Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik melalui Problem Based Learning Berbantuan Google Sheets
Authors
Ummy Latifah , Fatqurhohman , Erwin SugiyantoroDOI:
10.29303/jm.v7i2.8986Published:
2025-06-26Issue:
Vol. 7 No. 2 (2025): Edisi JuniKeywords:
Representasi matematis; Problem Based Learning; Google Sheets; Penelitian Tindakan Kelas; Statistika BivariatArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Permasalahan mengenai rendahnya kemampuan representasi matematis peserta didik perlu segera diatasi, karena hal ini berkaitan erat dengan kemampuan komunikasi matematis serta pemahaman terhadap hubungan antar konsep matematika dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah melalui pemodelan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Google Sheets. Penelitian dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama dua siklus, yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI-5 SMA Negeri Pakusari, Kabupaten Jember. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan Google Sheets mampu meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik, yang ditunjukkan oleh peningkatan persentase ketuntasan dari 27,8% pada prasiklus, menjadi 72,2% pada siklus I, dan mencapai 86,1% pada siklus II. Penelitian ini merekomendasikan penerapan model PBL berbantuan Google Sheets sebagai strategi pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan kemampuan representasi matematis peserta didik, khususnya pada topik-topik yang berkaitan dengan elemen statistika.
References
Aisyah, A. S. N., & Madio, S. S. (2021). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Pendekatan Konstekstual dan Matematika Realistik. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 363-372. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.909
Arifin, B., & Mu'id, A. (2024). Pengembangan kurikulum berbasis keterampilan dalam menghadapi tuntutan kompetensi abad 21. DAARUS TSAQOFAH Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin, 1(2), 118-128. https://doi.org/10.62740/jppuqg.v1i2.23
Arini, L., Rizqi, N. R., & Lubis, R. I. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Kemampuan Representasi Siswa. FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 32-38. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i1.90
Arnidha, Y. (2016). Peningkatan kemampuan representasi matematis melalui model pembelajaran kooperatif Think Pair Share. JURNAL e-DuMath, 2(1).
Doran, Y. J. (2017). The role of mathematics in physics: Building knowledge and describing the empirical world. Onomázein, 209-226.
Fajriah, N., Utami, C., & Mariyam, M. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa pada materi statistika. Journal of Educational Review and Research, 3(1), 14-24.
Fatqurhohman, F. (2016). Transition process of procedural to conceptual understanding in solving mathematical problems. International Education Studies, 9(2), 64–70. https://doi.org/10.5539/ies.v9n2p64
Fatqurhohman, F. (2024). Analysis of imperfection of mathematical identity in problem-solving. International Journal of Mathematics Education, 9(1), 50–60. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2024.02.012
Fatqurhohman, F., & Susetyo, A. M. (2022). Transisi representasi simbolik-pictorial dalam menyelesaikan masalah matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 22–29. https://doi.org/10.22437/edumatica.v12i01.15291
Gustin, M., Aryani, I., Murni, M., Rahmi, R., Musriandi, R., Hasanah, H., & Irfan, A. (2024). Penggunaan Media Software Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8(2), 563-574.
Hafisyah, S. (2025). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP/MTs (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Hansson, S. O. (2020). Technology and mathematics. Philosophy & Technology, 33(1), 117-139.
Harsa, F. S. (2016). Integrasi ICT dalam pembelajaran matematika. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal), 8(2).
Herdiana, Y., Marwan, M., & Zubainur, C. M. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dan Self Confidence Siswa SMP Melalui Penerapan Model Problem based learning (PBL). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(2), 23-35
Huda, U., Musdi, E., & Nari, N. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. JURNAL TA’DIB, 22(1), 19
Islamiah, N. A. (2023). Representasi Siswa SMK dalam Memecahkan Masalah Program Linear Ditinjau dari Gaya Belajar. Postulat: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 111-121. http://dx.doi.org/10.30587/postulat.v3i2.4860
Nevita, P. W. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Mid Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Representasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Peserta Didik (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Ni’mah, W. R. A., & Susanti, V. D. (2024). Peningkatan Hasil dan Motivasi Belajar Materi Eksponen Kelas X dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Wordwall. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 419-432. https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.19836
Ow-Yeong, Y. K., Yeter, I. H., & Ali, F. (2023). Learning data science in elementary school mathematics: a comparative curriculum analysis. International Journal of STEM Education, 10(1), 8.
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49-60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Putra, K. D. P., Wibawa, K. A., & Noviantari, P. S. (2024). Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change and Relationship. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 105-114.
Rahmatika, T., Ihsanudin & Rafianti, I. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pisa Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume. 06 (01), 248–258
Sari, M. C. P., Mahmudi, M., Kristinawati, K., & Mampouw, H. L. (2023). Peningkatan kemampuan representasi matematis melalui model Problem Based Learning. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 1-17.
Situmorang, R. O. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kreativ Matematis Siswa Kelas VIII. Journal of Education Research, 5(4), 4335-4341.
Susanti, S., Duskri, M., & Rahmi, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Model Problem-Based Learning pada Siswa SMP/MTs. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 77-86.
Susanti, R., Nugraheni, R., & Wulandari, S. (2019). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 122-131.
Susetyo, A. M., & Fatqurhohman, F. (2022). Transisi representasi simbolik-pictorial dalam menyelesaikan masalah matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 22–29. https://doi.org/10.22437/edumatica.v12i01.15291
Tandiling, E. (2015, May). Effectivity of Problem Based Learning (PBL) in improving students’ mathematical representation. In Proceeding of International Conference on Research, Implementation, and Education of Mathematics and Sciences (Vol. 151).
Yadav, S. (2019). Role of mathematics in the development of society. International Journal of Research and Analytical Reviews, 6(4), 295-298.
License
Copyright (c) 2025 Ummy Latifah, Fatqurhohman, Erwin Sugiyantoro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.