Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Scientific Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pengukuran Daya 1 Fasa Menggunakan 3 Voltmeter

Penulis

Muhammad Fuadunnazmi

DOI:

10.29303/jpft.v2i1.287

Diterbitkan:

2017-04-22

Terbitan:

Vol 2 No 1 (2016): Januari

Kata Kunci:

Scientific, PBL, energy-saving lamp

Articles

Cara Mengutip

Fuadunnazmi, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Scientific Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pengukuran Daya 1 Fasa Menggunakan 3 Voltmeter. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 2(1), 41–44. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i1.287

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Instrumentation of Electrical Measurement is one of the subjects taught in the second semester at Physical Department of IKIP Mataram. One of the subjects is a single phase power measurement. But the fact is that in the laboratory of Physical Department at IKIP Mataram still not providing tool for learning activities in the form of wattmeter. This study aims to develop a scientific jobsheet to measure a single phase electric power-assisted 3 pieces voltmeter as modifying the wattmeter. This research included in type of research and development in three stages: preliminary studies, design development, and test media. Subjects were students of the second semester Department of Physics of IKIP Mataram who are studying the subjects. The application of problem based learning models that are used to raise the authentic issue of energy-saving lamp power measurement that common released on the market. Based on the data analysis can be concluded that: (1) a single-phase power measurement can be carried out using 3 voltmeter and (2) the reduction occurred in the power absorption of the energy-saving lamp tested than the original 5 watts to 1.8 watts.

Referensi

Gunawan. 2015. Model pembelajaran sains berbasis ICT. Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.

Khasanah, Nunung. 2010. Penggunaan Pendekatan Konflik Kognitif untuk Remidiasi Miskonsepsi Pembelajaran Usaha dan Energi. Tesis Program Studi Pendidikan Sains Universitas Sebelas Maret.

Smith.P.L & Ragan.T.L. 2003. Instructional Design. Upper Saddle River, NJ. Merril Prentice Hall Inc.

Sugiyono. 2012. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Belajar.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.