Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kreativitas Peserta Didik dengan Pendekatan Berpikir Kausalitik Berscaffolding

Penulis

Faisal Faisal , Joni Rokhmat , Jannatin Ardhuha

DOI:

10.29303/jpft.v6i1.1771

Diterbitkan:

2020-04-24

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2020): Januari-Juni

Kata Kunci:

problem-solving, creativity, causalitic-tinking, approach, physics learning

Articles

Cara Mengutip

Faisal, F., Rokhmat, J., & Ardhuha, J. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kreativitas Peserta Didik dengan Pendekatan Berpikir Kausalitik Berscaffolding. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 6(1), 107–113. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1771

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This research aimed to investigate problem-solving ability (PSA) and creativity of students through physics learning with causalitic-thinking approach with scaffolding of type 2b. With the scaffolding, in learning, students have to determine all causes and predict all possible effects in a phenomenon, also give arguments how conditions of each cause so that each effect occur. However, the number of the causes and effects is informed and part of the causes, effects, and arguments also be given so the students only need to complete them. This research used method of experiment with control group design. As population were students of class XI MIA SMAN 3 Mataram year 2017/2018 while as sample were the students of class XI MIA 8 and XI MIA 9. Data of the PSA and creativity were taken by using one set of test instrument and respectively analyzed with t-test and U-test at significance level of 5%. The former test showed that tcounted is 12.621 with ttable of 2.004 which meant that the approach affected PSA of students. While, the latter one showed that zcounted is 6.69 with ztable of 1.96 which meant that the approach also affected creativity of students.

Referensi

Deta, U., Suparmi, & Widha, S. (2013). Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing dan Proyek, Kreativitas, Serta Keterampilan Proses Sains Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1) , 28-34. https://doi.org/10.15294/jpfi.v9i1.2577

Hakim, A., Liliasari, Setiawan, A., & Saptawati, G. A. (2017). Interactive Multimedia Thermodynamics to Improve Creative Thinking Skill of Physics Prospective Teachers. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 13(1) , 33-40. https://doi.org/10.15294/jpfi.v13i1.8447

Helmi, F., Rokhmat, J., & 'Ardhuha, J. (2017). Pengaruh Pendekatan Berpikir Kausalitik Ber-Scaffolding Tipe 2b Termodifikasi Berbantuan LKS terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fluida Dinamis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknolog, 3(1) , 68-75. http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v3i1.332

Rokhmat, J. (2013). Kemampuan Proses Berpikir Kausalitas dan Berpikir Analitik Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Pengajaran MIPA, 18(1), 18-85. http://dx.doi.org/10.18269/jpmipa.v18i1.260

Rokhmat, J. (2015). Penerapan Pendekatan Berpikir Kausalitik Ber-scaffolding dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Hukum Newton Tentang Gerak. Prosiding Seminar Nasional Fisika . https://www.researchgate.net/publication/324274507_penerapan_pendekatan_berpikir_kausalitik_ber-scaffolding_dalam_meningkatkan_kpm_hukum_newton_tentang_gerak

Rokhmat, J., Rusdiana, D., & Setiawan, A. (2012). Pembelajaran Fisika Berbasis Proses Berpikir Kausalitas Dan Berpikir Analitik (PBK-BA), Suatu Pembiasaan Berpikir Secara Terbuka. Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/7524/6692

Tamami, F., Rokhmat, J., & Gunada, I. W. (2017). Pengaruh Pendekatan Berpikir Kausalitik Scaffolding Tipe 2a Modifikasi Berbantuan LKS terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Optik Geometri dan Kreativitas Siswa Kelas XI SMAN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 76-83. http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v3i1.333.

Biografi Penulis

Faisal Faisal, Pendidikan Fisika, Universitas Mataram

Joni Rokhmat, Pendidikan Fisika, Universitas Mataram

Jannatin Ardhuha, Pendidikan Fisika, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.