Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas dan Penyusunan Artikel Ilmiah bagi Guru-Guru di SMP Negeri 2 Jonggat
Authors
Hikmawati Hikmawati , Sutrio Sutrio , Muh. Makhrus , Jannatin Ardhuha , Lisa MardianaDOI:
10.29303/jppm.v8i2.9210Published:
2025-05-31Issue:
Vol. 8 No. 2 (2025): MeiKeywords:
penelitian tindakan kelas, artikel ilmiahArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Guru yang profesional tidak hanya mampu mengajar materi pembelajaran tetapi juga mampu mengembangkan profesinya secara berkelanjutan melalui kegiatan penelitian dan publikasi artikel ilmiah dalam jurnal. Berdasarkan wawancara dengan guru-guru SMP Negeri 2 Jonggat ditemukan informasi bahwa guru mengalami kesulitan dalam menyusun proposal PTK dan masih belum berpengalaman dalam melaksanakan PTK. Guru juga masih kesulitan dalam menyusun artikel ilmiah hasil PTK. Hal tersebut berdampak pada terkendalanya kenaikan pangkat guru. Tujuan kegiatan ini adalah melatih guru-guru di SMP Negeri 2 Jonggat dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menyusun artikel ilmiah. Metode kegiatan yang telah dilakukan yakni dengan memberikan materi tentang PTK dan artikel ilmiah, diskusi (tanya jawab) tentang materi pelatihan, kegiatan pendampingan menyusun draft proposal PTK, dan pemberian angket respon peserta. Selanjutnya, akan dilakukan kegiatan pendampingan pelaksanaan PTK di kelas dan menyusun artikel ilmiah hasil PTK. Kegiatan ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Jonggat pada tanggal 17 Mei 2025 dengan peserta sejumlah 21 orang. Narasumber telah menyampaikan materi tentang PTK dan artikel ilmiah. Peserta telah memberikan 3 pertanyaan tentang materi PTK dan artikel ilmiah, narasumber memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut. Adapun kegiatan menyusun draft proposal difasilitasi dengan Lembar Kerja (LK) yang diberikan ke semua peserta, LK dikerjakan secara berpasangan sehingga diperoleh 10 draft proposal PTK. Dari angket respon peserta diperoleh informasi tentang pengalaman dan tantangan guru dalam melaksanakan PTK dan menyusun artikel ilmiah, serta harapan dan saran untuk kegiatan di masa yang akan datang. Deskripsi respon peserta akan dijelaskan lebih rinci di bagian hasil dan pembahasan pada artikel ini.
References
Anugraheni, I. (2021). Faktor-faktor Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Penulisan Karya Ilmiah. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 9(1), 59–65.
Cahayani, N. L. P., Sudarsana, I. B. O., & Sudana, I. K. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pedampingan Penulisan Artikel Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 52–60.
Cahyo, E., Taufik Nurhadi, Luluk Isani Kulup, Henricus Supriyanto, & Mimas Ardhianti5. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Hasil Penelitian Tindakan Kelas Guru SMPN N 1 Gresik. Jurnal Penamas Adi Buana, 4(2), 124–128.
Chairunnisa, C., Istaryatiningtias, & Khuluqo, I. El. (2023). Pemberdayaan Guru Melalui Pelatihan Tindakan Kelas. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 03(01), 22–28.
Dewi Utami, A., Zainudin, M., Suriya, P., Mayasari, N., Hasanudin, C., & Rosyida, F. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Pengembangan Karir Guru Matematika di Kabupaten Bojonegoro. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 178–183.
Ginting, A. L., Kusuma, J. P., Syarif, M., Niku, E., & Furqorina, R. (2021). Penulisan Karya Ilmiah & PTK Bagi Guru KB / TK Untuk Peningkatan Kompetensi Guru. JURNAL SINERGI: Pengabdian UMMAT, 4(1), 11–16.
Handayani, S. L., & Rukmana, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SD. Publikasi Pendidikan, 10(1), 8.
Hidayah, R., Maharani, D. K., & Muchlis. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Kimia SMA Di MGMP Kimia SMA Kabupaten Kediri. Jurnal ABDI, 5(2), 107–110.
Hikmah, N., Sarjana, K., Wahyu Triutami, T., Humaira Salsabila, N., & Kurniawan, E. (2022). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru SD Di Sesela. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 147–153.
Hindi, A. N. A., Syukriani, A., Elpisah, & Fatwa, I. (2021). Pelatihan Karya Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMAN 3 Takalar. Panrannuangku Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 24–28.
Junaid, R., Baharuddin, M. R., & Ramadhana, M. A. (2020). Bimbingan Teknis Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru SMP Negeri 8 Palopo, Sulawesi Selatan. Abdimas Siliwangi, 03(01), 49–59.
Karim, A., Suhendri, H., & Nurrahmah, A. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah SMA Perjuangan Depok. Jurnal Terapan Abdimas, 6(1), 63–69.
Koro, M., Taneo, S. P., Adoe, T. Y. N., Benu, A. B. N., Lala, S. G. U., Sampe, M., Ngara, M., & Boboy, O. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Di SDN Balfai Penfui Timur. Jurnal Pemimpin - Pengabdian Masyarakat Ilmu, 3(1), 17–20.
Kristiawan, M., Nipriansyah, N., Yanti, F. A., & Viona, E. (2021). Penulisan dan Publikasi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jurnal Basicedu, 6(1), 95–101.
Luji, D. S., Tari, E., Syahputra, A. W., & Taneo, J. (2022). Pendampingan Penulisan Artikel Penelitian Tindakan Kelas di Sabu Raijua. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1155–1159.
Nurlina, Mutmainna, Lutfin, N. A., Sabar, M., & Bintoen, J. T. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah melalui Workshop Penelitian Tindakan Kelas Guru SMA Negeri 1 Campalagian. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 189–195.
Panjaitan, R. G. P., Utomo, K. P., Indrayani, Y., Hiendro, A., & Hendri, M. I. (2022). Workshop Penulisan Artikel Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(4), 504–513.
Putranto, S., & Suparni, S. (2023). Peningkatan Kapasitas Guru Matematika Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 4(1), 234–240.
Ramadhan, A., & Nadhira, A. (2022). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran Dengan Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Sesuai Dengan Kurikulum Tahun 2013 Di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Medan. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 121–128.
Rusilowati, A., Taufiq, M., & Astuti, B. (2019). Peningkatan Keprofesian Guru dalam Melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan Menulis Karya Ilmiah Melalui Program Kemitraan Masyarakat. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 15–22.
Sa’diyah, I., Hamid, A., Saidan, G. A. K., Zahirah, J. F., & Ramadhani, N. E. (2023). Pelatihan Guru di SMPN 2 Balongbendo Sidoarjo melalui Pendampingan Menulis Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas Menggunakan Media Pendukung Google Scholar dan Mendeley (GSM). Sewagati, 7(6), 989–997.
Sari, N., Haifaturrahmah, & Mariyati, Y. (2020). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalaui Kegiatan Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6), 1273–1282.
Sormin, A. S., Lubis, L. T., & Mulyani, H. (2023). Pendampingan penulisan penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru SMAN 2 Kota Padangsidimpuan. Abdimas Siliwangi, 06(01), 207–212.
Suharjuddin, S., Dariyanto, D., & Awiria, A. (2021). Pelatihan Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas di SDN Teluk Pucung I Kota Bekasi. Jurnal IPMAS, 1(2), 59–66.
Sukendra, I. K., Fridayanthi, P. D., Puspawati, G. A. M., & Ekasriadi, I. A. A. (2022). PKM SMA Negeri 8 Denpasar Dalam Meningkatkan Kapasitas Penulisan Karya Ilmiah SDM Guru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 17–25.
Suwarso, P. N., Emaliana, I., Rahmiati, I. I., & Lintangsari, A. (2022). Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasi Artikel Jurnal bagi Guru Bahasa Inggris SMA/MA se-Malang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13(1), 138–144.
Syahmani, S., Rusmansyah, R., Winarti, A., & Almubarak, A. (2020). Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Untuk Meningkatkan Kualitas Pengajaran Dan Pembelajaran Di Sma Banjarmasin Kalimantan Selatan. Jurnal Terapan Abdimas, 5(2), 163.
Tokan, M. K., Imakulata, M. M., & Bani, M. D. S. (2023). Pelatihan Publikasi Karya Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru Di Kota Waingapu Kabupaten Sumba Timur. Kelimutu Journal of Community Service, 3(1), 53–62.
Tokan, M. K., Imakulata, M. M., Sukarjita, I. W., & Bani, M. D. (2022). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru Di Kota Bajawa Kabupaten Ngada. KELIMUTU Journal of Community Service (KJCS), 2(2), 96–105.
Udil, P. A. (2021). Pelatihan penulisan artikel ilmiah penelitian tindakan kelas untuk publikasi pada jurnal iIlmiah. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(1), 21–27.
Walhidayat, Yuhelmi, Devega, M., & Zamsuri, A. (2023). Pelatihan Penulisan Artikel Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru SMK N 7 Pekanbaru. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 3(1), 58–68.
Wardoyo, D. T. W., Kautsar, A., & Fazlurrahman, H. (2020). Strategi Pengembangan Penulisan Karya Ilmiah pada Guru di Kabupaten Sidoarjo. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 1(1), 16–23.
Yusantika, F. D. (2020). Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Calon Guru di MI NU Tegalsari. Jurnal Panjar, 2(1), 8–13.
Zetriuslita, & Ariawan, R. (2021). Analisis Permasalahan Guru Dalam Menghasilkan Karya Tulis Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas (Studi Kasus pada Pelatihan Guru-guru SMAN 1 Mandau Duri Bengkalis). Community Education Engagement Journal, 3(1), 17–29.
Author Biography
Hikmawati Hikmawati, (SCOPUS ID: 57131095800) Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mataram
Program Studi Pendidikan Fisika
License
Copyright (c) 2025 Hikmawati Hikmawati, Sutrio Sutrio, Muh. Makhrus, Jannatin Ardhuha, Lisa Mardiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).