Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Etnokimia Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas Xi Di MA Al-Aziziyah Putra Kapek Gunungsari

Hidayatussani Hidayatussani, Saprizal Hadisaputra, Syarifa Wahidah Al-Idrus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis etnokimia terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI di MA Al-Aziziyah Putra Kapek Gunungsari Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian pre-test dan post-test Nonequivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di MA Al-Aziziyah Putra Kapek Gunungsari. Kelas XI MIA 1 dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan teknik sampling jenuh. Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis etnokimia sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pengetahuan kognitif tipe pilihan ganda. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Mann Witney (Uji U) menunjukkan bahwa Zhitung < Ztabel (1,41 < 1,99) pada taraf signifikan 5 % yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis etnokimia terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI di MA Al-Aziziyah Putra Kapek Gunungsari tahun ajaran 2019/2020.

Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Etnokimia, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References

Aftriani, D.N., Muntari, H.M., Anwar,Y.A.S. 2019. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Pelajaran Kimia terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram. Chemistry education practice, 1(2), 1-6.

Atmaja, N.B. 2011. “Lokal genius dan kearifan lokal sebagai modal budaya dalam pendidikan karakter.” Makalah disajikan dalam seminar nasional tentang pendidikan karakter berbasis lokal genius yang diselenggarakan oleh senat mahasiswa FIP Undiksha 2011.

Chang, R. 2005. Kimia Dasar. Jakarta : Erlangga.

Hayati, L. I Nyoman, L., Yunita, A.S.A. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Pembelajaran Terpadu kemampuan Berpikir Kritis. Chemistry Education Practice, 2(2), 1-7.

Imansari, M. “Analisis literasi kimia peserta didik melalui pembelajaran inkuiri terbimbing bermuatan etnosains.” Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol. 1. No. 1: 2201-2211.

Murniningsih, I. M., Masykuri, M., Mulyani, B. 2011. “Penerapan model pembelajaran inkuri terbimbing untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar kimia siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Vol 2. No. 2: 177-189

Nila, H. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMAN 2 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi S1. FKIP, Universitas Mataram.

Pamungkas, A., Subali, B., Linuwih, S. 2017. “Implementasi model pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa.” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Vol 3. No. 2: 1-10.

Rahmawati, H., Rise, H.V., Nurfina, A.S. 2018. “Pengaruh implementasi model PBL berbasis kearifan local terhadap pemahaman siswa dan kemampuan berpikir kritis.” Jurnal PMIPA ULM Banjarmasin. Vol. 1 No. 1: 1-25.

Rahayu, S., Chandrasegaran, A. L., Treagust, D. F., Kita, M., Ibnu, S. 2011. “Understanding Acid Base Concepts: Evaluating the Efficacy of a Senior High School Student-Centred Instructional Program in Indonesia.” International Journal of Science and Mathematics Education. Vol. 9 No. 6: 1439- 1458.

Ridwan, N.A. 2007. “Landasan Keilmuan Kearifan Lokal.” Jurnal Study Islam dan Budaya. Vol. 5 No. 1: 27-38.

Rohmadi, M. 2011. “Pembelajaran dengan pendekatan CEP (chemo enterpreneurship) yang bervisi SETS (science, enviroment, technology and society) guna meningkatkan kualitas pembelajaran.” Jurnal Educatio. Vol. 1. No. 1: 17-37.

Rosa, M.N. 2012. “Pengaruh sikap pada mata pelajaran kimia dan konsep diri terhadap prestasi belajar kimia.” Jurnal Formatif. Vol. 2 No. 3: 218 226.

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Sedyawati. 1986. Lokal Genius dalam Kesenian Indonesia. Jakarta: Dunia Pusaka Jaya.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : AR-Ruzz Media.

Sudarmin. 2014. Pendidikan Karakter, Etnosains dan Kearifan Lokal: Konsep dan Penerapan dalam Penelitian dan Pembelajaran Sains. Semarang : CV. Swadya Manunggal.

Sudarmin. 2015. Model Pembelajaran Inovatif Kreatif (Model Paikem dalam Konteks Pembelajaran dan Penelitian Sains Bermuatan Karakter). Semarang: CV. Swadaya Manunggal.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Suherman, E. 2008. “Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa.” Bandung: Educare. Jurnal Pendidikan dan Budaya. Vol. 5. No. 2:1- 10.

Suyati, R. D. 2010. Mendesains Model Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu

Trianto, A.B., Ibnu, B. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta : PRENADA GROUP.

Utami, W, D., Wayan, D., Oktavia, S. 2017. “Pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan”. Jurnal Pendidikan. Vol. 1 No. 1 : 1-10.

Wijayanthi, R. 2014. Konstruksi Pendidikan Karakter Kerja Keras. Surakarta: Skripsi FKIP Muhammadiyah.

Wuri, S. 2018. “Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran untuk Menanamkan Nasionalisme di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan. Vol. 1 No. 1 : 1-10.

Yupani, 2012. “Pengaruh model pembelajaran Predict-Observe Eksplain (POE) berbantuan materi bermuatan kearifan lokal terhadap hasil belajar IPA.” Jurnal Pendidikan. Vol. 1 No. 1 : 1-12.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.