2023 di SD Negeri 12 Ampenan dengan peserta kegiatan sebanyak 20 orang. Metode pelaksanaan kegiatan terbagi ke dalam tiga tahapan yakni: pembukaan, inti (pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah dan media pembelajaran bola pada Mata Pelajaran Matematika, topik penjumlahan dan pengurangan), dan penutup. Data Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (KBTT) diperoleh dari pemberian tes sejumlah 10 soal. Ketuntasan klasikal terpenuhi bila 85% siswa memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 80. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa nilai rata-rata KBTT peserta didik sebesar 86, dengan nilai tertinggi sebesar 100 dan nilai terendah sebesar 60. Ketuntasan klasikal sebesar 90% peserta didik memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 80. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan pemanfaatan media pembelajaran bola dapat dijadikan alternatif model dan media pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas 2 SD Negeri 12 Ampenan.
References
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.
Fadillah, A. A., Egok, A. S., & Mandasari, N. (2022). Pengembangan Media Bola Hitung Berbasis Montessori Pada Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Kelas II MI Nurul Islam Lubuklinggau. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(2), 157–164. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.11802
Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2014). Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Penndidikan Dasar, 1(9), 1–11. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/JPD.91.01
Fauziah, U., & Fitria, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Basicedu, 6(2), 2836–2845. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2502
Fitriyani, D., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik, 7(2), 103–111.
Heryahya, A., Herawati, E. S. B., Susandi, A. D., & Zulaiha, F. (2022). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 5(2), 548–562. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders
Kania, N., Santoso, E., & Nurbelayanti, N. (2022). Bagaimana Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Aktivitas Siswanya Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah? Journal on Mathematics Education Research, 3(2), 27–34.
Kumala, S. A., & Widiawati, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl) Dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(2), 274. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.11433
Kurniasih, P. D., Nugroho, A., & Harmianto, S. (2020). Peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Kerjasama Antar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran PBL dengan Media KoKaMi di Kelas IV SD Negeri 2 Dukuhwaluh. Attadib Journal Of Elementary Education, 4(1), 23–35.
Mahlianurrahman, M., & Aprilia, R. (2022). Menyusun Cerita Praktik Baik Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Anugerah, 4(1), 43–49. https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i1.4283
Mulyatna, F., Nurrahman, A., & Seruni. (2020). Pembelajaran Matematika SD/MI yang Inovatif Melalui Permainan Bekel dan Kelereng. Jurnal Pengabdian Community, 2(2), 52–58.
Muna, I., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(1), 99–107.
Nurcahyono, N. A., & Putra, J. D. (2022). Hambatan Guru Matematika Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 377–384.
Pandia, W., & Sitepu, I. (2022). Modul Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Matematika. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1942–1944. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.655
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Sudiarta, I. W., Diputra, G. N. O., Yasna, I. M., Anatara, A. A. P., & Wati, N. M. S. (2023). Permainan tradisional sebagai media dalam pembelajaran matematika. Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan, 21(2), 105–119.
Ummaroh, A., Salmia, U., Pramesti, S. L. D., & Muyassorah, A. (2023). Systematics Literature Review: Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional. PROSIDING SANTIKA: SEMINAR NASIONAL TADRIS MATEMATIKA UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN, 128–139. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/1361
Wulandari, A. P., Annisa, A., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPS Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 2848–2856. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.933
Author Biography
Hikmawati Hikmawati, (SCOPUS ID: 57131095800) Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mataram
Program Studi Pendidikan Fisika
License
Copyright (c) 2024 Hikmawati Hikmawati, Wiwindiarti, Irwan Taufiqurrahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).